Format Penilaian Daring SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Contoh format penilaian siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring untuk tahun pelajaran 2021/2022.

Sahabat Pendidikan, dimasa pandemi ini masih banyak sekolah yang harus melakukan aktivitas belajar mengajar secara daring. Hal tersebut disebabkan karena higga saat ini Indonesia masih dalam masa darurat pendemi sehingga untuk meminimalisir terjadinya lonjakan akibat virus covid-19 maka sekolah harus melakukan proses pembelajaran jarak jauh.

 


Meskipun demikian dalam pelaksanaannya guru dan siswa masih tetap antusias untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring maupun luring. Adapun pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring yaitu dengan menggunakan bantuan jaringan internet sebagai penghubung dalam proses mengajar dan belajar antara siswa dan guru sedangkan belajar secara luring yaitu belajar di luar jaringan atau tanpa harus menggunakan jaringan internet.

 

Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran secara daring ialah menyiapkan semua bahan pembelajaran dan juga menyiapkan administrasi pembelajaran. Salah satu administrasi penting yang harus disiapkan oleh guru dalam melakukan proses pembelajaran yaitu menyiapkan dan membuat format penilaian.

 

Pada pembelajaran daring untuk guru yang akan membuat format penilaian pembelajaran secara daring maka tentunya ada sedikit perbedaan yang harus diketahui jika dibandingkan dengan ketika membuat format penilaian saat belajar tatap muka di sekolah. Meskipun berbeda model system belajar mengajar namun mau tak mau guru pun harus bisa berinovasi dan berkreasi dalam membuat format penilaian daring untuk persiapan dalam mengajar nantinya.

 

Format penilaian dibuat oleh guru sebagai bahan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan belajar siswa yang terjadi mulai dari awal pembelajaran hingga berakhirnya pembelajaran. Membuat format penilaian bagi guru sangat penting untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam mempelajari atau memahami materi yang telah di berikan oleh guru.

 

Pada saat belajar daring siswa bukan hanya belajar oleh guru saja melainkan juga harus dipantau oleh orang tua dirumah. Nah dalam membuat bentuk penilaian oleh guru khususnya penilaian daring untuk peserta didik, maka keterlibatan orang tua dalam memberikan motivasi yakni dalam bentuk mengamati perkembangan anaknya dalam belajar juga harus di masukkan dalam bentuk penilaian daring.

 

Pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya akan memberikan contoh pembuatan format penilaian daring yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi ketika anda akan membuat penilaian untuk peserta didik dalam melakukan aktivitas pembelajaran secara daring. Contoh format penilaian daring ini dapat digunakan baik untuk sekolah jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA maupun sekolah jenjang SMK.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang mugkin masih bingung tentang bagaimana cara membuat format penilaian siswa dalam melakukan belajar daring, maka melalui postingan ini bapak dan ibu guru bisa mendapatkan contoh file penilaian daring yang dapat membantu bapak dan ibu guru ketika akan membuat penilaian siswa dalam belajar daring.

 

Format penilaian daring untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang akan saya bagikan ini merupakan format penilaian daring versi terbaru dan juga filenya tersimpan dalam bentuk Microsoft word sehingga akan sangat mudah untuk digunakan dan juga dapat di edit sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna yang akan menggunakan format ini.

 

Sekali lagi format penilaian daring yang akan saya bagikan ini hanyalah sebagai contoh saja jadi ketika bapak dan ibu guru akan membuat penilaian daring bagi setiap siswanya maka bapak dan ibu guru bisa menjadikan file tersebut sebagai salah satu rujukan dalam membuat format penilaian daring namun tentunya harus di sesuaikan dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Pada file format penilaian daring versi terbaru ini terdapat beberapa file penting di dalamnya yang berhubungan dengan penilaian siswa dalam belajar daring. Adapun bentuk penilaian yang akan saya bagikan di postingan ini yaitu tentang :

1.      FORMAT PENILAIAN BELAJAR DARI RUMAH

2.      DAFTAR CHEKLIS CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK BERDASARKAN PENGAMATAN ORANG TUA (CATATAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK MINGGUAN)

 

Pada format penilaian daring ada beberapa aspek yang akan di nilai disitu diantaranya yaitu mengenai :

  • Kegiatan
  • Pengamatan
  • Indikator pencapaian Kompetensi dasar (KD)
  • Capaian perkembangan anak
Sedangkan pada aspek capaian perkembangan anak berdasarkan pengamatan orang tua yang akan di nilai disitu diantaranya yaitu mengenai :

  • Kegiatan pembelajaran
  • Perkembangan peserta didik
  • Pengembangan karakter
  • Capaian perkembangan karakter, dan
  • Tanda tangan orang tua


Nah, apabila bapak dan ibu guru membutuhkan file contoh penilaian daring seperti yang telah saya jelaskan diatas, maka bapak dan ibu guru bisa mendapatkan filenya dengan cara mendownload file tersebut yang telah saya siapkan di bawah ini :

 

  • Format Penilaian Daring Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Bentuk Word (DISINI) 

 

Demikianlah contoh format penilaian belajar daring yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini sekiranya bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkannya maka bisa terbantu dengan adanya postingan ini.

Sekian dan Terimakasih, semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel