Rangkuman Matematika Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Bab 8 Semester 2 Kurikulum merdeka.

Salam pendidikan, salam sejahtera buat kita semua. Bagaimana kabar anda hari ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Sahabat pendidikan yang berbahagia, sesuai judul postingan kali ini maka pada kesempatan ini admin akan mengulas dan sekaligus memberikan rangkuman/ringkasan materi pelajaran yakni untuk mata pelajaran matematika.

 


Seperti kita ketahui Bersama bahwa mata pelajaran matematika sering sekali menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagaian siswa karena materi yang akan di pelajari terasa sangat sulit karena membutuhkan pemahaman yang mendalam dan juga harus di barengi dengan kecerdasan dalam melakukan perhitungan.

 

Namun salah satu alternative untuk memudahkan bagi siswa dalam belajar maka dapat melakukan pembelajaran dengan cara membuat ringkasan atau rangkuman terhadap materi yang akan di pelajari. Rangkuman materi merupakan kumpulan materi yang penting dan hanya memuat isi materi inti saja sehingga dalam penggunaannya dalam belajar akan sangat mudah dipahami serta dapat menghemat waktu dalam belajar.

 

Melalui kesempatan ini admin akan mencoba untuk berbagi informasi seputar rangkuman materi pelajaran matematika kelas 10 Bab 8 yaitu materi tentang Peluang.

Sebagai informasi bahwa seluruh materi hasil ringkasan pada mata pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Bab 8 semester 2 kurikulum merdeka ini semuanya bersumber dari buku teks pelajaran matematika kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang di sekolahya telah menerapkan kurikulum merdeka dan akan belajar matematika kelas 10 SMA maka bisa menggunakan website ini sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu anda dalam belajar matematika.

 

Adapun pengalaman belajar yang di harapkan pada pembelajaran matematika di kelas 10 Bab 8 Materi Peluang semester 2 kurikulum merdeka ini yaitu sebagai berikut :

Setelah mempelajari bab ini, kalian diharapkan dapat:

1.       Menentukan ruang sampel sebuah kejadian;

2.       Membuat distribusi peluang kejadian;

3.       Membedakan antara kejadian saling lepas dan kejadian tidak saling lepas;

4.       Menggunakan aturan penjumlahan untuk menentukan peluang dua kejadian saling lepas; dan

5.       Memodiikasi aturan penjumlahan untuk menentukan peluang dua kejadian tidak saling lepas.

 

Untuk lebih jelas mengenai materi matematika kelas 10 Bab 8 materi tentang Peluang Berikut ini sajian ringkasan/rangkuman materi matematika kelas 10 Bab 8 yang akan di pelajari disemester 2 kurikulum merdeka.

 

BAB 8 PELUANG

 

Peluang adalah suatu ukuran tentang kemungkinan suatu kejadian (event) yang akan terjadi (atau tidak terjadi) di masa mendatang. Dalam bab ini, kalian akan mempelajari mengenai ruang sampel dan distribusi peluang, dan menggunakan aturan penjumlahan untuk menemukan peluang bahwa peristiwa A terjadi atau peristiwa B terjadi.

 

A. Distribusi Peluang

Sebuah ruang sampel merupakan himpunan semua kemungkinan hasil. Untuk dadu yang adil, semua 36 hasil pada ruang sampel sama kemungkinannya untuk terjadi. Sama kemungkinan artinya setiap hasil memiliki peluang yang sama untuk terjadi. Ketika hasil sama kemungkinannya, peluang sebuah kejadian ditentukan oleh :


CONTOH :




B. Aturan Penjumlahan

Ada siswa yang menggunakan hanya satu moda transportasi ke sekolah, sedangkan ada yang menggunakan beberapa moda transportasi.


Dalam matematika, kata “atau” berarti “salah satu atau kedua-duanya”. Maka, kejadian bahwa seorang siswa menggunakan sepeda atau menggunakan motor ke sekolah termasuk semua hasil berikut:  

v  Siswa tersebut dapat menggunakan sepeda, tetapi tidak dapat menggunakan motor ke sekolah.

v  Siswa tersebut dapat menggunakan motor, tetapi tidak dapat menggunakan sepeda ke sekolah.

v  Siswa tersebut dapat menggunakan baik sepeda maupun motor ke sekolah.

 

Dua kejadian dikatakan saling lepas (atau disjoint) jika tidak mungkin bagi keduanya untuk terjadi pada hasil yang sama.

 

1. Dua Kejadian A dan B Saling Lepas


Secara simbolis kalian dapat menuliskan aturan untuk menghitung peluang bahwa A terjadi atau B terjadi dengan P(A U B ) = P (A atau B). Peraturan ini disebut aturan penjumlahan untuk kejadian saling lepas.

 

2. Dua Kejadian A dan B Tidak Saling Lepas

Perhatikan luas daerah peluang kejadian A dan luas daerah peluang kejadian B pada diagram Venn dan bandingkan dengan luas daerah peluang A atau B.

 

Secara simbolis kalian dapat menuliskan aturan untuk menghitung P ( A U B ) untuk dua kejadian tidak saling lepas dengan P (AUB) = P(A) + P(B) – P (Ab) . Aturan ini disebut aturan penjumlahan.

 

Demikianlah sajian materi pelajaran materi pelajaran  matematika untuk kelas 10 SMA/SMK semester 2 kurikulum merdeka yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini. Bagi anda yang ingin mempelajari materi matematika kelas 10 Bab 8 yaitu materi Peluang maka kiranya dapat terbantu dengan ringkasan/rangkuman materi yang telah admin sediakan ini.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel