Contoh Kata Sambutan Pembukaan MPLS Tahun 2023

Kherysuryawan.id – Contoh kata-kata sambutan oleh ketua panitia MPLS pada saat pelaksanaan pembukaan MPLS di sekolah tahun pelajaran 2023/2024.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, pada saat pelaksanaan MPLS maka sekolah pastinya akan melaksanakan upacara pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di sekolah masing-masing.

 


Dalam acara pembukaan tersebut maka nantinya akan ada kata-kata sambutan yang akan disampaikan baik oleh kepala sekolah maupun oleh ketua panitia MPLS. Sebagai kepala sekolah ataupun ketua MPLS maka mau tak mau harus siap untuk bisa menyampaikan kata-kata sambutan pada saat pembukaan kegiatan MPLS nantinya.

 

Membuat dan merangkai kata-kata untuk di bawakan pada saat akan menyampaikan kata sambutan untuk pembukaan MPLS memang tidaklah mudah. Agar semua bisa di laksanakan dengan baik dan lancar maka dibutuhkan sebuah catatan dan ingatan yang baik sehingga nantinya melalui catatan yang telah kita buat maka bisa di ingat dan di sampaikan pada saat yang telah di tentukan.

 

Apabila anda merupakan salah seorang yang saat ini terpilih menjadi ketua panitia MPLS namun anda belum memiliki bayangan tentang kata-kata untuk di bawakan pada saat pembukaan MPLS sebagai kata sambutan, maka tenang saja sebab disini admin telah menyiapkan contoh teks kata sambutan untuk panitia MPLS yang bisa di gunakan sebagai arsip atau referensi pada saat akan membawakan kata sambutan pada acara pembukaan MPLS di sekolah.

 

Contoh kata sambutan untuk pembukaan kegiatan MPLS ini bisa anda gunakan sebagai referensi dan anda bisa menambah kata-katanya sesuai keinginan masing-masing. Setiap orang pastinya memiliki model dan gaya berbicara yang berbeda-beda, sehingga dalam menyampaikan sebuah informasi maka bisa di sesuaikan dengan gaya Bahasa masing-masing.

 

Baiklah berikut ini contoh kata sambutan oleh ketua panitia MPLS untuk kegiatan pembukaan MPLS yang bisa di gunakan sebagai contoh saat akan di laksanakan acara pembukaan MPLS di sekolah anda masing-masing.

 

SAMBUTAN PEMBUKAAN KEGIATAN MPLS


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam sejahtera buat kita semua.

 

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah Beserta Wakilnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru Beserta Staf Tata Usaha
Yang saya hormati, Ketua OSIS SMP/SMA Beserta Perangkatnya
Dan yang saya banggakan, segenap panitia, teman-teman, serta adik-adik peserta didik baru MPLS di SMP/SMA ………………

 

Pertama-tama Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, sebab karena limpahan rahmaynya maka kita semua masih di berikan kesehatan dan kesempatan untuk bisa berkumpul di tempat/sekolah ini dalam rangka mengikuti kegiatan MPLS.

 

Bapak, Ibu, dan teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para panitia kegiatan yang telah bekerja keras dari mulai perencanaan, koordinasi, hingga implementasi MPLS hingga bisa berjalan hingga hari ini. Mudah-mudahan kegiatan kita bakal dilancarkan oleh Allah SWT dari awal hingga akhir.

 

Bersamaan dengan itu pula, kami turut berucap terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mendukung, serta turut membantu baik dari segi materi maupun non materi.

Kegiatan MPLS yang bakal kita laksanakan hari ini hingga beberapa hari ke depan sejatinya tidak akan terlaksana tanpa persetujuan pihak sekolah.

 

Kepada siswa-siswi peserta didik baru;

Saya mengucapkan selamat datang, di sekolah yang baru ini. Perlu di ketahui bahwa seperti inilah sekolah kita, beginilah kondisinya dan nantinya disinlah kalian akan menuntut ilmu serta mendapatkan teman dan guru yang baru.

Selama tiga tahun ke depan, kalian akan menuntut ilmu di sini, berkarya di sini, berimajinasi di sini, serta memperbaiki akhlak untuk menjadi pribadi dan pelajar yang lebih baik lagi dalam setiap harinya.

Meski begitu, semua butuh proses dan hal pertama yang kalian perlu lakukan adalah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dengan sekolah yang baru.

 

Apa hal yang perlu dilakukan untuk memudahkan proses adaptasi di sekolah baru? Hal yang perlu dilakukan tiada lain dan tiada bukan adalah mengikuti kegiatan MPLS dengan baik.

Sebagai informasi bahwa MPLS merupakan singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS merupakan pengganti dari MOS (masa orientasi siswa). Dulunya kegiatan ini bernama MOS Hanya saja beberapa tahun ke belakang istilah MOS seringkali diindetikkan dengan aksi perundungan alias pembully-an. Alhasil, bukannya pengenalan sekolah yang dilakukan, malah kegiatan yang kurang berfaedah, buang-buang waktu, dan juga buang-buang biaya.

 

Pada kegiatan MPLS ini aturan dan ketentuannya akan berbeda dibandingkan dengan saat MOS. Di era Merdeka Belajar seperti saat sekarang ini, MPLS yang bakal kita gelar terdiri atas kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, pengenalan warga sekolah, pengenalan karakter, budaya, dan cara belajar di sekolah, pengenalan intrakurikuler, ekstrakulikuler, hingga penyampaian materi-materi penting seperti wawasan wiyata mandala, cara belajar efektif, materi seputar intrakurikuler dan ekstraklurikuler hingga nilai-nilai Pelajar Pancasila.

 

Didalam kegiatan MPLS ini selain mendapatkan edukasi kalian juga akan di sajikan beberapa jenis permainan/game yang tentunya bertujuan agar selama kegiatan MPLS ini kalian tidak bosan ataupun jenuh.

 

Siswa-siswi peserta didik baru yang berbahagia;

Sejatinya pengenalan terhadap lingkungan sekolah itu sangat penting bagi seorang pelajar yang baru saja melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Laksana membeli baju baru ke pasar, tentu saja kita tidak ingin asal pilih dan asal pakai. Ukuran bajunya harus kita sesuaikan agar pas di badan, cocok warnanya, dan tampil trendy saat kita melihat diri sendiri di cermin.

Demikian juga dengan sekolah baru. Kita tidak asal belajar, tidak asal datang, dan tidak asal duduk di kelas tanpa melakukan adaptasi. Sebagai pelajar yang hebat, kita perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah, pergaulannya, budayanya, hingga tata tertib yang berlaku.

 

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Bila nanti dalam jalannya kegiatan MPLS hingga penutupan terdapat kekurangan, maka saya mewakili rekan-rekan panitia memohon maaf.

Mari kita sukseskan bersama MPLS di SMP/SMA…… Tahun ini, mari kita petik kebermanfaatannya, lalu kita sebarkan kebermanfaatan tersebut agar menjadi kebaikan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

 

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah, akhir kata saya ingin mengucapkan selamat mengikuti kegiatan MPLS bagi seluruh peserta didik baru, selamat bekerja seluruh rekan-rekan paniia MPLS, semoga semua kegiatan bisa berjalan sukses hingga selesai.

 

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

 

Jika anda juga ingin melihat contoh teks pidato sambutan penutupan kegiatan MPLS maka silahkan anda lihat teks sambutannya secara lengkap di bawah ini :

  • Contoh Kata Sambutan Penutupan MPLS - (DISINI)


Bagi anda yang ingin membawakan kata-kata sambutan seperti contoh diatas, maka anda bisa menambahkan atau mengurangi kata-kata di atas sesuai kebutuhan dan keinginan masing-masing. Intinya bahwa kata-kata sambutan atau pidato diatas hanyalah sebagai contoh dan referensi saja untuk membantu panitia MPLS atau siapapun yang membutuhkannya.

 

Demikianlah contoh kata-kata sambutan untuk pembukaan kegiatan MPLS, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu tugas panitia MPLS dalam melaksanakan tugas selama kegiatan MPLS berlangsung di sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel