Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA, SMK

Kherysuryawan.id – Format daftar nilai kurikulum merdeka untuk sekolah jenjang SD.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, saat ini telah banyak sekolah yang menerapkan dan menggunakan kurikulum merdeka dan mungkin sekolah anda pun merupakan salah satu sekolah yang juga telah menerapkan sistem pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka.

 


Tahukah anda bahwa apabila sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka maka tentunya ada saja bentuk pembelajaran dan juga penilaian yang akan berbeda jika dibandingkan dengan kurikulum yang sebelumnya. Sebagai salah satu contohnya ialah tentang penilaian pada kurikulum merdeka.

 

Menyiapkan format nilai oleh guru merupakan salah satu bentuk administrasi yang harus di persiapkan oleh setiap guru yang mengajar di kelas. Guru bukan hanya menyiapkan perangkat ajar melainkan juga harus bisa menyiapkan administrasi lainnya seperti format penilaian.

 

Khusus untuk kurikulum 2013 format penilaian yang akan digunakan oleh guru pada proses pembelajaran telah admin bagikan melalui website kherysuryawan.id ini dan kali ini admin akan kembali membagikan contoh format daftar nilai untuk kurikulum merdeka yang dapat digunakan oleh sekolah sebagai bahan untuk memudahkan para guru dalam melakukan penginputan nilai siswa.

 

Format nilai kurikulum merdeka yang akan admin bagikan pada postingan ini merupakan format nilai kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar (SD). Jadi bagi anda bapak/ibu guru yang saat ini mengajar di sekolah jenjang SD dan sudah menggunakan kurikulum merdeka di sekolahnya maka bapak/ibu guru bisa menggunakan format nilai kurikulum merdeka ini sebagai salah satu alat penilaian yang bisa membantu aktivitas guru dalam melakukan penilaian di sekolah masing-masing.

 

Pada kurikulum merdeka nantinya guru dapat melakukan penilaian dalam 2 jenis yakni penilaian formatif dan penilaian sumatif. Di setiap lingkup materi yang akan di ajarkan oleh guru maka tentunya akan ada tujuan pembelajaran yang akan dicapai oleh setiap peserta didik. Untuk mengetahui tingkat penguasaan materi tersebut maka guru bisa memberikan penilaian formatif atas pembelajaran yang telah di laksanakan.

 

Untuk memudahkan guru dalam melakukan penilaian pada kurikulum merdeka, maka melalui kesempatan ini admin akan berbagi file yang berisi format nilai untuk guru yang telah menggunakan kurikulum merdeka di sekolahnya masing-masing. Tujuan admin membagikan file format penilaian kurikulum merdeka ini ialah semata-mata untuk bisa membantu para guru yang akan melakukan penilaian pada siswa di sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka.

 

Format nilai kurikulum merdeka yang akan di bagikan ini hanyalah sebuah contoh yang sekiranya bisa menjadi referensi bagi guru yang akan melakukan penilaian di sekolah yang menerapkan kurikulum mereka. Dengan adanya format penilaian maka pastinya guru akan mudah dalam memberikan dan mengetahui bentuk penilaian yang akan di gunakan.

 

Tugas guru di sekolah selain mengajar juga harus bisa memberikan dan menentukan hasil belajar siswa olehnya itu pemberian nilai kepada setiap peserta didik menjadi tugas dan tanggung jawab dari seorang guru di sekolah. Guru terkadang merasa kesulitan untuk membuat sebuah format nilai apalagi pada kurikulum merdeka sebab kurikulum merdeka ini dapat di bilang sebagai kurikulum baru yang memang harus membutuhkan pemahaman yang baik untuk bisa menerapkannya di sekolah.

 

Karena kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru maka admin sengaja membagikan file format penilaian versi kurikulum merdeka ini agar bisa memudahkan para guru yang akan melakukan penilaian pada pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa format penilaian kurikulum merdeka yang akan admin bagikan ini filenya tersimpan dalam bentuk exel sehingga akan sangat mudah untuk digunakan oleh guru dalam melakukan penilaian.

 

Pada format penilaian kurikulum merdeka ini ada beberapa menu tampilan yang disiapkan yaitu :

1.   Cover daftar nilai kurikulum merdeka

2.   Identitas sekolah

3.   Daftar nilai untuk semua mata pelajaran yang meliputi penilaian formatif dan penilaian sumatif

 

Dimasing-masing penilaian pada setiap mata pelajaran yang akan dinilai yaitu setiap lingkup materi yang diajarkan/dipelajari yakni berupa tujuan pembelajaran yang terdapat pada setiap lingkup materi tersebut. Nantinya bapak/ibu guru yang akan menggunakan format penilaian kurikulum merdeka ini maka bisa menyesuaikannya dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Jenis penilaian formatif dan penilaian sumatif memang sangat penting untuk dilakukan oleh guru di sekolah untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Khusus untuk penilaian sumatif maka biasanya akan di lakukan oleh guru pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan ketuntasan materi.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru yang saat ini sedang kebingungan untuk membuat format penilaian pada kurikulum merdeka atau sedang membutuhkan bentuk penilaian untuk sekolah pengguna kurikulum merdeka maka bapak/ibu guru bisa mendapatkan contoh file format penilaian kurikulum merdeka yang akan admin bagikan di bawah ini:


  •  Format Daftar Nilai Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi seputar format nilai untuk guru bagi yang di sekolahnya telah menerapkan kurikulum merdeka. Semoga file yang telah admin bagikan pada kesempatan ini bisa membantu aktivitas bapak/ibu guru dalam menyiapkan administrasi penilaian di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel