Rangkuman Materi Matematika Kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi matematika kelas 7 SMP kurikulum merdeka Bab 3 “Persamaan Linear” kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, berjumpa kembali pada pembahasan seputar materi pelajaran pada kurikulum merdeka. Kali ini admin akan membagikan ringkasan materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran matematika kelas 7 SMP bab 3 yaitu tentang Persamaan linear.

 


Jika pada postingan sebelumnya admin telah membagikan rangkuman lengkap matematika kelas 7 kurikulum merdeka untuk Bab 1 dan Bab 2 maka kali ini admin akan kembali mmebagikan rangkuman materi matematika kelas 7 bab 3 yang juga masih menjadi bagian dalam pembelajaran di semester 1.

 

Meskipun dalam proses belajar mengajar siswa dan guru telah memiliki buku siswa dan buku guru namun untuk lebih memudahkan siswa dan guru dalam belajar tentunya dibutuhkan sebuah ringkasan materi.

 

Pada umumnya ringkasan materi dibuat dengan cara mengambil inti materi yang ada pada buku teks pelajaran yang akan di pelajari. Nah cara itu pula yang admin kherysuryawan lakukan pada kali ini yaitu membuat ringkasan materi matematika kelas 7 Bab 3 “Persamaan Linear” dengan mengambil materi inti yang ada pada pembelajaran matematika di kelas 7 Bab 3. Seluruh materi yang di gunakan tentunya bersumber dari buku siswa kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan dan menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dan ingin mendapakan ringkasan materi matematika kelas 7 Bab 3 “Persamaan Linear” maka anda bisa melihat sajian rangkuman materinya pada artikel ini secara lengkap.

 

Adapun materi hasil ringkasan yang telah admin buat ini telah di sesuaikan dengan materi yang terdapat pada buku siswa matematika kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Admin membuat ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 7 Bab 3 “Persamaan Linear” ini dengan hanya mengambil materi-materi yang dianggap penting saja dan tentunya telah di lengkapi dengan contoh-contoh soalnya.

 

Pada mata pelajaran matematika kelas 7 SMP Bab 3 “Persamaan Linear” kurikulum merdeka ada beberapa materi yang nantinya akan di bahas dan di pelajari. Adapun materi yang nantinya akan di bahas pada Bab 3 “Persamaan Linear” di kurikulum merdeka antara lain yaitu sebagai berikut :

1.       Persamaan

2.       Penerapan Persamaan Linear

 

Baiklah untuk anda yang ingin melihat isi ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 7 Bab 3 “Persamaan Linear” kurikulum merdeka, maka berikut ini sajian rangkuman materi lengkapnya :

 

RANGKUMAN MATERI MATEMATIKA KELAS 7 SMP BAB 3 “PERSAMAAN LINEAR” PADA KURIKULUM MERDEKA


BAB 3 PERSAMAAN LINEAR

1. Persamaan dan Pertidaksamaan

Pertidaksamaan

Gambar di samping ini memperlihatkan timbangan . Ditetapkan bahwa berat satuan permen adalah x g, berat di timbangan sebelah kiri adalah (3x + 2)g, berat yang di sebelah kanan adalah (5x + 3)g. Dalam hal ini sisi sebelah kanan lebih berat, sehingga kita dapat menyatakan hubungan antara sisi kiri dan kanan sebagai:

               (3x + 2) < (5x + 3)


Kalimat matematika yang menggunakan tanda < atau > untuk menyatakan hubungan antara dua besaran disebut pertidaksamaan.

 



Timbangan di samping menunjukkan bahwa berat pada sisi kiri adalah (3x + 2) g dan berat pada sisi kanan adalah (x + 10) g. Dalam hal ini, sisi kiri dan kanan seimbang (sama beratnya). Jadi, kita dapat menyatakan hubungan antara sisi kiri dan kanan sebagai

          (3x + 2) = (x + 10)


Kalimat matematika yang menggunakan tanda sama dengan untuk menyatakan hubungan antara dua besaran disebut persamaan.

 

Contoh 1:

Harga karcis masuk Museum Angkut (di Batu, Malang) adalah a rupiah untuk dewasa dan b rupiah untuk anak-anak. Jika hubungan antara dua besaran pada (1) dan (2) di bawah ini menggunakan persamaan dan pertidaksamaan, maka diperoleh hasil sebagai berikut.


 

Contoh 2:

1)      Untuk membentuk tim kasti terdiri atas siswa kelas VII, dipilih a siswa dari grup 1 dan b siswa dari grup 2. Perlu dipastikan banyaknya siswa tidak kurang dari 12. Kita nyatakan:

 

a + b ≥ 12

 

2)      Seorang pekerja beratnya 60 kg masuk elevator membawa a kotak masing-masing beratnya 20 kg. Harus dipastikan bahwa berat total tidak melebihi 300 kg. Kita dapat menyatakan

 

20a + 60 < 300

 

 

Persamaan

Pada persamaan 3x + 2 = x +10 , jika nilai x adalah 4, maka nilai di sebelah kiri sama dengan nilai di sebelah kanan. Jadi, kedua sisi sama dan persamaan berlaku (bernilai benar). Persamaan tidak berlaku untuk nilai-nilai selain 4. Persamaan yang berlaku atau tidak berlaku bergantung pada nilai x disebut persamaan dalam x.

Nilai x yang membuat persamaan berlaku disebut penyelesaian persamaan.

Penyelesaian persamaan 3x + 2 = x + 10 adalah 4.

 

Contoh :

Manakah di antara 1, 2, dan 3 yang merupakan penyelesaian persamaan 2x + 5 = 11 ?

 

Sifat-Sifat Persamaan

Persamaan memiliki sifat-sifat berikut ini:

v  Jika m ditambahkan ke kedua sisi, maka persamaan tetap berlaku. Jika A = B, maka A + m = B + m

v  Jika m dikurangkan dari kedua sisi, maka persamaan tetap berlaku. Jika A = B, maka A – m = B – m

v  Jika m dikalikan ke kedua sisi, maka persamaan tetap berlaku. Jika A = B, maka A × m = B × m

v  Jika m kedua sisi dibagi m, m ≠ 0, maka persamaan tetap berlaku. Jika A = B, maka A/M = B/M

 

Jika kedua sisi ditukar tempat, maka persamaan tetap berlaku. Jika A = B, maka B = A

 

Menyelesaikan Persamaan Menggunakan Sifat-Sifat Persamaan

Contoh 1:

x + 6 = -2

x + 6 – 6 = -2 – 6  (Kurangkan 6 dari kedua sisi)

x = -8

 

Persamaan x = -8 yang diperoleh di Contoh 1 menyatakan bahwa penyelesaian persamaan x + 6 = -2 adalah -8.

 

Contoh 2:


 

Menyelesaikan Persamaan Menggunakan Ide Memindahkan Suku-Suku

Contoh 1:

3x + 5 = -4

Pindahkan 5 dari sisi kiri ke sisi kanan,

3x = -4 – 5

3x = -9

x = -3

 

Contoh 2:

5x = -2x + 14

Pindahkan -2x dari sisi kanan ke sisi kiri,

5x + 2x = 14

7x = 14

x = 2

 

Dalam memindahkan suku-suku untuk menyelesaikan persamaan, letakkan semua suku-suku huruf ke sisi kiri dan semua suku-suku bilangan ke sisi kanan.

 

Contoh 3:

Selesaikan 8x – 3 = 5 + 6x.

 

Contoh 4:

Selesaikanlah 5x – 2(x – 3) = 3.

 

Jawab :

Hapus tanda kurung dengan menerapkan sifat distributif.


 

Persamaan dengan Desimal dan Pecahan

Contoh 1:

Selesaikanlah 2,3x = 0,5x + 9.

 

Jawab :

 

Ketika persamaan memuat pecahan, maka dapat juga diselesaikan dengan mengalikan kedua sisi dengan faktor pengali bersama dari penyebut[1]penyebutnya. Tujuannya adalah mengubahnya menjadi kalimat matematika tanpa pecahan.

 

Contoh 2:

 

Jawab :

Ubahlah koefisiennya menjadi bilangan bulat dengan mengalikan kedua sisi dengan 6.


 

2. Penerapan Persamaan Linear

Menggunakan Persamaan Linear

Diketahui harga 2 pulpen dan 3 buku catatan adalah 7.100 rupiah. Harga setiap pulpen adalah 1.300 rupiah. Berapa harga 1 buku catatan?

 

Kita dapat menyelesaikan soal di atas dengan menggunakan persamaan.

1)      Cari hubungan antara besaran-besaran dalam soal dan nyatakan menggunakan diagram, gambar, atau tabel serta persamaan dengan kata-kata.


Berdasarkan gambar di atas kita peroleh, harga 2 pulpen ditambah harga 3 buku catatan sama dengan 7.100 rupiah


2)      Perlu diperjelas besaran yang diketahui dan yang tidak diketahui. Gunakan huruf untuk menyatakan besaran yang tidak diketahui.

Besaran yang diketahui: 1.300 rupiah untuk 1 pulpen, 2 pulpen seharga 2.600 rupiah.

Besaran yang tidak diketahui: harga satu buku catatan.

Jika harga satu buku catatan adalah x rupiah, maka diperoleh 2 × 1.300 + 3x = 7.100


3)      Selesaikan persamaan.

Menyelesaikan persamaan di atas diperoleh x = 1.500.


4)      Periksa kembali penyelesaian persamaan yang merupakan penyelesaian dari soal yang diberikan.

Jika harga satu buku catatan adalah 1.500 rupiah, maka 2.600 + 3 × 1.500 = 7.100, maka penyelesaian x = 1.500 (menjawab soal yang diberikan).

Jadi, harga satu buku catatan adalah 1.500 rupiah.

 

Contoh:

Kelas VII pergi untuk memanen buah kacang kastanye. Hasil panen dibagi pada siswa. Ketika setiap siswa mengambil 9 butir, kelas VII kekurangan 3 butir. Jika setiap orang mengambil 8 butir, maka tersisa 4 butir. Hitunglah banyaknya siswa dan banyaknya kastanye yang dipanen.

 

Jawab:

Terdapat dua cara menyatakan banyaknya kastanye yang dikumpulkan.


a.       Jika setiap orang mengambil 9 butir, kelas VII kekurangan 3 butir. Jadi, banyaknya kastanye adalah [9 × (banyaknya siswa) -3].

b.       Jika setiap siswa mengambil 8 butir, maka tersisa 4 butir. Jadi, banyaknya kastanye adalah [8 × (banyaknya siswa) + 4].

 

Kita dapat membuat persamaan dan menyelesaikannya menggunakan hubungan di atas.


 

Langkah-langkah penyelesaian soal menggunakan persamaan dirangkum di bawah ini.

1.     Tentukan hubungan antara besaran-besaran dalam soal. Nyatakanlah menggunakan diagram, tabel, dan persamaan dalam kata-kata.

2.     Tentukan mana besaran yang diketahui, yang tidak diketahui, dan tetapkan persamaan menggunakan huruf.

3.     Selesaikan persamaan.

4.     Periksa apakah penyelesaian persamaan menyelesaikan soal sebenarnya.

 

Menyelesaikan Soal Perbandingan

Contoh:

Hitunglah nilai x pada perbandingan x : 3 = 4 : 5.

 

Jawab:

Tentukan nilai x dengan menggunakan fakta bahwa nilai-nilai rasio kedua sisi adalah sama.

 

Secara umum, perbandingan mempunyai sifat berikut ini.

 

Jika a : b = c : d, maka ad = bc

 

Penerapan Perbandingan

Contoh:

Kopi susu dibuat dengan mencampur 160 ml susu dengan 120 ml kopi. Berapa ml susu harus ditambahkan pada 180 ml kopi untuk membuat kopi susu dengan komposisi yang sama?

 

Jawab:

Kopi susu yang akan dibuat harus memiliki komposisi susu dan kopi yang sama dengan yang telah dibuat sebelumnya. Nyatakanlah hubungan antara kopi susu yang sudah dibuat dengan kopi susu yang akan dibuat sebagai perbandingan

 

Demikianlah hasil ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 7 SMP Bab 3 “Persamaan Linear” pada pembelajaran kurikulum merdeka yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semua materi tersebut telah disusun secara rapi sesuai dengan alur pembelajaran yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran matematika di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Demikianlah informasi mengenai rangkuman materi matematika kelas 7 SMP Bab 3 tentang Persamaan Linear. Semoga rangkuman materi ini dapat membantu siswa dan guru dalam memudahkan proses pembelajaran matematika di kelas 7 khususnya pada bab 3 semester 1 kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel