Materi Agama Hindu Kelas 5 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Pada kurikulum merdeka mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti menjadi salah satu mata pelajaran wajib. Ada beberapa jenis pelajaran agama yang ada di pembelajaran kurikulum merdeka dan salah satunya adalah pelajaran pendidikan agama hindu dan budi pekerti.

 


Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka. Mengapa admin ingin menulis hal ini, tujuannya ialah tak lain untuk membantu para guru maupun siswa yang beragama hindu untuk bisa mengetahui daftar susunan materi yang akan di pelajari nantinya pada pembelajaran kurikulum merdeka khususnya diKelas 5 SD.

 

Pada kurikulum merdeka sebenarnya telah disiapkan buku teks pelajaran untuk semua mata pelajaran yang telah sesuai dengan kurikulum merdeka. Pusat perbukuan kemendikbud telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk semua mata pelajaran yang berupa buku guru dan buku siswa. Buku guru di peruntukkan bagi guru sedangkan buku siswa merupakan pedoman bagi siswa untuk belajar dan untuk mengetahui materi pelajaran yang akan dipelajari.

 

Bagi anda yang disekolahnya telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dijenjang Sekolah Dasar (SD), namun ternyata belum memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka dan belum mengetahui isi materi yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka khususnya untuk mata pelajaran pendidikan agama hindu di Kelas 5 SD maka melalui postingan ini admin kherysuryawan akan memberikan daftar susunan lengkap seputar materi pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.

 

Dengan mengetahui daftar materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran pendidikan agama hindu Kelas 5 SD kurikulum merdeka maka akan memudahkan bagi guru dalam mengajarkannya serta bisa menjadi pengetahuan awal yang bermanfaat bagi siswa dalam belajar. Sebagai informasi bahwa materi pelajaran pendidikan agama hindu untuk Kelas 5 SD yang akan admin kherysuryawan berikan dan paparkan disini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka.

 

Perlu untuk diketahui bahwasannya materi yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka terdiri atas 5 Bab. Pada Bab 1 hingga Bab 3 maka akan dipelajari di semester 1 sedangkan pada Bab 4 sampai Bab 5 akan dipelajari di semester 2.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka anda bisa melihat daftar susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka yang telah admin siapkan di bawah ini :

 

MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 5 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

 BAB 1 Nilai-Nilai dalam Kitab Mahābhārata

A. Parwa-Parwa dalam Kitab Mahābhārata

B. Nilai-nilai Kehidupan dalam Kisah Mahābhārata

C. Nilai-Nilai Kesetiaan (Satya) dalam Kitab Mahābhārata

 

BAB 2 Unsur-Unsur Pembentuk Alam Semesta

A. Alam Semesta Menurut Ajaran Agama  Hindu

B. Proses Terbentuknya Alam Semesta Menurut Ajaran Agama Hindu

C. Unsur-Unsur yang Membentuk Alam Semesta Menurut Ajaran Agama Hindu

D. Upaya-Upaya Menjaga Alam Semesta Menurut Ajaran Agama Hindu

 

BAB 3 Ajaran Catur Asrama dalam Kehidupan

A. Pengertian Catur Asrama

B. Bagian-Bagian Catur Asrama

C. Catur Asrama dalam Kehidupan

D. Cerita yang Berkaitan dengan Catur Asrama


MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 5 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

BAB 4 Pañca Yajña dalam Kehidupan Sehari-Hari

A. Pengertian Pañca Yajña

B. Dasar Pelaksanaan Pañca Yajña

C. Bagian-Bagian Pañca Yajña

D. Tingkatan-Tingkatan Yajña

E. Manfaat Pelaksanaan Pañca Yajña dalam Kehidupan

 

BAB 5 Sejarah Perkembangan Hindu di Indonesia

A. Proses Perkembangan Agama Hindu di Indonesia

B. Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia

C. Upaya-Upaya Melestarikan Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Indonesia

 

Bagi anda yang juga saat ini belum memiliki buku teks pelajaran pendidikan agama hindu untuk Kelas 5 SD kurikulum merdeka dan anda ingin mendapatkannya, maka anda bisa memiliki filenya yang telah disiapkan sesuai judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai materi pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka yang nantinya akan di pelajari disemester 1 hingga semester 2. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu para guru dan siswa yang membutuhkannya sebagai bekal pembelajaran pada kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel