4 Cara Menulis Rumus Matematika di Postingan Blog

Kherysuryawan.id – Cara menuliskan rumus matematika di dalam blog atau website sendiri.

Selamat berjumpa saya ucapkan kepada anda sekalian yang saat ini sedang mengunjungi website ini. Melalui postingan ini perkenankan saya untuk bisa berbagi informasi tentang cara mudah memasukkan rumus atau symbol matematika ke dalam sebuah postingan di blog/website.

 

Dalam dunia pendidikan tentunya kita sering mendengar tentang mata pelajaran matematika dan mata pelajaran IPA. Nah di dalam kedua mata pelajaran tersebut sering kali kita menjumpai sebuah rumus ataupun simbol-simbol yang tentunya sudah tidak lazim bagi mereka yang telah mempelajari kedua mata pelajaran tersebut.

 

Sebagai seorang pendidik, pelajar, mahasiswa ataupun pekerja lainnya yang sering menggunakan laptop dalam bekerja pastinya sering menulis menggunakan aplikasi word. Perlu di ketahui bahwa untuk menggunakan symbol atau menuliskan sebuah rumus kedalam aplikasi pengolah kata (Microsoft word) mungkin hal itu sudah biasa dan sering di lakukan, namun bagaimana jika akan menuliskan sebuah rumus ataupun symbol matematika kedalam blog ???

 

Yah, untuk memasukkan rumus atau symbol matematika kedalam sebuah postingan di dalam blog maka kita perlu mengetahui tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan hal tersebut. Menulis atau memasukkan rumus dan symbol matematika kedalam sebuah postingan di dalam website tidaklah mudah dan tidak seperti semudah memasukkan rumus matematika kedalam aplikasi word. Olehnya itu anda yang memiliki website pendidikan ataupun website yang berhubungan dengan penulisan angka maupun rumus matematika maka anda harus memahami tentang cara memasukkan rumus kedalam sebuah postingan blog.

 

Di atas telah dijelaskan tentag notasi, simbol, atau rumus yang merupakan hal yang tak terpisahkan dari matematika dan IPA (fisika, biologi dan kimia). Bagi para blogger yang memiliki minat di bidang matematika atau fisika/kimia dan bermaksud menuliskannya di dalam sebuah postingan blog masing-masing, maka sangat perlu bagi para blogger untuk mengetahui tentabg bagaimana cara menuliskan notasi matematika tersebut kedalam postingan di blog/website.

 

Jika anda adalah seorang blogger maka perlu di ketahui bahwa Blogspot ataupun wordpress pada dasarnya tidak mendukung fasilitas dalam penulisan simbol matematika kedalam sebuah postingan blog. Oleh karena itu, untuk bisa memasukkan sebuah rumus matematika kedalam postingan blog maka dibutuhkan bantuan alat lain untuk bisa memasukkannya kedalam artikel blog.

 

Saya pun pernah mengalami kesusahan ketika akan memasukkan sebuah rumus kedalam sebuah postingan blog. Karena kebetulan blog/website yang saya miliki adalah website bergenre/niche pendidikan maka tentunya saya harus bisa memahami tentang bagaimana cara memasukkan sebuah symbol atau rumus matematika kedalam sebuah postingan blog.

 

Nah, dengan banyaknya referensi yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber baik itu melalui internet maupun dari sumber lainnya maka saya menemukan 4 jenis cara mudah untuk bisa memasukkan rumus matematika kedalam sebuah postingan blog.

 

Melalui postingan ini saya akan membagikan tutorial tentang cara mudah memasukkan rumus matematika kedalam sebuah blog. Tujuan saya membagikan tutorial ini ialah untuk bisa membantu rekan-rekan blogger yang sekiranya ingin mengetahui tentang cara mudah dalam menuliskan atau memasukkan rumus matematika kedalam sebuah postingan blog.

 

Baiklah berikut ini saya akan membagikan 4 cara mudah memasukkan rumus matematika kedalam sebuah postingan di blog/website.

 

# CARA 1

Menulis Rumus Menggunakan equation editor online

  • Untuk cara yang pertama ini anda dapat menggunakan equation editor online dengan mengakses laman ini https://atomurl.net/math/
  • Cara menggunakannya, silahkan anda pilih symbol matematika yang ingin anda gunakan apakah itu bentuk pecahan, bentuk akar, bentuk matriks atau bentuk lainnya yang sesuai dengan keinginan anda.


  •  Jika sudah maka hasil dari rumus yang telah anda buat silahkan anda blok kemudian anda Drag menuju ke postingan yang akan anda buat, maka nantinya rumus itu akan masuk kedalam postingan blog anda.


# CARA 2

Menulis Rumus Menggunakan Ms. Word

Mendengar tentang aplikasi word, Siapa sih yang tidak kenal Ms. Word? Microsoft word merupakan Sebuah perangkat lunak andalan Microsoft yang dapat digunakan untuk mengolah kata. Di dalam Ms. Word sudah didukung untuk menuliskan notasi dan simbol matematika.

Berikut langkah-langkah menuliskan rumus, notasi dan simbol matematika di blog menggunakan bantuan Ms. Word.

  • Buka Aplikasi Ms. Word, Pilih Menu Insert -> Equation


  • Selanjutnya buka aplikasi Snipping Tool. Snipping Tool adalah tool bawaan dari Windows yang digunakan untuk mendapatkan screen capture atau copy layar. Pada dasarnya Snipping Tool memiliki fungsi yang sama dengan Print Screen. Perbedaannya, pada Snipping Tool mengambil screen capture hanya pada bagian yang diinginkan saja.
  • Potong atau copy layar pada bagian rumus menggunakan aplikasi Snipping Tool, kemudian simpan dalam bentuk gambar.


  • Setelah tersimpan, insert file gambar rumus tersebut kedalam blog anda.

 

# CARA 3

Menulis Rumus Menggunakan CodeCogs

Cara yang ketiga adalah menuliskan rumus menggunakan alat bantu CodeCogs. CodeCogs adalah salah satu situs yang menyediakan layanan penulisan rumus dengan bahasa LaTeX. Bagi para blogger yang belum faham bahasa LaTeX tidak perlu hawatir, karena CodeCogs mampu menjadi alat bantu untuk menterjemahkan notasi matematika ke dalam bahasa LaTeX.

Berikut langkah-langkah menggunakan CodeCogs untuk menuliskan rumus matematika kedalam postingan blog.

  • Pertama silahkan Masuk ke situs CodeCogs melalui alamat https://www.codecogs.com/.
  • Pilih Equation Editor - Standalone Editor.


  • Silahkan tuliskan rumus di dalam editor. Jika sobat belum faham LaTeX, tinggal klik saja tombol yang ada di atas editor disesuaikan dengan keinginan
  • Apabila rumus yang anda kehendaki telah dibuat maka Tekan tombol Download Image (GIF)
  • Langkah selanjutnya Insert file gambar yang sudah didownload ke dalam blog anda.

 

# CARA 4

Cara Menulis Rumus Menggunakan MathJax

Untuk menggunakan cara yang ke empat ini ialah sebagai berikut :

  • Silahkan Masuk ke dalam mode Edit HTML di blog anda

  • Masukkan kode script berikut di bawah head

<!-- MathJax Kode Latex Start -->

<script src='http://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js' type='text/javascript'>

MathJax.Hub.Config({

 extensions: [&quot;tex2jax.js&quot;,&quot;TeX/AMSmath.js&quot;,&quot;TeX/AMSsymbols.js&quot;],

 jax: [&quot;input/TeX&quot;, &quot;output/HTML-CSS&quot;],

 tex2jax: {

     inlineMath: [ [&#39;$&#39;,&#39;$&#39;], [&quot;\(&quot;,&quot;\)&quot;] ],

     displayMath: [ [&#39;$$&#39;,&#39;$$&#39;], [&quot;\[&quot;,&quot;\]&quot;] ],

 },

 &quot;HTML-CSS&quot;: { availableFonts: [&quot;TeX&quot;] }

});

</script>

<!-- MathJax Kode Latex End -->

 

Contoh Tampilannya seperti berikut:

 


  • Selanjunya anda tinggal menuliskan notasi simbol matematika menggunakan kode LaTeX sesuai keinginan. Jangan lupa menambahkan $ di awal dan di akhir rumus. Jika anda belum faham kode LaTeX, bisa menggunakan alat bantu CodeCogs dengan mengambil kode pada editor yang sudah dijelaskan pada cara ke 3 diatas.

 

Jika anda ingin mencoba untuk membuat atau menuliskan rumus kedalam postingan anda, maka anda bisa memanfaatkan ke 4 cara yang telah saya jelaskan diatas. Anda dapat memilih atau menggunakan salah satu dari ke 4 cara diatas yang menurut anda mudah untuk digunakan.

 

Demikianlah tutorial mengenai 4 cara mudah dalam menuliskan rumus matematika kedalam postingan blog. Semoga apa yang telah saya berikan pada postingan kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel