2 Contoh Susunan Acara Penutupan MPLS Tahun 2023 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id - Contoh susunan acara penutupan MPLS jenjang SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2023/2024 untuk sekolah penggerak atau sekolah yang telah menggunakan kurikulum merdeka.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, dalam pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah maka pasti ada kegiatan pembukaan dan ada juga kegiatan penutupan.

 


Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan yang melakukan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kegiatan MPLS sangat penting untuk peserta didik baru dalam mengetahui nuansa dan suasana yang ada di sekolah baru yang nantinya akan digunakan sebagai tempat belajar selama kurang lebih 3 tahun kedepan.

 

Dalam melaksanakan pembukaan dan penutupan  masa pengenalan lingkungan sekolah maka MC atau pembawa acara harus mengetahui susunan acara yang nantinya akan di bacakan. Biasanya yang akan bertugas untuk menyiapkan susunan acara pembukaan dan penutupan pada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah ialah panitia MPLS.

 

Pada postingan sebelumnya admin telah membagikan contoh susunan acara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) untuk jenjang SD,SMP,SMA/SMK dan kini melalui artikel ini admin akan kembali membagikan contoh susunan acara penutupan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

 

Bagi anda yang saat ini menjadi panitia MPLS dan sedang bingung untuk membuat susunan acara untuk digunakan dalam penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di sekolah anda maka tidak perlu khawatir sebab melalui postingan ini admin akan membantunya dengan memberikan sebuah referensi berupa contoh susunan acara untuk penutupan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

 

Berikut ini contoh susunan acara penutupan MPLS yang langsung dapat di gunakan oleh sekolah yang akan melaksanakan kegiatan penutupan MPLS dan bisa melakukan perubahan kata-kata (Teks) sesuai kondisi yang ada di daerah masing-masing.

 

# CONTOH SUSUNAN ACARA PENUTUPAN MPLS DALAM BENTUK TEKS VERSI 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama, marilah bersama-sama kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab atas izin dan rahmatnyalah maka hari ini kita dapat berkumpul pada acara penutupan MPLS SMP/SMA /SMK ……………….. dalam keadaan sehat wal afiat dan tak kurang satu apapun.

 

Yang terhormat, Bapak kepala sekolah di SMP/SMA /SMK ………………..
Yang kami hormati, seluruh dewan guru di SMP/SMA /SMK ………………..
Segenap jajaran OSIS SMP/SMA /SMK ……………….. yang kami hormati
Serta tidak lupa para peserta MPLS yang kami banggakan.

 

Pada hari ini, ………………….., izinkanlah saya selaku pembawa acara untuk membacakan susunan acara penutupan MPLS di SMP/SMA /SMK ………………..

 

Adapun Susunan acara MPLS pada hari ini antara lain sebagai berikut :

1.       Sambutan dari Kepala Sekolah SMP/SMA /SMK ………………..

2.       Sambutan dari Ketua OSIS SMP/SMA /SMK ……………….. sekaligus menyampaikan laporan pertanggungjawaban panitia MPLS tahun …….

3.       Pencopotan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala Sekolah

4.       Penutup dengan Doa Bersama

 

Bapak, Ibu guru serta teman-teman yang berbahagia

Mari kita memasuki acara yang pertama yaitu sambutan yang akan disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP/SMA /SMK ……………….., kepada Bapak waktu dan tempat di persilahkan

 

Acara yang kedua yakni sambutan dari Ketua OSIS SMP/SMA /SMK ……………….. sekaligus laporan pertanggungjawaban panitia dari ketua pelaksana MPLS tahun ………
Kepada yang bertugas, saya persilahkan

 

Acara yang ketiga adalah pencopotan tanda peserta secara simbolis oleh Kepala Sekolah sebagai penanda bahwa acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMP/SMA /SMK ……………….. telah selesai dilaksanakan hari ini.

 

Kepada Bapak Kepala Sekolah dipersilahkan menempati posisi yang telah disediakan.

 

Usai pencopotan tanda peserta MPLS oleh kepala sekolah tadi maka kita beranjak ke acara terakhir yakni penutupan dengan doa bersama.

 

Pada kesempatan ini, doa akan dipimpin oleh Bapak …………… selaku guru Agama di SMP/SMA /SMK ………………... Untuk Bapak waktu dan tempat di persilahkan.

 

Acara doa bersama tadi menutup sudah pelaksanaan agenda penutupan MPLS di SMP/SMA /SMK ……………….. pada hari ini.

 

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia, saya selaku perwakilan dari seluruh jajaran panitia serta ketua pelaksana mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dan semoga adik-adik peserta didik baru di SMP/SMA /SMK ……………….. dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik selama berada di sini.

 

Apabila selama penyelenggaraan acara ini masih terdapat banyak kekurangan atau hal-hal yang kurang berkenan, saya mewakili para panitia yang bertugus memohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

Akhir kata, saya ucapkan

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

 

# CONTOH SUSUNAN ACARA UPACARA PENUTUPAN MPLS VERSI 2

SUSUNAN UPACARA PENUTUPAN MPLS

1.   Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
2.   Pemimpin upacara menyiapkan pasukannya;
3.   Pembina upacara memasuki lapangan upacara;
4.   Laporan pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../20.. akan dimulai;
5.   Laporan Panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah;
6.   Amanat Pembina upacara sekaligus menutup dengan resmi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 20../20..;
7.   Pencopotan secara simbolis Label tanda peserta MPLS, (barisan diistirahatkan)
8.   Pembacaan Doa;
9.   Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara bahwa upacara penutupan MPLS telah selesai dilaksanakan;
  10.   Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Pemimpin Upacara;
11. Pembina Upacara meninggalkan lapangan upacara;
12.   Pengumuman-pengumuman;
13.   Upacara Selesai, Pemimpin Upacara Membubarkan Barisannya.

Demikianlah 2 jenis contoh susunan acara penutupan MPLS yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga contoh susunan acara penutupan MPLS yang telah di sajikan diatas bisa membantu para panitia MPLS dalam menyiapkan susunan acara untuk kegiatan penutupan/pembubaran kegiatan MPLS di sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel