Bahan Paparan Diseminasi Hasil Evaluasi dan Refleksi Untuk Akreditasi

Kherysuryawan.id – Bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan Refleksi untuk akreditasi sekolah/madrasah.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Sebagai seorang pendidik ada begitu banyak tugas dan tanggung jawab yang di emban di sekolah.

 


Salah satu tugas guru yang cukup melelahkan ialah ketika sekolahnya akan melakukan akreditasi. Perlu di ketahui bahwa akreditasi merupakan penilaian yang akan di lakukan bagi sekolah yang ingin mendapatkan pengakuan atau predikat kelayakan. Akreditasi menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting bagi sekolah khususnya sekolah yang ingin berkembang dan ingin mendapatkan pengakuan secara formal.

 

Nantinya bagi sekolah/madrasah yang telah melewati masa-masa akreditasi maka akan mendapatkan sertifikat pengakuan sebagai sekolah yang telah terakreditasi apabila hasil akreditasinya sesuai dengan apa yang diharapkan. Tentunya semua sekolah yang akan di akreditasi menginginkan agar bisa mendapatkan nilai atau predikat yang baik.

 

Salah satu bahan atau dokumen akreditasi sekolah/madrasah yang harus di siapkan ialah dokumen bahan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi diri guru oleh teman sejawat. Perlu di ketahui bahwa guru perlu untuk melakukan evaluasi dan refleksi guna mengetahui kekurangan yang perlu untuk di perbaiki agar bisa menjadi guru yang lebih baik lagi. Selain itu evaluasi dan refleksi sangat membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran bagi murid di sekolah.

 

Evaluasi guru biasanya akan di lakukan dalam bentuk supervisi. Adapun yang akan melakukan supervisi biasanya adalah kepala sekolah. Namun perlu di ketahui bahwa selain kepala sekolah guru juga sangat perlu untuk mensupervisi rekan sejawatnya dengan tujuan agar bisa memberikan nilai dan umpan balik atas apa yang telah di lihat dan diamati selama melakukan kegiatan supervisi di kelas.

 

Ada begitu banyak instrument yang harus di siapkan oleh guru yang akan melakukan supervise evaluasi diri diantaranya yaitu instrument observasi maupun instrument umpan balik. Nah setelah guru melakukan evaluasi dan refleksi maka tahapan selanjutnya ialah melakukan diseminasi atas hasil evaluasi dan refleksi diri yang telah di lakukan.

 

Dalam melakukan diseminasi terhadap hasil evaluasi dan ferleksi guru maka guru harus dapat menyiapkan bahan paparan diseminasinya. Adapun bahan paparan yang akan disampaikan tentunya merujuk dari beberapa instrument yang telah di isi oleh supervisor maupun oleh guru yang telah di supervisi serta dari instrument umpan balik peserta didik maupun dari rekan sejawat.

 

Bagi sekolah/madrasah yang akan di akreditasi maka harus melakukan upload dokumen sekolah di aplikasi sispena. Salah satu dokumen yang di perlukan untuk di upload yakni berhubungan dengan dokumen kegiatan diseminasi evaluasi dan refleksi diri guru oleh teman sejawat.

 

Dalam kegiatan akreditasi khususnya pada Butir 20 ada beberapa dokumen yang harus di siapkan oleh pihak sekolah/madrasah diantaranya yaitu bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi. Nah, jika sekolah anda akan di akreditasi dan belum memiliki file bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi maka tenang saja sebab di artikel ini admin kherysuryawan akan membagikannya kepada anda yang membutuhkan.

 

Sebagai infomasi bahwa file bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi untuk akreditasi yang akan admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini telah admin siapkan formatnya dalam 2 bentuk yakni dalam bentuk Powerpoint (PPT) maupun dalam bentuk PDF. Jadi anda yang ingin memiliki filenya maka bisa mengunduhnya secara gratis pada blog kherysuryawan.di ini.

 

Baiklah untuk anda yang ingin memiliki file bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi untuk akreditasi sekolah/madrasah, maka silahkan dapatkan filenya yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

 

  • Bahan Paparan Kegiatan Diseminasi Hasil Evaluasi dan Refleksi Format PPT (DISINI
  • Bahan Paparan Kegiatan Diseminasi Hasil Evaluasi dan Refleksi Format PDF (DISINI)


Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan kali ini mengenai bahan paparan kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi untuk kegiatan akreditasi sekolah/madrasah. Semoga informasi dan file yang telah admin bagikan ini dapat membantu aktivitas para guru yang sibuk dalam menyiapkan dokumen persiapan untuk akreditasi sekolah/madrasah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel