Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 2 “Berkelana di Dunia Imajinasi” semester 1 kurikulum merdeka.

Sahabat pendidikan yang berbahagia pada kurikulum merdeka siswa dan guru telah di bekali dengan buku paket pelajaran versi kurikulum merdeka. Di dalam buku paket tersebut telah di sediakan materi yang nantinya akan di pelajari oleh siswa atau di ajarkan oleh guru.

 


Materi pelajaran menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi siswa dan guru sebab materi pelajaran akan menjadi pokok pengetahuan yang dapat di terima oleh siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran maka di perlukan sebuah ringkasan materi yang dapat mempersingkat waktu siswa dalam belajar.

 

Jika pada buku paket pelajaran siswa dapat melihat materi secara lengkap namun untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menangkap materi dengan cepat maka siswa perlu untuk membuat sebuah ringkasan atau rangkuman dari materi yang telah ada.

 

Ringkasan materi atau rangkuman materi yang dimaksud ialah mengambil beberapa materi yang dianggap penting kemudian dikumpulkan dan di pelajari sehingga apa yang menjadi pokok atau inti materi dapat dengan mudah di pahami dan di pelajari.

 

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membantu para siswa untuk bisa mendapatkan ringkasan materi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kuriulum merdeka. Adapun materi yang akan di ringkas disini ialah materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 2 tentang “Berkelana di Dunia Imajinasi”.

 

Materi ringkasan Bahasa Indonesia kelas 7 bab 2 Berkelana di Dunia Imajinasi ini merupakan kumpulan materi yang penting-penting saja dan tentunya materinya bersumber dari buku paket pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum merdeka atau lebih tepatnya buku siswa Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 2 kurikulum merdeka maka berikut ini tujuan pembelajaran dari materi “Berkelana di dunia imajinasi”

 

Tujuan Pembelajaran:

Pada bab ini kalian akan diajak untuk menyelami dan menyimak keindahan kata-kata dalam puisi dan cerita fantasi tentang sosok-sosok pemberani. Kalian juga akan mempelajari dan mendiskusikan elemen dan gaya bahasa dalam puisi dan cerita fantasi agar kalian dapat menyajikannya dengan baik dan menarik.

 

Bagi sahabat pendidikan yang ingin melihat sajian rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 2 pada materi Berkelana di Dunia Imajinasi, maka silahkan lihat selengkapnya di bawah ini :

 

RINGKASAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP BAB 2 “BERKELANA DI DUNIA IMAJINASI”

A. Mengenal dan Mengidentifikasi Unsur Puisi Rakyat

Mengenal Jenis dan Unsur Puisi Rakyat

Puisi rakyat adalah sastra lisan berupa puisi terikat yang berkembang pada masa masyarakat tradisional. Dikatakan terikat karena puisi jenis ini diatur oleh ketentuan-ketentuan tertentu, seperti jumlah suku kata, jumlah baris, jumlah bait, dan rima. Puisi rakyat umumnya bersifat anonim (nama pengarangnya tidak diketahui), diwariskan secara turun-temurun dari mulut ke mulut, dan disebarkan dalam bentuk yang tetap dan tidak berubah. Puisi rakyat terikat aturan-aturan seperti jumlah kata dalam tiap baris, jumlah baris dalam tiap bait, dan juga pengulangan kata yang bisa terdapat di awal maupun akhir sajak (rima).

 

Berikut ini adalah beberapa jenis puisi rakyat.

1. Pantun

a.       Satu bait terdiri atas empat baris.

b.       Setiap baris terdiri atas 8--12 suku kata. C

c.       Baris pertama dan kedua merupakan sampiran, baris ketiga dan keempat merupakan isi.

d.       Rima akhirnya berpola a-b-a-b. Artinya, bunyi akhir baris p ertama sama dengan bunyi akhir baris ketiga dan bunyi akhir baris kedua sama dengan baris keempat.

 

2. Gurindam

a.       Setiap bait terdiri atas dua baris atau larik.

b.       Setiap larik terdiri atas 8--14 suku kata.

c.       Larik pertama merupakan syarat, sedangkan larik kedua merupakan jawaban.

d.       Larik pertama dan kedua membentuk kalimat majemuk, umumnya merupakan hubungan sebab-akibat.

e.       Rima akhirnya berpola a-a.

 

3. Mantra

a.       Terdiri dari beberapa rangkaian kata yang memiliki irama

b.       Isinya berhubungan dengan kekuatan gaib, dibuat dan diucapkan untuk tujuan tertentu

c.       Mengandung rayuan dan perintah

d.       Merupakan satu bagian yang utuh dan tidak bisa dipahami melalui setiap bagiannya

e.       Mementingkan keindahan permainan bunyi

 

Mengidentifikasi Tujuan Puisi Rakyat

Tujuan puisi rakyat adalah untuk menghibur pembaca, memberikan nasihat mendidik anak, memberikan isyarat untuk memulai suatu permainan, mengajak, melarang untuk melakukan sesuatu, menggambarkan perenungan, serta untuk memprotes ketidakadilan yang terjadi di masyarakat. Hal-hal yang disampaikan dalam puisi rakyat biasanya berupa nasihat, sindiran, atau humor.

 

Mengidentifikasi Isi dan Unsur Puisi Rakyat

Setiap bait yang terdiri atas kalimat berjumlah sama disebut gatra. Setiap gatra berisi jumlah suku kata yang sama pula. Jumlah suku kata ini disebut guru wilangan. Sedanglan bunyi akhir pada setiap baris disebut guru lagu. Macapat juga biasanya dilagukan dengan irama tertentu.

 

B. Mengidentifikasi Elemen dalam Teks Naratif

Mengidentifikasi Alur dalam Cerita Fantasi

Teks fantasi merupakan cerita yang bersifat khayalan atau imajinatif. dalam puisi di atas, anoman yang adalah kera berbulu putih dan dapat terbang adalah khayalan penulis. Untuk menarik pembaca, biasanya tokoh dalam cerita fantasi dapat memiliki keahlian atau kekuatan tertentu. Tokoh seperti dewa-dewi, raksaksa, makhluk ajaib, manusia dengan kesaktian adalah tokoh dalam cerita fantasi yang tidak ada dalam kehidupan nyata. Cerita fantasi dapat berupa cerita yang mengkhayalkan kejadian pada masa depan. Cerita jenis ini disebut cerita futuristik.

 

Teks naratif adalah cerita imajinatif berisi serangkaian kejadian berurutan yang menggambarkan alur awal, tengah, dan akhir.

Teks naratif biasanya menggambarkan seorang tokoh yang mengalami masalah. Masalah biasanya bermula saat tokoh tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Alur cerita menggambarkan bagaimana ia berusaha untuk mendapatkan keinginannya tersebut. Pada bagian akhir ini, tokoh telah mendapatkan resolusi atau penyelesaian masalah.

 

Mengenali Majas Sarkasme dalam Cerita Fantasi

Majas sarkasme biasanya diucapkan secara langsung oleh tokoh cerita. Dalam cerita komik, pengungkapan langsung dapat dikenali dari penulisannya dalam balon kata.

 

Kalimat Langsung dan Tak Langsung dalam Teks Fantasi

v  Kalimat langsung adalah kalimat kutipan perkataan seseorang secara langsung.

v  Kalimat tak langsung adalah kalimat yang menyatakan kembali ucapan seseorang.

Ciri-ciri kalimat langsung adalah menggunakan tanda petik buka (") pada bagian awal kalimat dan tanda petik tutup (") pada akhir kalimat.

 

C. Berkreasi dengan Teks Naratif

Berikut ini langkah-langkah menyusun cerita fantasi :

v  Apa tema yang akan diangkat dalam cerita fantasi kalian?

v  Siapa tokoh dalam cerita kalian?

v  Di mana latar terjadinya cerita kalian?

v  Gambarlah kerangka alur cerita kalian dalam diagram alur. Gunakan diagram alur teks naratif di atas untuk membantu kalian!  

v  Kembangkan cerita fantasi kalian!

v  Terakhir, berilah judul yang menarik untuk hasil karya kalian!

Dengan mengembangkan kerangka di atas menjadi teks naratif, maka kita sudah bisa menulis cerita fantasi sederhana untuk menyampaikan amanat tertentu.

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP Bab 2 “Berkelana di Dunia Imajinasi” yang bisa admin sajikan melalui artikel ini. Semoga ringkasan materi ini dapat membantu siswa yang akan belajar pada materi bab 2 “Berkelana di Dunia Imajinasi” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 7 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel