Materi Seni Tari Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1&2

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran Seni Tari Kelas 4 SD Semester 1 dan semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, di kesempatan ini sesuai denganjudul postingan maka admin akan menyampaikan beberapa jenis susunan materi yang ada pada mata pelajaran seni tari yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Saat ini hampir semua sekolah telah menggunakan kurikulum beru yakni kurikulum merdeka. Nah pada kurikulum merdeka ini khusus untuk mata pelajaran seni budaya telah di bagi menjadi 4 aspek pelajaran yakni :

1.       Seni musik

2.       Seni tari

3.       Seni rupa

4.       Seni teater

 

Nantinya peserta didik dapat memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat yang juga telah di tentukan oleh pihak sekolah. Dari keempat aspek seni diatas, maka di kesempatan ini admin akan membahas salah satunya yaitu seputar mata pelajaran seni tari.

 

Mungkin anda masih ada yang belum memahami tentang apa itu mata pelajaran Seni Tari ?

Mata Pelajaran Seni Tari merupakan pembelajaran yang mengasah kompetensi seni tari dan kompetensi kepribadian peserta didik. Melalui kegiatan apresiasi dan kreasi, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan yang komprehensif dengan mengalami, mencipta, berpikir artistik, mampu merefleksikan dan berdampak pada kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu diharapkan guru dapat mengasah kreativitas dan sensitivitas peserta didik.

 

Pembelajaran seni tari untuk SD kelas 4 berisi beberapa materi seni untuk meningkatkan kompetensi seni dan kompetensi kepribadian peserta didik. Peningkatan kedua kompetensi ini dilakukan melalui rangkaian kegiatan apresiasi dan kreasi. Materi yang dipilih pada mata pelajaran seni tari, dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan peserta didik, sehingga ia mampu menyadari keberagaman lingkungannya. Hal ini diperoleh pada materi unit pembelajaran “Mengenal Lingkungan dengan Tari”.

 

Selanjutnya pada materi unit pembelajaran “Mengenal Gerak dan Makna pada Permainan Tradisional” dan “Mengenal Tari melalui Cerita Rakyat”, berisi tentang pengenalan nilai-nilai kearifan budaya. Dengan demikian melalui tari, peserta didik menyadari pesan dan makna budaya. Peningkatan wawasan, keterampilan, dan kepribadian peserta didik diperoleh melalui rangkaian pembelajaran apreasi dan kreasi yang dijabarkan dalam elemen pembelajaran mengalami, mencipta, berpikir artistik, merefleksi, dan berdampak.

 

Berikut ini beberapa tujuan pembelajaran yang menjadi capaian pembelajaran pada mata pelajaran seni tari yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka yang masuk pada fase B :

1.       memperagakan ciri khas gerak tari dari flora, fauna dan mahkluk hidup di sekitar lingkungannya secara individu maupun kelompok

2.       memperagakan gerak tari permainan tradisional baik secara individu maupun kelompok; dan

3.       membuat gerak tari berdasarkan pada cerita fabel, legenda, dan sejarah secara individu maupun kelompok.

 

Ketiga tujuan pembelajaran ini dituangkan dalam tiga unit pembelajaran. Pada unit pembelajaran yang berjudul “Mengenal Lingkungan dengan Tari”, terdiri dari 12 prosedur kegiatan pembelajaran. Pada unit pembelajaran yang berjudul “Mengenal Gerak dan Makna pada Permainan Tradisional”, terdiri dari 9 prosedur kegiatan pembelajaran. Adapun pada unit yang berjudul “Mengenal Tari melalui Cerita Rakyat”, terdiri dari 9 prosedur kegiatan pembelajaran.

 

Pada postingan ini admin akan menjabarkan materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran seni tari kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari di semester ganjil dan semester genap. Dengan mengetahui isi materi pelajaran pada seni tari di kelas 4 SD maka akan lebih memudahkan guru dan siswa dalam mempelajari dan mencari referensi lainnya sesuai materi yang terkait.

 

Baiklah berikut ini susunan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni tari kelas 4 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka :

 

MATERI PELAJARAN SENI TARI KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA SEMESTER 1 DAN 2

 

Unit 1

Mengenal Lingkungan dengan Tari

 

Unit 2 

Gerak dan Makna pada Permainan Tradisional

 

Unit 3 

Mengenal Tari melalui Cerita Rakyat

 

Untuk memiliki buku teks pelajaran Seni Tari Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, silahkan dapatkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Tari Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah susunan materi yang akan di pelajari nantinya pada mata pelajaran seni tari di kelas 4 SD kurikulum merdeka di semester 1 hingga di semester 2.

Seluruh materi diatas sudah di sesuaikan dengan materi yang ada pada buku teks pelajaran seni tari kelas 4 SD kurikulum merdeka. Semoga informasi ini dapat membantu rekan guru dan siswa yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel