Cara Input Tanggal Penerimaan Rapor di Aplikasi eRapor

Kherysuryawan.id – langkah-langkah untuk input tanggal rapor pada aplikasi erapor jenjang SMP.

Sahabat pendidikan, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mudah untuk memasukkan tanggal, bulan dan tahun pada rapor siswa yang ada pada aplikasi erapor khususnya untuk erapor jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

 

Saat ini telah banyak sekolah yang menggunakan aplikasi erapor. Aplikasi erapor merupakan sebuah aplikasi yang di keluarkan oleh direktorat pendidikan dasar dan menengah untuk bisa membantu guru dalam melakukan penginputan nilai. Melalui aplikasi erapor guru bisa langsung melakukan perencanaan penilaian sekaligus penginputan nilai dan cetak rapor.

 

Dalam menggunakan aplikasi erapor ada beberapa pengguna yang bisa melakukan akses keaplikasi tersebut diantaranya ialah admin erapor, guru, wali kelas dan juga siswa. Untuk mengatur pengguna saat akan melakukan akses ke aplikasi erapor maka admin menjadi salah satu yang di beri tugas untuk bisa memberikan user bagi pengguna yang akan mengakses erapor.

 

Admin erapor memiliki kendali dalam mengatur kelancaran penginputan pada aplikasi erapor. Jika ada guru yang mengalami kendala saat akan melakukan login ke aplikasi erapor maka admin akan memberikan solusinya. Olehnya itu admin harus bisa memahami apa-apa saja tugas yang harus di kerjakan dalam menjalankan dan mengoperasikan aplikasi erapor.

 

Melalui aplikasi erapor maka pihak sekolah dalam hal ini guru dan wali kelas akan sangat terbantu sekali dalam proses penginputan nilai. Aplikasi erapor sangat memudahkan guru dan wali kelas dalam melakukan penilaian. Selain itu apabila semua perencanaan dan nilai telah diinput oleh masing-masing guru mata pelajaran serta oleh wali kelas maka setiap wali kelas dapat lamngsung melakukan cetak rapor siswa melalui aplikasi erapor tersebut.

 

Pada saat wali kelas akan melalukan cetak rapor maka di bagian belakang rapor tentunya ada tanggal bulan dan tahun penerimaan rapor yang harus di tulis. Nah penulisan tanggal penerimaan rapor pada aplikasi erapor ternyata bisa di lakukan secara otomatis tanpa harus diinputkan satu persatu oleh setiap wali kelas.

 

Lantas bagaimana cara untuk bisa melakukan input tanggal bulan dan tahun penerimaan rapor pada aplikasi erapor jenjang SMP?

Sebagai informasi bahwa yang bisa melakukan pengaturan  penulisan tanggal,bulan dan tahun penerimaan rapor di rapor siswa yang ada di dalam aplikasi erapor  ialah hanya dapat di lakukan oleh admin erapor yang dalam hal ini ialah yang menjadi admin erapor di sekolah masing-masing.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa melakukan input tanggal, bulan dan tahun pada rapor siswa secara otomatis di dalam aplikasi erapor.

1.   Pertama silahkan login kedalam aplikasi erapor dengan menggunakan akun admin

2.   Selanjutnya silahkan klik menu “input tanggal rapor”



3.   Selanjutnya klik “Tambah tanggal Rapor”



4.   Kemudian akan ditampilkan beberapa kolom untuk diisi.



5.   Pada kolom “Tempat Penerbitan” silahkan isi dengan nama tempat/ lokasi sekolah anda

6.   Pada kolom “Tanggal Pembagian rapor” silahkan isikan dengan tanggal, bulan dan tahun penerimaan rapor yang akan di laksanakan di sekolah masing-masing.

7.   Jika semua sudah di lakukan maka jangan lupa klik “Simpan”

8.   Pada saat wali kelas akan melakukan cetak rapor yang ada di aplikasi erapor maka nantinya secara otomatis akan muncul tanggal bulan dan tahun yang sudah di sesuaikan dengan waktu pembagian rapor (berikut ini contoh tampilannya)



9.   Selesai.

 

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan input data tanggal, bulan dan tahun di aplikasi erapor. Nah itulah penjelasan yang bisa saya bagikan pada postingan ini. Semoga informasi ini bisa membantu rekan-rekan operator/admin erapor yang menangani masalah ini agar kiranya bisa menjadi informasi yang bermanfaat dalam proses pengisian di aplikasi erapor jenjang SMP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel