Istilah Baru Kurikulum Merdeka Tentang Perangkat Pembelajaran

Kherysuryawan.id – Nama baru tentang perangkat pembelajaran dan kelengkapan lainnya yang harus di ketahui oleh guru pada kurikulum merdeka serta perubahan istilah pada kurikulum 2013 ke kerikulum merdeka.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan milik kherysuryawan.id yang mana pada kesempatan kali ini admin akan memberikan uraian penjelasan seputar istilah baru yang mungkin banyak belum di ketahui oleh bapak/ibu guru pada kurikulum merdeka.

 


Jika pada tahun sebelumnya kurikulum yang umum digunakan oleh setiap satuan pendidikan yaitu kurikulum 2013, maka saat ini ada lagi muncul pilihan kurikulum baru yaitu bernama kurikulum merdeka. Nah di dalam kurikulum merdeka ini banyak istilah baru yang muncul yang mungkin akan membingungkan para guru yang baru saja mendengarnya.

 

Bagi anda bapak/ibu guru yang telah lama mengajar di sekolah baik itu sekolah SD, SMP, SMA, maupun SMK pastinya bapak/ibu guru sudah tidak tabu lagi dengan yang Namanya perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan sebuah dokumen yang menjadi kewajiban untuk di buat oleh setiap guru di sekolah baik itu guru kelas maupun guru mata pelajaran.

 

Pada kurikulum 2013 ada beberapa jenis nama pada perangkat pembelajaran yang sudah di kenal dan tentunya sudah sering di buat oleh para guru di sekolah. Perangkat pembelajaran yang dimaksud pada kurikulum 2013 diantaranya yaitu seperti; silabus, RPP, program semester, program tahunan, KKM, analisis kompetensi dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Perlu di pahami bahwa pada kurikulum merdeka nama atau istilah tentang perangkat pembelajaran yang ada pada kurikulum 2013 tersebut telah berubah dan berganti nama sehingga anda yang mugkin baru akan menggunakan kurikulum merdeka maka anda wajib untuk mengetahui dan memahami nama atau istilah baru tentang perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka.

 

Berikut ini beberapa nama atau istilah baru seputar perangkat pembelajaran yang ada pada kurikulum merdeka. Istilah ini merupakan pembeda antara nama yang ada pada kurikulum 2013 dengan yang saat ini digunakan di kurikulum merdeka :

 

1.       Promes diganti prosem ( program semester )

2.       Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

3.       KI diganti CP ( capaian pembelajaran)

4.       RPP diganti Modul ajar

5.       KD diganti TP (tujuan pembelajaran)

6.       KKM diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

7.       IPK diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)

8.       PH diganti Sumatif

9.       PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)

10.   PAS diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)

11.   Indikator soal diganti dengan indikator asesmen

12.   Penilaian teman sejawat diganti Formatif

13.   KTSP diganti dengan KOSP kurikulum operasional satuan pendidikan

14.   Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

 

Setelah memahami istilah baru pada jenis perangkat pembelajaran yang ada pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka seperti yang telah di tampilkan diatas, maka berikut ini beberapa penjelasan mengenai istilah baru yang ada pada kurikulum merdeka tersebut.

 

1.         Promes diganti Program Semester (Prosem)

Seperti di ketahui bahwa pada saat menggunakan kurikulum 2013 dalam membuat program semester maka guru lebih sering menyebutnya dengan istilah promes namun di kurikulum merdeka program semester lebih di identikkan dengan istilah prosem.
jika dibanding-bandingkan Sebenarnya promes dan prosem sama saja, hanya mungkin berbeda penyebutan dari singkatan nama program semester tersebut. Perlu di ketahui bahwa Program semester berisi tentang target pengajaran yang harus dicapai selama kurun waktu satu semester.

 

2.         Silabus diganti ATP
pada kurikulum 2013 perangkat pembelajaran yang menjadi dasar untuk membuat dan merencanakan perangkat pembelajaran lainnya yaitu silabus. Kata silabus menjadi sebuah nama yang sudah sangat melekat pada guru di saat akan membuat perangkat pembelajaran. Akan tetapi, pada penerapan Kurikulum Merdeka Belajar sekarang istilah tersebut diganti menjadi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

ATP disusun dengan mempertimbangkan alur yang logis dan sistematis berdasarkan tata urutan pembelajaran dari suatu fase pembelajaran.

Penyusunan ATP bisa dilakukan oleh sekolah sebagai bagian Kurikulum Operasional Sekolah (KOS). Apabila sekolah belum bisa mengembangkan ATP maka dalam pelaksanaannya maka sekolah dapat menggunakan ATP yang telah di siapkan oleh kemendikbud.

 

3.         Kompetensi Inti (KI) diganti menjadi Capaian Pembelajaran

Dalam membuat RPP maka guru tentunya sering mendengar tentang kompetensi inti yaitu meliputi KI1, KI2, KI3 dan KI4. Pada kurikulum merdeka kompetensi inti diubah menjadi capaian pembelajaran.

Lantas apa itu capaian pembelajaran ?

Capaian Pembelajaran berisi kompetensi atau karakter yang ingin dicapai pasca melaksanakan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.

 

4.       RPP diganti menjadi Modul Ajar

Jika anda adalah seorang guru maka anda pastinya sering membuat RPP.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan sebuah perangkat pembelajaran yang akan sangat membantu guru dalam proses mengajar di kelas. RPP juga bisa menjadi sebuah analisis untuk mengetahui tingkat keberhasilan mengajar guru dan pencapaian tujuan pembelajaran peserta didik.

 

Pada kurikulum merdeka RPP berubah menjadi modul ajar.

Modul ajar merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran.

Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid. Istilah ini mungkin menjadi berbeda tetapi pada dasarnya metode penyusunan Modul Ajar tetap sama dengan RPP. Modul ajar dapat dibuat sendiri oleh sekolah dan juga dapat menggunakan yang telah ada di siapkan oleh kemendikbud.

 

5.         Kompetensi Dasar diganti dengan Tujuan Pembelajaran

Sebagai informasi bahwa Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusun indikator kompetensi.

Dahulu bapak/ibu guru mungkin lebih akrab dengan istilah Kompetensi Dasar (KD). Namun, sekarang istilah tersebut diganti menjadi Tujuan Pembelajaran (TP).

Pada kurikulum merdeka tujuan pembelajaran (TP) adalah penjabaran kompetensi yang dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

 

6.         KKM diganti menjadi KKTP

Pada kurikulum 2013 KKM merupakan singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. KKM merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. Biasanya guru mata pelajaran akan membuat KKM di awal tahun pembelajaran.

Jika pada kurikulum 2013 untuk menentukan ambang batas ketuntasan pencapaian peserta didik yaitu dengan menerapkan KKM maka pada kurikulum merdeka istilah KKM berganti menjadi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran.

 

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) diturunkan dari indikator asesmen suatu tujuan pembelajaran, yang mencerminkan ketercapaian kompetensi pada tujuan pembelajaran

Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan mendiagnosis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik agar pendidik dapat memperbaiki proses pembelajaran dan atau memberikan intervensi pembelajaran yang sesuai kepada peserta didik.

 

7.         Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Jika di Kurikurilum 2013, kita mengenal Penguatan Pendidikan Karakter atau biasa disingkat PPK. Namun, dalam Kurikulum Merdeka, kita akan mengenal istilah Profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan. 

 

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, diantaranya: (1) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, (2) Berkebinekaan Global, (3) Mandiri, (4) Bergotong royong, (5) Bernalar kritis, dan (6) Kreatif.

 

8.         KTSP diganti menjadi KOSP

Perlu di ketahui bahwa Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan atau yang disingkat KOSP ini adalah nama lain dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum operasional di satuan pendidikan yakni memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai istilah-istilah baru yang ada pada kurikulum merdeka, semoga apa yang telah di paparkan diatas dapat membantu rekan-rekan guru dalam memahami istilah baru yang terdapat pada kurikulum merdeka dan bisa memahami perubahan yang terjadi dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka.

Demikian informasi yang bisa admin bagikan kali ini mengenai istilah baru pada Pendidikan kurikulum merdeka, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel