Materi Seni Musik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1&2

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar materi pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni budaya khususnya pada aspek seni music di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa pada mata pelajaran seni budaya saat ini di kurikulum merdeka sudah di pisah-pisah menjadi 4 bagian yakni seni music, seni tari, seni teater dan seni rupa. Tentuya dalam mempelajari mata pelajaran seni budaya di kurikulum merdeka siswa dapat memilih salah satu dari keempat aspek tersebut sebagai minat yang nantinya akan di pelajari.

 

Kita tahu juga bahwa dalam pembelajaran di kurikulum merdeka saat ini kementerian pendidikan kebudayan riset dan teknologi telah menyiapkan dan menyediakan buku paket pelajaran versi kurikulum merdeka yakni berupa buku guru dan buku siswa. Untuk guru yang akan mengajar maka memerlukan buku guru dan begitu juga bagi siswa telah disiapkan buku siswa sebagai bahan untuk mengetahui materi yang akan di pelajari.

 

Nah, melalui postingan ini admin akan membantu para guru dan siswa yang mungkin di sekolahnya belum menyiapkan buku paket pelajaran seni budaya khususnya pada seni music sehingga tidak mengetahui jenis-jenis materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni music.

 

Adapun materi pelajaran seni music yang akan admin bagikan pada kesempatan ini ialah di peruntukkan bagi kelas 4 SD yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Dengan mengetahui materi yang akan di pelajari maka akan memudahkan guru dan siswa untuk mencari referensi lainnya yang sesuai dengan jenis materi yang akan di pelajari.

 

Sebagai informasi bahwa materi pelajaran seni music kelas 4 SD Kurikulum merdeka yang akan admin jabarkan di kesempatan ini ialah materi seni music kelas 4 Semester 1 dan materi seni music kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka. Seluruh materi yang di jabarkan disini sudah merupakan materi pelajaran seni music kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bersumber dari buku guru dan buku siswa seni music kelas 4 kurikulum merdeka.

 

Baiklah berikut ini susunan materi pelajaran seni music kelas 4 SD semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka :

 

MATERI PELAJARAN SENI MUSIK KELAS 4 SD SEMESTER 1 & 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1

Bunyi dan Jenis - Jenis Alat Musik

A. Pengenalan Bunyi dan Sumbernya

B. Irama dan Alat Musik Ritmis

C. Nada dan Alat Musik Melodis

D. Grup Musik 

 

Unit 2

Irama dan Nada

A. Membaca Irama

B. Membaca Not Angka

C. Interval dan Harmoni

D. Menyanyikan Not Angka

 

Unit 3

Dinamika dan Ragam Lagu

A. Mengenal Dinamika

B. Dirigen lagu

C. Ragam Lagu

D. Menyanyikan Lagu Daerah Pilihan

 

Unit 4 

Musik Kreatif

A. Pembuatan Alat Musik Melodis Sederhana

B. Pembuatan Melodi Acak Menjadi Musik

C. Penciptaan Kreasi Lagu

D. Penampilan Kreasi Lagu

 

Untuk memiliki buku teks pelajaran Seni Musik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, silahkan dapatkan di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Musik Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Itulah susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni music di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Materi diatas terdiri atas 4 Unit/Bab yang mana materi diatas nantinya akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 hingga semester 2.

 

Demikianlah informasi mengenai kumpulan atau susunanmateri pelajaran seni music untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka, semoga informasi mengani susunan materi pelajaran tersebut dapat membantu para guru dan siswa yang ingin mengetahui jenis-jenis materi pelajaran yang ada pada maple seni music di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel