Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Guru Penggerak

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban Tes Akhir Paket Modul 1 Guru Penggerak.

Halo sahabat pendidikan yang berbahagia, senang rasanya bisa berjumpa di website pendidikan ini. Oh ya, di kesepatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu kegiatan yang sangat penting bagi seorang calon guru penggerak.

 


Kita ketahui bahwa calon guru penggerak merupakan kader-kader guru hebat yang nantinya di harapkan dapat menjadi pemimpin penbelajaran serta dapat menggerakkan komunitas belajar yang ada di sekolahnya masing-masing atau di daerahnya masing-masing.

 

Menjadi guru penggerak tidaklah mudah sebab terlebih dahulu harus mendaftarkan diri serta mengisi pertanyaan yang di ajukan pada seleksi tahap 1. Apabila telah dinyatakan lulus di tahap 1 maka selanjutnya harus kembali berjuang mengikuti seleksi ditahap 2 yakni simulasi mengajar dan tes wawancara. Setelah dinyatakan lulus di tahap 2 barulah calon guru penggerak dapat melanjutkan pendidikannya sesuai dengan jangka waktu yang telah di teteapkan.

 

Pembelajaran awal yang harus di termpuh dan di pelajari oleh calon guru penggerak ialah pembelajaran modul 1. Nantinya akan ada beberapa modul yang di pelajari sampai pada akhirnya calon guru penggerak bisa dinyatakan lulus sebagai guru penggerak apabila telah menyelesaiakan semua modul yang akan di pelajari.

 

Berbicara mengenai modul awal pada pendidikan calon guru penggerak maka nantinya apabila calon guru penggerak (CGP) telah menyelesaikan pembelajaran pada modul 1 maka kegiatan akhir yang harus di laksanakan yaitu mengikuti dan mengerjakan tes akhir modul 1 guru penggerak atau yang lebih di kenal dengan sebutan Post test.

 

Bagi anda yang akan menghadapi post test modul 1 pendidikan guru penggerak maka anda harus banyak belajar dan berlatih materi pelajaran yang telah di pelajari pada modul 1. Nah apabil anda ingin memiliki referensi kumpulan soal post test modul 1 guru penggerak, maka melalui postingan ini admin akan mencoba untuk membagikannya sebagai bahan belajar bagi calon guru penggerak yang membutuhaknnya.

 

Perlu di ketahui bahwa di artikel ini admin akan menyiapkan kumpulan soal tes akhir paket modul 1 guru penggerak yang mana di setiap soalnya telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Tujuannya ialah untuk memudahkan bagi para guru calon guru penggerak dalam menggunakannya sebagai bahan latihan dimodul 1.

 

Meskipun setiap soal yang ada pada post test modul 1 guru penggerak yang akan admin bagikan ini telah disiapkan dengan kunci jawabannya namun di mohon agar siapapun yang mempelajarinya agar dapat kembali menganalisis setiap soal yang ada sehingga jika ada kunci jawaban yang kurang tepat maka bisa melakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

 

Admin sengaja membagikan soal dan kunci jawaban post test modul 1 guru penggerak ini sebagai bahan referensi bagi para guru penggerak yang akan melakukan tes akhir di paket modul 1 guru penggerak. Kiranya artikel ini bisa membantu para guru dalam melakukan pembelajaran sehingga nantinya bisa menjawab semua pertanyaan yang ada pada tes akhir modul 1 guru penggerak dengan baik dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai keinginan.

 

Baiklah berikut ini admin sajikan kumpulan soal dan jawaban post test modul 1 guru penggerak atau soal dan jawaban tes akhir modul 1 guru penggerak :

 

soal 1

Ki Hadjar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti dapat dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, seperti permainan gobak sodor yang dapat melatih

a. olah pikir

b. olah tenaga

c. olah raga

d. olah rasa

e. olah semangat

jawaban: C

 

soal 2

Ki Hadjar Dewantara memandang kecerdasan budi pekerti dasar pembentukan jiwa manusia. Dari pernyataan berikut, manakah yang bukan gagasan Ki Hadjar Dewantara mengenai budi pekerti?

a. Anak yang mempunyai kecerdasan budi pekerti akan senantiasa memikirkan dan mempertimbangkan dasar-dasar yang pasti dalam membuat keputusan.

b. Budi pekerti membantu menuntun anak menjadi manusia yang selamat dan bahagia dalam setiap laku agar tumbuh kekuatan kodratnya.

c. Budi pekerti diajarkan secara terus menerus kepada anak hingga ia mandiri

d. Kemerdekaan anak adalah kebebasan budi pekerti

e. Budi pekerti adalah perpaduan harmonis antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak.

jawaban: D

 

soal 3

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, beberapa bupati mendirikan 'sekolah-sekolah kabupaten' yang kemudian disebut sebagai 'Sekolah-sekolah Bumiputera'. Selanjutnya, pemerintahan Hindia Belanda memberikan kesempatan bagi orang Bumiputera untuk bersekolah lanjut.

1. mendidik orang bumiputera menjadi pegawai-pegawai di perusahaan pemerintahan Hindia Belanda.

2. menjalankan kebijakan pemerintahan Hindia Belanda untuk meningkatkan kesejahteraan hidup anak-anak.

3. mendidik orang Bumiputera agar dapat mempersiapkan kemerdekaan dan masa depan Indonesia.

4. mempersiapkan orang bumiputera untuk membantu di perusahaan milik pemerintahan Hindia Belanda

Dari pernyataan berikut, manakah yang menjadi tujuan pemerintahan Hindia Belanda ketika memberikan kesempatan bagi orang Bumiputera untuk bersekolah lanjut?

a. 1 dan 4

b. 2 dan 4

c. 1 dan 3

d. 1 dan 2

e. 2 dan 3

jawaban: A

 

soal 4

Ki Hadjar Dewantara menyampaikan bahwa tujuan pendidikan adalah "menuntun segala kekuatan kodrat" yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Bila dikaitkan dengan Pendidikan Abad 21, manakah yang bukan arti dari frase "menuntun segala kekuatan kodrat?"

a. Kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran bermakna

b. Keteladanan guru yang inspiratif dalam pembelajaran

c. Kecakapan guru dalam menjalankan peran utamanya sebagai pendidik

d. Kolaborasi guru dan siswa dalam menginisiasi/menciptakan kasmaran belajar dalam diri siswa

e. Komunikasi harmonis yang reflektif antara guru dan siswa

jawaban: C

 

soal 5

Dalam pendidikan di sekolah, karakter murid ditumbuhkan melalui

a. program pembiasaan, keteladanan orang dewasa, dan latar belakang keluarga

b. bantuan dana BOS, keteladanan orang dewasa, aturan sekolah yang konsisten

c. keteladanan orang dewasa, aturan dan sistem sekolah yang konsisten

d. Sistem, aturan sekolah, dan asupan gizi yang konsisten

e. latar belakang keluarga, tingkat intelegensi murid, dan disiplin guru

jawaban: C

 

soal 6

Perhatikan UU 20/2003 tentang Sisdiknas, bab 1 nomor 1 berikut:

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pada pernyataan di atas, sinyal perumpamaan bahwa guru adalah petani atau tukang kebun terwakili dalam penggalan kalimat:

a. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana ...

b. ... serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

c. ... untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia ...

d. ... agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya ...

e. ... untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran ...

jawaban: E

 

soal 7

Di balik kecanggihan otak manusia, ternyata ada bagian-bagian yang masih menyerupai otak reptil, otak mamalia, dan otak primata. Tiap bagian otak tersebut memiliki peran tersendiri. Pilihlah peran yang terkait dengan otak mamalia (sistem limbik) dalam bagian otak manusia di bawah ini!

a. Terkait dengan emosi dan perasaan

b. Terkait dengan kelangsungan hidup

c. Terkait dengan kesehatan fisik dan psikis

d. Terkait dengan pengambilan keputusan dan pertimbangan moral

e. Terkait dengan gerakan kompleks dan rekayasa penggunaan alat

jawaban: A

 

soal 8

Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Kepala Sekolah Dasar di salah satu kabupaten dalam provinsi Anda. Anda sangat antusias dengan kesempatan ini. Lewat penyelidikan mandiri, Anda tahu bahwa Anda akan menghadapi beberapa tantangan di sekolah tersebut. Salah satu yang terlihat langsung adalah soal sampah. Sampah di sekolah ini berceceran di mana-mana meskipun tong sampah telah tersedia dan menurut Anda jumlahnya sudah mencukupi serta lokasi penempatannya pun sudah cukup strategis. Anda kemudian membuat rencana untuk membantu sekolah menyelesaikan tantangan ini. Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang menjadi tindakan pertama dalam rencana Anda?

a. mengumpulkan data otentik yang menunjukkan sampah ini adalah masalah

b. membuat poster-poster jaga kebersihan dan larangan membuang sampah sembarangan

c. membuat peraturan dan kebijakan berkaitan dengan persoalan sampah

d. meminta pendapat guru-guru untuk menemukan jalan keluar permasalahan sampah

e. mengajak murid-murid memunguti sampah-sampah bersama Anda

jawaban: E

 

Soal 9

Anda adalah guru penggerak di salah satu SMP di sebuah kabupaten. Anda berniat membantu sekolah Anda meningkatkan pencapaian murid dalam jangka panjang. Anda menyusun rencana dalam sebuah urutan langkah perubahan. Anda mengetahui bahwa pencapaian murid tidak begitu saja meningkat dengan program pengayaan, les tambahan atau latihan soal semata. Anda kemudian berencana untuk menerapkan "inkuiri apresiatif" yang menyeluruh untuk mengetahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya murid merdeka. Berdasarkan kasus tersebut, pilihlah SATU pernyataan di bawah ini yang menurut Anda dapat menjelaskan makna dari frasa "inkuiri apresiatif"!

a. Sebuah alat bantu untuk menggerakkan perubahan dalam mengapresiasi sekolah.

b. Sebuah paradigma dan pendekatan manajemen perubahan sekolah berbasis kekuatan

c. Sebuah paradigma yang mengapresiasi perubahan di sekolah

d. Sebuah pendekatan pembelajaran inkuiri yang mengapresiasi murid

e. Sebuah alat untuk mengetahui kekuatan sekolah yang mengapresiasi komunitas

jawaban: B

 

Soal 10 

Anda adalah guru yang baru saja dimutasi ke sebuah SD kecil di kabupaten lain. Sekolah baru Anda ini bersih dan asri karena tanaman dan tumbuhan yang cukup banyak dan rindang. Anda tertarik untuk menanyakan rahasianya ke Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan waktu berbincang bersama Kepala Sekolah, Anda mengetahui bahwa Kepala Sekolah datang setiap pagi, sebelum guru-guru dan murid-murid tiba, untuk menyapu rontokan dedaunan di seluruh halaman dan koridor sekolah. Beliau ingin semua guru dapat meneladani kebiasaan ini. Suatu saat pernah Beliau datang terlambat ke sekolah dan melihat di halaman dan koridor masih berserakan dengan dedaunan yang rontok. Beliau merasa frustasi. Berdasarkan kasus di atas, pilihlah SATU pertanyaan reflektif yang paling cocok untuk Anda berikan kepada Kepala Sekolah, terkait kebiasaannya menyapu rontokan dedaunan setiap pagi sehingga dapat membuka cakrawala beliau dalam menyelesaikan tantangan untuk menjaga kebersihan di sekolah.

a. Mengapa banyak dedaunan yang rontok di halaman sekolah Ibu/Bapak ya?

b. Program apa yang dapat disiapkan untuk membantu guru dan murid meneladani Ibu/Bapak setiap pagi ya?

c. Apa yang membuat Ibu/Bapak tergerak untuk datang paling pagi setiap pagi?

d. Berapa banyak guru dan/atau murid yang melihat Ibu/Bapak menyapu rontokan dedaunan setiap pagi?

e. Menurut Ibu/Bapak, apa yang membuat guru dan murid tidak meneladani Anda menyapu rerontokan dedaunan?

jawaban: B

 

Soal 11 

Pendekatan inkuiri apresiatif (IA) percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dengan demikian, dalam implementasinya, IA dimulai dengan ...

a. melihat dan mengungkap hal yang selama ini berjalan dan terlaksana

b. menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi

c. membukakan kemungkinan perbaikan dan memberikan penghargaan pada tiap individu

d. mengupayakan agar kelemahan suatu sistem dalam organisasi menjadi tidak relevan

e. membebaskan potensi inovatif dan kreativitas, serta menyatukan orang-orang.

jawaban: B

 

Soal 12 

Umpan balik adalah salah satu hal yang paling kuat pengaruhnya dalam pencapaian dan pembelajaran. Dari pernyataan-pernyataan berikut ini, yang termasuk salah satu indikator umpan balik yang efektif adalah

a. Mengungkap faktor personal, menguatkan regulasi diri, membantu proses penyelesaian tugas, meningkatkan kualitas pencapaian

b. Memberikan informasi tentang seberapa baik tugas telah dilakukan dan seberapa efektif tugas telah dikerjakan

c. Meningkatkan upaya dan penggunaan strategi yang efektif, mengubahsuaikan target pencapaian, memberikan pendampingan hingga tujuan tercapai

d. Mengaitkan dengan pencapaian tujuan dan kualitas penyelesaian tugas, upaya dan proses penyelesaian tugas, serta target peningkatan diri selanjutnya

e. Menginstruksikan bagaimana penyelesaian tugas diberikan, dimonitor dan dikelola dengan strategi/pendekatan tertentu

jawaban: C

 

Soal 13 

Dika kurang menguasai pelajaran Matematika, namun perlu menaikkan angka Matematikanya agar dapat mencapai nilai KKM. Oleh karena khawatir nilainya kurang baik dan ditegur oleh Ibu Ati, guru Matematika dan ibundanya, Hari mengambil keputusan untuk menyontek dan menyiapkan contekan yang diperlukan.

Namun contekannya diketahui oleh Ibu Ati, dan Hari pun dikenakan sanksi, dan dimarahi ibundanya. Pada saat itu pun Hari mencoba memperbaiki diri, dan berupaya mencari jalan lain agar dapat menaikkan nilai Matematikanya. Ia pun menyesali perbuatannya, dan berjanji akan lebih berusaha belajar Matematika, dan proaktif bertanya bila tidak paham. Hari pun menyadari bahwa ia ingin menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap pembelajarannya dan hanya ia sendiri yang dapat menentukan kesuksesannya.

Kasus Hari menunjukkan pemahaman seperti apa dalam teori kontrol, dan motivasi perilaku mana yang dijalankan oleh Hari?

a. Memahami bahwa setiap perilaku ada tujuannya; motivasi 1 dan 3 (menghindari ketidaknyaman kemudian menjadi orang yang bertanggung jawab.)

b. Memahami bahwa setiap perilaku ada tujuannya; motivasi 1 dan 2 (menghindari ketidaknyamanan menjadi ingin mendapat penghargaan).

c. Berusaha agar orang lain berpandangan sama seperti kita; motivasi 1 dan 2 (menghindari ketidaknyamanan menjadi mendapatkan imbalan)

d. Bahwa kita bisa mengontrol orang lain; motivasi 1 dan 3 (menghindari ketidaknyamanan kemudian menjadi orang yang bertanggung jawab.)

e. Perilaku buruk adalah suatu kesalahan; motivasi 2 dan 3 (mendapatkan imbalan menjadi orang yang bertanggung jawab).

jawaban: A

 

Soal 14 

Dari beberapa isi kesepakatan kelas berikut, manakah yang paling menggambarkan keyakinan kelas yang berpihak pada murid?

a.  1. Senantiasa menjadi diri terbaik.

2. Selalu datang tepat waktu

3. Berkomitmen terhadap aturan dan sanksi yang telah ditetapkan.

4. Senantiasa membantu.

b.  1. Senantiasa menjadi diri terbaik.

2. Selalu menjadi murid yang hebat

3. Berkomitmen terhadap setiap tugas.

4. Senantiasa mematuhi guru

c.  1. Senantiasa menjadi diri terbaik.

2. Percaya dan menghormati orang lain serta barang miliknya.

3. Berkomitmen terhadap setiap tugas.

4. Senantiasa membantu.

d.  1. Senantiasa menjadi diri terbaik.

2. stiker diberikan untuk murid hebat

3. Berkomitmen terhadap aturan dan sanksi yang telah ditetapkan

4. Senantiasa membantu.

jawaban: C

 

Soal 15 

Hendra, seorang anak kelas 2, berulangkali membuat temannya, Lina, menangis. Ketika ditanya gurunya, Ia memberikan dua alasan, “Saya seneng banget liat Lina nangis, abis lucu kalo nangis. Trus aku bosen di kelas.”

Menurut Anda, secara berurutan, kebutuhan-kebutuhan apa yang berusaha dipenuhi oleh Hendra jika jawabannya demikian?

a. Penguasaan dan kesenangan

b. Kebebasan dan kasih sayang

c. Cinta dan kasih sayang dan penguasaan

d. Bertahan hidup dan kesenangan

e. Kesenangan dan kebebasan

jawaban: E

 

Soal 16 

Di pertengahan rapat OSIS yang membahas suatu kegiatan, Santi dengan emosi berteriak-teriak kepada Lia pengurus OSIS lainnya. Teman-teman yang lain sudah mengingatkannya, tetapi malah makin menjadi-jadi. Santi bahkan mengeluarkan kata-kata makian kepada Lia, sehingga Lia marah dan meninggalkan rapat. Hal ini kemudian disampaikan teman lainnya kepada Pak Iwan sebagai Pembina OSIS. Pak Iwan kemudian memanggil Santi dan Lia.

Bila Pak Iwan dengan nada lembut mengatakan kalimat di bawah ini, posisi kontrol mana yang ia lakukan?

“Santi, aduh kamu lagi, kamu lagi, kenapa sih kamu kok nggak bisa mengontrol emosi kamu. Seminggu yang lalu kan kita sudah pernah bicara tentang ini. Bapak tidak tahu bagaimana caranya berbicara padamu agar kamu berubah. “

Berikutnya, bila Pak Iwan mengatakan kalimat ini dengan nada netral, tahap segitiga restitusi mana yang ia lakukan?

Santi, kamu pasti punya alasan ketika melakukan hal itu, sekarang Bapak mau dengar apa yang membuat kamu melakukan itu.

a. Manajer, validasi tindakan yang salah

b. Pembuat rasa bersalah, validasi tindakan yang salah

c. Pemantau, menanyakan keyakinan

d. Manajer, menanyakan keyakinan

e. Pembuat rasa bersalah, menstabilkan identitas

jawaban: B

 

Soal 17 - 20

Pilihlah Istilah yang tepat untuk definisi Berikut :

Soal 17

Menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Jawaban : Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara

Soal 18

Membekali murid dengan keterampilan sosial dan mendukung pertumbuhan karakter yang baik seperti rasa hormat, kepedulian terhadap orang lain, tanggung jawab kontribusi dan kerja sama.

Jawaban : Penerapan disiplin positif

 

Soal 19

Model manajemen perubahan berbasis kekuatan yang berpegang pada paradigma inkuiri apresiatif dan konsep pendidikan positif

Jawaban : BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi)

 

Soal 20

Hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga

Jawaban : Budi pekerti

 

Demikianlah beberapa soal kumpulan tes akhir modul 1 guru penggerak yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat menjadi referensi pembelajaran yang bermanfaat khususnya bagi calon guru penggerak yang baru saja menyelesaikan pembelajarannya pada modul 1.

Sekian dan selamat belajar, semoga sukses !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel