Mata Pelajaran SMP/MTs Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Jenis mata pelajaran yang akan di pelajari pada kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 SMP/MTs semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, salam sejahtera buat anda semua yang telah berkenan berkunjung ke website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi seputar kurikulum merdeka yang merupakan kurikulum terbaru di tahun 2022.

 


Apakah sekolah anda saat ini telah menerapkan kurikulum merdeka atau kurikulum 2022 ? tentunya jika sekolah anda sudah menerapkan kurikulum merdeka maka anda harus memahami tentang struktur kurikulum merdeka yang akan di terapkan pada sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

 

Dalam penerapan kurikulum merdeka, ada beberapa perubahan yang terjadi jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 2013. Kurikulum merdeka lebih menekankan pembelajaran yang kreatif dan berpusat kepada siswa. Dalam proses mengajar guru juga telah di berikan contoh perangkat ajar berupa modul dan buku teks yang mana nantinya guru di berikan kemerdekaan/kebebasan untuk bisa melakukan modifikasi perangkat ajar sesuai kebutuhan dan tentunya sesuai dengan karakter peserta didik.

 

Pada postingan ini admin akan memberikan informasi tentang struktur kurikulum yang ada pada jenjang SMP kurikulum merdeka. Struktur kurikulum SMP/Mts masuk pada fase D yaitu untuk kelas 7,8 dan kelas 9. Untuk struktur kurikulumnya terbagi menjadi 2 yaitu :

1.       Pembelajaran intrakurikuler

2.       Projek penguatan profil pelajar pancasila.

 

Bagi anda yang mengajar ataupun sedang belajar pada jenjang SMP/MTs dan ingin mengetahui apa saja jenis mata pelajaran yang akan di pelajari di kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 kurikulum merdeka, maka disini admin akan menjabarkan tentang jenis-jenis mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari di jenjang SMP.

 

Baiklah berikut ini mata pelajaran yang di pelajari di jenjang SMP/MTs kurikulum merdeka.


MAPEL YANG AKAN DI PELAJARI DI KELAS 7,8,9 SMP KURIKULUM MERDEKA

1.       Mata Pelajaran Agama dan budi pekerti, diantaranya :

-        Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti

-        Pendidikan Agama Kristen dan budi pekerti

-        Pendidikan Agama Katolik dan budi pekerti

-        Pendidikan Agama Budha dan budi pekerti

-        Pendidikan Agama Hindu dan budi pekerti

-        Pendidikan Agama Khonghucu dan budi pekerti

2.       Pendidikan pancasila

3.       Bahasa Indonesia

4.       Matematika

5.       Ilmu Pengetahuan Alam

6.       Ilmu pengetahuan Sosial

7.       Bahasa Inggris

8.       Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

9.       Informatika

10.   Mata Pelajaran Seni dan Prakarya,

-        Seni Musik

-        Seni Rupa

-        Seni Teater

-        Seni Tari

11.   Prakarya (Budidaya, Kerajinan, Rekayasa, atau Pengolahan)

12.   Muatan Lokal

 

Khusus untuk mata pelajaran agama maka nantinya diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agamanya masing-masing. Untuk mata pelajaran seni budaya dan prakarya maka satuan pendidikan menyediakan minimal 1 jenis seni atau prakarya. Nantinya peserta didik dapat memilih satu jenis seni atau prakarya sesuai minat masing-masing.

 

Demikianlah informasi mengenai jenis mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari di jenjang SMP/MTs khususnya pada kurikulum merdeka. Semoga informasi ini bisa membantu bapak/ibu guru serta para siswa yang di sekolahnya akan menerapkan kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel