Soal & Jawaban Post Test Modul 1 Memahami Murid Topik 6

Kherysuryawan.id – Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar kegiatan yang akan di laksanakan dalam aktivitas pelatihan mandiri IKM yang nantinya akan di kerjakan oleh bapak/ibu guru saat mengikuti pelatihan mandiri.

 


Untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman bapak/ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kurikulum merdeka nantinya maka salah satu alternatif yang dapat dilakukan ialah dengan mengikuti berbagai kegiatan yang telah di siapkan oleh pihak kemendikbud salah satunya ialah dengan melakukan pelatihan mandiri yang dapat diikuti oleh semua guru melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

Di dalam aplikasi PMM terdapat berbagai jenis palatihan mandiri yang dapat diikuti oleh bapak/ibu guru khususnya untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran versi kurikulum  merdeka. Semakin sering para guru melaksanakan dan mengikuti pelatihan maka pastinya akan berdampak pada penguasaan teknik pembelajaran serta menambah pengetahuan tentang pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Dalam mengikuti pelatihan mandiri maka nantinya bapak/ibu guru akan mempelajari materi yang telah disiapkan sesuai jenis pelatihan mandiri yang dipilih/diikuti. Selain mempelajari materi tahapan selanjutnya yang harus di ikuti oleh peserta pelatihan mandiri yaitu mengikuti latihan pemahaman dan cerita reflektif dan pada sesi akhir peserta wajib menjawab soal-soal yang telah disiapkan dalam bentuk post test.

 

Post test dilakukan di akhir pembelajaran pada setiap kegiatan pelatihan mandiri. Tujuannya dilaksanakan post test yakni untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta yang dalam hal ini bapak/ibu guru yang mengikuti kegiatan pelatihan mandiri dalam mempelajari seluruh materi yang telah disiapkan. Apabila bapak/ibu guru bisa menjawab seluruh soal-soal post test dengan benar maka itu artinya bapak/ibu guru telah mampu menguasai materi dengan baik dan dianggap telah lulus dalam pelatihan mandiri tersebut.

 

Berbicara mengenai post test pelatihan mandiri, maka pada kesempatan ini admin kherysuryawan ingin berbagi kunci jawaban post test  Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid. Tujuan admin membagikan kunci jawaban post test Modul 1 Memahami Murid ini yaitu agar bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri di modul ini.

 

Baiklah untuk bapak/ibu guru yang ingin melihat kunci jawaban post test  Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid, maka di bawah ini soal dank unci jawabannya yang akan disajikan secara lengkap.

 

Soal & Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul Modul 1

 

1. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar seorang murid, kecuali:

Jawab : Bakat murid

 

2. Berdiskusi dengan sesama guru merupakan salah satu cara untuk menggali informasi mengenai kebutuhan murid.

Jawab : Benar.

 

3. Dalam video, tampak Pak Arif mengalami kendala saat mengajar sehingga nilai kuis murid-muridnya tidak memberikan hasil yang baik. Setelah mengobrol dengan rekannya, ternyata kendala tersebut terjadi karena Pak Arif menggunakan bahasa Indonesia yang hanya dipahami segelintir murid. Rekan Pak Arif menyarankan ia untuk belajar menggunakan bahasa daerah yang lebih dikuasai murid-murid. Di sini, tampak penggunaan bahasa yang tepat memegang peranan penting dalam proses belajar murid. Dari kasus Pak Arif, apa saja dampak penggunaan bahasa yang tepat dalam proses pembelajaran?

1.       Peningkatan motivasi belajar di kelas dan nilai lembar kerja murid.

2.       Murid dapat menguasai bahasa asing dalam waktu singkat.

3.       Murid dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan menikmati pengalaman belajar di sekolah

4.       Meningkatkan kepercayaan diri murid untuk meniti karier di masa depan

5.       Murid semakin bangga terhadap bahasa daerahnya sendiri.

Jawaban yang tepat adalah:

Jawab : 1, 3, 4

 

4. Dalam video, Bu Guru Tini tampak mengajarkan membaca dengan cara menunjukkan kartu kata 'IBU', membacakan, lalu mengeja kata pada kartu. dari hasil latihan di kelas, Bu Tini menyimpulkan bahwa muridnya telah mengetahui huruf I dan B, tetapi belum mengetahui huruf U. Dalam mengidentifikasi kemampuan membaca awal murid, terdapat 6 indikator yang dapat digunakan, yaitu: mengenal bentuk dan melafalkan bunyi huruf, membaca suku kata, sikap membaca, pemahaman, jumlah kosakata, dan kemampuan menulis. Kita telah mengetahui bahwa ada 6 indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan membaca awal. Bagaimanakah sikap yang dapat ditunjukkan oleh Bu Guru Tini dalam menggunakan atau memanfaatkan aneka indikator ini?

Jawab : Fleksibel dan terbuka terhadap adanya kemungkinan faktor lain yang juga dapat dijadikan sebagai indikator.

 

5. Dari keempat contoh di bawah ini, manakah yang TIDAK termasuk ke dalam alternatif modifikasi yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran terdiferensiasi?

Jawab : Modifikasi produk akhir

 

6. Perhatikan kemampuan prasyarat berikut:

1.       Murid dapat menulis kalimat lengkap dengan struktur S-P-O-K

2.       Murid dapat membedakan fakta dengan opini

3.       Murid dapat membedakan kalimat utama dengan kalimat penjelas

4.       Murid dapat membaca cepat

5.       Murid dapat menyampaikan ide secara lisan

Saat akan menulis sebuah teks argumentasi, kemampuan yang menjadi prasyarat penguasaan materi adalah:

Jawab : 2 dan 3

 

7. Setelah melaksanakan asesmen kognitif untuk materi Algoritma, Guru Kelas menemukan ada murid yang belum berhasil mengerjakan soal-soal tersebut sama sekali. Apa yang dapat dilakukan Guru Kelas untuk menindaklanjuti hasil tersebut?

Jawab : Guru Kelas memberikan pembelajaran remedial untuk berpikir komputasional

 

8. Dalam contoh kasus pada video, ternyata strategi manajemen kelas yang dilakukan Bu Inah kurang berhasil. Selain tiga saran yang disampaikan narasumber dalam video tersebut, apa lagi perbaikan lain yang dapat dilakukan oleh Bu Inah?

Jawab : Memberikan instruksi awal yang lebih jelas kepada seluruh murid sebelum mereka masuk ke dalam kelompok-kelompok kecil.

 

9. Sebuah kelas menggunakan kegiatan belajar projek. Kelas yang biasanya berjalan daring, perlahan mulai beralih ke sistem kelas campuran. Strategi berikut dapat digunakan guru kelas untuk memastikan kegiatan belajar berjalan efektif:

1.       Menjadwalkan kelas tatap muka untuk sesi evaluasi projek.

2.       Menentukan capaian yang sama untuk seluruh murid di kelas.

3.       Membuat kelompok-kelompok kecil di kelas.

4.       Memberikan kesempatan kepada murid untuk memberikan umpan balik.

5.       Membuat presentasi menggunakan aplikasi agar tampak menarik.

Strategi yang tepat adalah...

Jawab : Nomor 1 dan 3.

 

Demikianlah informasi mengenai kunci jawaban post test  Pelatihan Mandiri Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid yang dapat admin kherysuryawan bagikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang sedang mengikuti pelatihan mandiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel