Rangkuman B.Indonesia Kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” semester 1 kurikulum merdeka.

Halo Sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi seputar materi pelajaran yang ada di kurikulum merdeka. Adapun materi yang akan di bahas pada postingan ini ialah materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 Hal yang Baik bagi Tubuh yang akan di pelajari di semester 1 kurikulum merdeka.

 


Jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan rangkuman/ringkasan materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 pada bab 1 dan bab 2, maka kali ini admin akan mencoba kembali untuk berbagi rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 3 yang mana materinya yaitu “Hal yang Baik bagi Tubuh”

 

Materi pelajaran menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi siswa dan guru sebab materi pelajaran akan menjadi pokok pengetahuan yang dapat di terima oleh siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran maka di perlukan sebuah ringkasan materi yang dapat mempersingkat waktu siswa dalam belajar.

 

Jika pada buku paket pelajaran siswa dapat melihat materi secara lengkap namun untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menangkap materi dengan cepat maka siswa perlu untuk membuat sebuah ringkasan atau rangkuman dari materi yang telah ada.

 

Ringkasan materi atau rangkuman materi yang dimaksud ialah mengambil beberapa materi yang dianggap penting kemudian dikumpulkan dan di pelajari sehingga apa yang menjadi pokok atau inti materi dapat dengan mudah di pahami dan di pelajari.

 

Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membantu para siswa untuk bisa mendapatkan ringkasan materi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kuriulum merdeka. Adapun materi yang akan di ringkas disini ialah materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 tentang “Hal yang Baik bagi Tubuh”.

 

Materi ringkasan Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” ini merupakan kumpulan materi yang penting-penting saja dan tentunya materinya bersumber dari buku paket pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum merdeka atau lebih tepatnya buku siswa Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 kurikulum merdeka maka berikut ini tujuan pembelajaran dari materi “Hal yang Baik bagi Tubuh”

 

Tujuan Pembelajaran:

Pada bab ini kalian akan mempelajari anjuran, ajakan, dan imbauan untuk memperhatikan pola makan dan menata hidup kalian melalui teks prosedur. Kalian diajak mengenali ciri kalimat serta unsur dalam teks prosedur, menyimak paparan prosedur lisan, serta berlatih menyajikan teks prosedur secara lisan dan tertulis dengan runtut dan menarik.

 

Baiklah berikut ini isi ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 7 bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” yang dapat anda lihat sajian lengkapnya di bawah ini ;

 

RINGKASAN MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 7 BAB 2 KURIKULUM MERDEKA

 

A. Mengidentifikasi Karakteristik Teks Prosedur

Memahami Isi Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi untuk melakukan sesuatu. Teks ini membantu kita untuk memahami dan mengerjakan sesuatu dengan tahapan-tahapan yang benar.

 

Apa perbedaan antara teks prosedur dan tip?

Tip merupakan saran-saran praktis tanpa urutan tertentu agar orang berhasil melakukan sesuatu. Teks prosedur dapat disajikan dalam bentuk gambar atau grafis. Informasi yang tersaji dalam bentuk gambar disebut dengan Infografik.

 

Mengidentifikasi Kata-Kata Fokus

v  Transisi: Peralihan dari keadaan (tempat, tindakan, dan sebagainya) pada yang lain. Misalnya: Masa remaja adalah transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa.

v  Kudapan adalah makanan yang dimakan di luar waktu makan.

v  Boraks adalah bahan pembersih (antiseptik; zat pembantu melelehkan zat padat) yang berupa hablur kristal berwarna kuning atau serbuk berwarna cokelat.

v  Produk olahan susu adalah makanan atau minuman yang diolah dari susu sapi. Contoh produk olahan susu adalah keju, es krim, dan yoghurt. Yoghurt dihasilkan dari fermentasi susu sapi. Pada proses fermentasi ini, bakteri baik, yaitu bakteri asam laktat, ditambahkan ke dalam susu dan dibiarkan selama beberapa hari hingga menjadi yoghurt.

v  Formalin adalah larutan bening berbau menyengat, mengandung sedikit metanol untuk bahan pengawet dan pembunuh kuman.

 

B. Mengidentifikasi Tujuan Ragam Teks Prosedur

Mengenali Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk, panduan, atau instruksi agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat. Teks prosedur dapat berisi ajakan, perintah, atau larangan.

 

C. Mengenali Unsur Kebahasaan dalam Teks Prosedur

Menelaah Kalimat Pelesapan pada Teks Prosedur

Pada teks prosedur, langkah-langkah panduan dapat dihubungkan dengan kata penghubung seperti kemudian, berikutnya, dan setelah ini. Terkadang penulis menggunakan kata-kata tersebut terlalu sering sehingga diperlukan pelesapan.

 

Pelesapan adalah penghilangan bagian tertentu yang sama dan sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Umumnya, pelesapan ini terjadi pada kalimat majemuk rapatan, yaitu gabungan beberapa kalimat tunggal yang memiliki subjek atau predikat atau objek yang sama.

 

Perhatikan beberapa contoh pelesapan dalam prosedur membuat puding di bawah ini.

1.       Masukkan sebungkus agar-agar, jeli, dan susu cair sebanyak 500 ml, kemudian aduk (agar-agar, jeli, dan susu) sampai larut dalam air.

2.       Masak (campuran agar-agar, jeli, dan susu) di atas api.

3.       Tambahkan gula, kemudian aduk terus (campuran yang sedang dimasak ini) selama 30 menit.

4.       Setelah mendidih, matikan api, kemudian aduk lagi selama 1 menit. Pudingmu sudah jadi!

5.       Tuang puding dalam cetakan. Berikutnya, setelah (puding) agak dingin, simpan dalam lemari es.

 

Mengenali Kalimat Ajakan dan Larangan dalam Teks Prosedur

Kalimat ajakan atau perintah ditandai dengan:

1.       akhir kalimat dapat diakhiri dengan partikel lah atau kan;

2.       kalimat perintah dapat berpola inversi yaitu kalimat diawali dengan predikat (P), lalu subjek (S), seperti:

a.       Peganglah (P) + pinggiran kursi (S)!

b.       Ambillah (P) + dua buku pelajaran (S)!

c.       Perhatikan (P) + makanan kalian (S)!

 

Mengidentifikasi Struktur Teks Prosedur

Agar dapat mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu, teks prosedur memiliki struktur sebagai berikut.

1.       Pendahuluan untuk mengajak pembaca melakukan kegiatan yang akan dijelaskan.

2.       Informasi peralatan dan bahan.

3.       Langkah-langkah dengan perincian cara, waktu, dan bahan untuk diikuti.

4.       Dapat memiliki bagian penutup yang mengulang ajakan kepada pembaca untuk melakukan kegiatan.

 

Mengenali Adverbia dalam Teks Prosedur

Kata keterangan atau adverbia adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain seperti kata kerja (verba) dan kata sifat (adjektiva).

Kata keterangan yang sering digunakan pada teks prosedur adalah kata keterangan cara, keterangan alat, dan keterangan tujuan.

1.       Kata keterangan cara

a.       Cucilah buah sampai bersih.

b.       Tumbuk semua bahan itu hingga hancur dan tercampur rata.

2.       Kata keterangan alat

a.       Hancurkan semua bahan dengan blender atau mesin penghancur.

b.       Masukkan sorbet ke dalam wadah tertutup.

3.       Kata keterangan tujuan, biasanya menggunakan kata untuk, supaya, atau agar.

a.       Masukkan ke dalam lemari pendingin agar beku.

b.       Ingatlah untuk selalu melakukan peregangan agar tubuh kalian ringan, tidak kaku, dan lentur

Teks prosedur juga lazim menggunakan kata keterangan jumlah untuk membuat langkah-langkah jelas dan mudah diikuti.

a.       Sisihkan buah cincang sebanyak satu mangkuk.

b.       Bekukan di mesin pendingin minimal selama satu jam.

c.       Ulangi cara yang sama dua kali

 

D. Menyajikan Teks Prosedur Melalui Berbagai Media

Teks prosedur itu:

a.       bertujuan mengajak, memerintahkan, atau melarang pembaca melakukan sesuatu;

b.       memiliki unsur berupa kalimat ajakan, perintah, dan larangan;

c.       memiliki struktur pendahuluan, alat dan bahan, serta langkah-langkah melakukan kegiatan.

 

Untuk membuat teks prosedur lebih menarik, maka gunakan rancangan ke dalam format gambar atau Infografik serta juga dapat membuatnya dalam format video untuk diunggah ke media sosial.

 

Demikianlah sajian ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 Bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Materi yang telah di sajikan diatas merupakan materi yang nantinya akan di pelajari di pembelajaran semester 1. Semoga informasi rangkuman/ringkasan materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP bab 3 “Hal yang Baik bagi Tubuh” tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya untuk pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel