Modul Ajar PPKN Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download Modul Ajar PPKN Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, Bagaimana kabar anda hari ini? semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Pada postingan kali ini admin masih kembali akan membahas tentang perangkat ajar kurikulum merdeka yaitu modul ajar.



 

Perangkat ajar merupakan sebuah administrasi bagi seorang guru yang sangat penting untuk dimiliki. Pada kurikulum merdeka, ada beberapa jenis perangkat ajar yang harus di miliki oleh seorang guru diantaranya ialah modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), buku siswa & guru, daftar penilaian/asesmen dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Modul ajar pada kurikulum merdeka merupakan pengganti dari RPP. Pada modul ajar terdapat beberapa komponen yang tentunya isinya lebih lengkap jika dibandingkan dengan RPP yang di gunakan pada kurikulum sebelumnya. Salah satu komponen yang terpenting pada modul ajar adalah harus memuat profil pelajar Pancasila.

 

Bagi anda bapak/ibu guru yang di sekolahnya sudah menggunakan kurikulum merdeka maka pastinya akan membutuhkan modul ajar sebagai salah satu perangkat ajar untuk membantu dalam proses mengajar di kelas. Modul ajar sangat penting dan bermanfaat bagi guru dalam proses mengajar di kelas.

 

Berbicara mengenai modul ajar, maka pada kesmpatan kali ini admin akan membagikan file modul ajar untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka. Modul ajar PPKN kelas 4 semester 1 yang akan saya bagikan disini sudah lengkap sesuai dengan materi yang akan di pelajari di semester 1.

 

Pada mata pelajaran PPKN di kelas 4 SD ada beberapa materi yang nantinya akan di pelajari diantaranya yaitu sebagai berikut :


MATERI PPKN KELAS 4 SD SEMESTER 1  KURIKULUM MERDEKA:

UNIT 1 Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan

  • Sikap mencintai sesama manusia dan lingkungannya, serta menghargai kebinekaan.
  • Makna dan nilai-nilai Pancasila, serta proses perumusannya.
  • Contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

 

UNIT 2 Konstitusi Dan Norma di Masyarakat

  • Bentuk norma dan aturan dalam kehidupan sehari-hari
  • Hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga
  • Tata cara menyampaikan pendapat secara sistematis
  • Musyawarah di lingkungan sekitar

 

Semua materi yang telah di sebutkan diatas merupakan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka. Seluruh materi diatas juga telah admin sediakan modul ajarnya secara lengkap bagi bapak/ibu guru yang membutuhkannya.

 

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari di jenjang SD. Mata pelajaran PPKN diharapkan dapat membangun pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills) dan watak atau karakter kewarganegaraan (civic dispositions).

 

Khusus dalam hal membangun watak atau karakter kewarganegaraan mengacu pada Profil Pelajar Pancasila yakni:

1.       Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia,

2.       Berkebinekaan global,

3.       Gotong royong,

4.       Mandiri,

5.       Bernalar kritis,

6.       Kreatif.

 

Pada postingan ini admin akan membagikan file modul ajar PPKN kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka secara lengkap dan tentunya dapat dimiliki filenya secara gratis melalui postingan ini. Selain itu file yang akan admin bagikan disini yaitu file yang sudah tersusun rapi sesuai dengan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN kelas 4 semester 1 kurikulum merdeka.

 

Seluruh file akan admin berikan dalam yang telah disimpan dalam format word sehingga bapak/ibu guru yang akan menggunakannya bisa melakukan pengeditan dan dapat menyesuiakannya dengan keadaan di sekolah masing-masing.

 

Tujuan admin memberikan file modul ajar PPKN kelas 4 SD ini ialah semata-mata untuk bisa membantu bapak/ibu guru yang sedang membutuhkan perangkat ajar (modul ajar) lengkap untuk mata pelajaran PPKN kelas 4 SD.

 

Baiklah untuk bapak/ibu guru yang ingin memiliki file modul ajar PPKN kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka dalam format word, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini:


  • Modul Ajar PPKN Kelas 4 Semester 1 Bab 1 - DISINI 
  • Modul Ajar PPKN Kelas 4 Semester 1 Bab 2 - DISINI
  • MODUL AJAR PPKN KELAS 4 SEMESTER 2 - DISINI


Demikianlah yang bisa admin informasikan seputar modul ajar PPKN kelas 4 SD kurikulum merdeka, semoga informasi ini bisa membantu bapak/ibu guru yang ingin memiliki dan mendapatkan file modul ajar PPKN kelas 4 SD kurikulum merdeka sehingga dalam melakukan proses mengajar di kelas maka semuanya bisa dilaksanakan dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel