Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Download Modul Ajar IPAS Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Salam pendidikan, Sahabat kherysuryawan yang berbahagia memasuki kurikulum merdeka ini para guru di sambut dengan berbagai tugas dan pekerjaan baru yang harus di persiapkan dalam hal mengajar. Agar proses mengajar selama di sekolah bisa terlaksana dengan baik maka guru memnag harus bisa menyiapkan segala kebutuhan yang di perlukan dalam hal mengajar.

 


Salah satu hal penting yang harus di siapkan oleh guru dalam menunjang aktivitas mengajar di sekolah adalah bisa menyiapkan perangkat pembelajaran atau yang dalam kurikulum merdeka di sebut dengan perangkat ajar.

 

Pada kurikulum merdeka perangkat ajar yang dimaksudkan agar bisa disiapkan oleh guru terdiri atas beberapa jenis diantaranya yaitu modul ajar, ATP, CP, Penilaian/asesmen, Buku paket pelajaran berupa buku siswa dan buku guru.

 

Untuk mata pelajaran yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka juga terdapat mata pelajaran yang baru dan juga mapel yang sudah ada sejak kurikulum 2013. Salah satunya yaitu pada jenjang sekolah dasar (SD) khusus di kelas 4 keatas terdapat mata pelajaran IPAS.

 

Mata pelajaran IPAS pada jenjang SD merupakan gabungan dari mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial. Jika pada kurikulum sebelumnya kedua mata pelajaran ini dibuat terpisah maka pada kurikulum merdeka kedua mapel ini yaitu IPA dan IPS digabung menjadi satu dengan nama IPAS.

 

Mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) artinya kita sedang mengamati lebih cermat hal-hal yang terjadi di sekeliling kita, setiap hari. Berbagai kegiatan mengajak kita membuka wawasan dan menyelami lebih banyak informasi tentang diri kita, orang lain di lingkungan sekitar, juga alam beserta flora dan faunanya. Tak hanya sekedar tahu, tetapi kita juga diingatkan untuk selalu menjaganya dengan berbagai cara.

 

Bagi guru dalam mengajarkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) maka pastinya akan membutuhkan sebuah modul ajar (RPP) yang bisa menjadi dasar dalam memandu guru melaksanakan aktivitas mengajar. Meskipun sebenarnya mata pelajaran IPA dan IPS sudah pernah di pelajari di jenjang SD namun dengan digabungnya kedua mata pelajaran ini menjadi satu maka akan memerlukan sebuah RPP atau modul ajar yang bisa membantu guru dalam melaksanakan aktivitas mengajar.

 

Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk berbagi file modul ajar IPAS untuk jenjang SD. Adapun modul ajar yang akan admin bagikan yaitu modul ajar IPAS kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka. Bagi anda yang belum memiliki modul ajar khususnya untuk mata pelajaran IPAS maka bisa memilikinya melalui postingan ini dan admin akan membagikan file RPP/modul ajarnya secara gratis.

 

Modul ajar merupakan salah satu dari bagian perangkat ajar yang harus di miliki oleh seorang guru. Modul ajar (RPP) kurikulum merdeka sangat dibutuhkan oleh seorang guru baik sebagai bahan panduan dalam mengajar ataupun sebagai administrasi bagi guru ketika akan melakukan kegiatan supervisi ataupun untuk keperluan saat sekolah akan melakukan kegiatan akreditasi.

 

Jika anda bapak/ibu guru yang saat ini mengajar mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD dan belum memiliki file modul ajar IPAS kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka maka anda bisa memiliki dan mendapatkan filenya secara gratis melalui postingan ini.


Adapun materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka adalah sebagai berikut :


MATERI IPAS KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA:

Bab1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi

A. Bagian Tubuh Tumbuhan

B. Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

C. Perkembangbiakan Tumbuhan

 

Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya

A. Materi, Makhluk Apa itu?

B. Memangnya Wujud Materi Seperti Apa?

C. Bagaimana Wujud Benda Berubah?

 

Bab 3 Gaya di Sekitar Kita

A. Pengaruh Gaya Terhadap Benda

B. Magnet, Sebuah Benda yang Ajaib

C. Benda yang Elastis

D. Mengapa Kita Tidak Melayang di Udara

 

Bab 4 Mengubah Bentuk Energi

A. Transformasi Energi di Sekitar Kita

B. Energi yang Tersimpan

C. Energi yang Bergerak

 

Disini admin akan membagikan modul ajar IPAS kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka secara lengkap sesuai materi yang telah admin sajian diatas. Semua file modul ajar untuk mata pelajaran IPAS kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan admin bagikan filenya tersimpan dalam format word sehingga akan sangat mudah untuk digunakan dan jika akan di edit untuk dilakukan penyesuaian maka bisa dengan mudah di lakukan sesuai keinginan masing-masing.

 

Baiklah untuk bapak/ibu guru yang mengajar mata pelajaran IPAS di kelas 4 SD dan ingin memiliki file modul ajar IPAS kelas 4 SD semester 1 Kurikulum merdeka maka bisa mendapatkan filenya secara gratis di bawah ini :


MODUL AJAR IPAS KELAS 4 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 Bab 1 (DISINI
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 Bab 2 (DISINI)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 Bab 3 (DISINI)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 4 Bab 4 (DISINI)
  • MODUL AJAR IPAS KELAS 4 SEMESTER 2 LENGKAP (DISINI)


Demikianlah penyampaian seputar modul ajar untuk mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu bapak/ibu guru yang membutuhkannya untuk keperluan administrasi perangkat ajar di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel