Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Tata Tertib Pengawas Ruang Ujian Sekolah Format Word Untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Tidak lama lagi pelaksanaan ujian sekolah akan di mulai di setiap sekolah mulai dari sekolah jenjang SMA/SMK, jenjang SMP dan jenjang SD. Adapun yang akan menjadi peserta dalam pelaksanaan ujian sekolah nantinya yaitu seluruh siswa yang berada di tingkat akhir.

 


Ujian sekolah menjadi salah satu penilaian yang sangat penting bagi siswa sebab nantinya nilai ujian sekolah menjadi salah satu nilai penentu dalam kelulusan peserta didik.

Saat ini ujian sekolah menjadi pengganti ujian nasional sehingga ujian sekolah dapat di katakana sebagai salah satu syarat untuk menentukan kelulusan siswa khususnya bagi siswa yang duduk di kelas 6 SD, kelas 9 SMP maupun yang ada di kelas 12 SMA/SMK. Olehnya itu seluruh siswa yang berada di kelas tingkar akhir wajib untuk mengikuti ujian sekolah.

 

Dalam pelaksanaan ujian sekolah nantinya siswa akan di awasi oleh seseorang/beberapa orang pengawas, tergantung dari usulan sekolah masing-masing. Pengawas ruang ujian sekolah sangat memiliki peran yang penting dalam kelancaran pelaksanaan ujian sekolah sehingga pihak penyelenggara ujian sekolah harus dapat membuat aturan atau tata tertib untuk pengawas ujian sekolah.

 

Mengapa tata tertib sangat penting untuk di buat oleh panitia ujian sekolah ?

Tentunya tata tertib dibuat dengan tujuan agar nantinya pelaksanaan ujian sekolah dapat terlaksana dengan baik dan lancar tanpa ada penghalang ataupun hambatan. Apabila tata tertib telah di buat maka siapapun yang terlibat di dalamnya harus bisa menaatinya sehingga nantinya pelaksanaan ujian sekolah bisa terlaksana sesuai harapan.

 

Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang tata tertib Pengawas ujian sekolah.

Dengan di buatnya tata tertib Pengawas ujian maka diharapkan akan membuat pelaksanaan ujian sekolah menjadi tenang, lancar dan berjalan dengan hikmat sehingga seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan ujian sekolah dapat melakukan aktivitasnya masing-masing dengan baik.

 

Adapun yang biasanya akan membuat tata tertib Pengawas ujian sekolah yaitu mereka yang di pilih sebagai panitia pelaksana ujian sekolah di sekolah masing-masing. Tata tertib Pengawas ujian sekolah dapat dibuat sesuai dengan kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya tata tertib yang akan dibuat akan sama dengan yang ada di sekolah lain. Intinya bahwa tata tertib Pengawas ujian sekolah yang telah dibuat akan mengatur tugas para pengawas sekolah dalam menjalankan tugasnya saat pelaksanaan ujian sekolah berlangsung.

 

Bagi anda yang saat ini di beri tugas atau mandat untuk bisa membuat tata tertib Pengawas ujian sekolah namun belum memiliki gambaran untuk bagaimana cara membuatnya, maka tenang saja sebab melalui postingan ini admin akan memberikan contoh model tata tertib untuk Pengawas ujian sekolah yang bisa dijadikan referensi bagi bapak/ibu guru di sekolah yang akan membuat tata tertib Pengawas ujian sekolah untuk di gunakan di sekolahnya masing-masing.

 

Admin kherysuryawan akan selalu berusaha untuk bisa membantu rekan-rekan pendidikan dalam memperoleh informasi ataupun berbuat sesuatu yang mugkin belum sempat untuk bisa di kerjakan atau di lakukan sehingga dengan tujuan berbagi ini maka admin berharap dapat meringankan tugas bapak/ibu guru khususnya yang bertugas sebagai panitia ujian sekolah di sekolahnya masing-masing.

 

Untuk lebih jelasnya maka berikut ini admin akan perlihatkan item-item yang ada dalam proses pembuatan tata tertib pengawas ujian sekolah.

 

Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah (US)

 

1.       Tiga puluh menit sebelum ujian dimulai Pengawas Ruang  telah hadir di lokasi sekolah/madrasah penyelenggara.

2.       Pengawas Ruang menerima penjelasan dan pengarahan dari Ketua Penyelenggara.

3.       Pengawas Ruang menerima bahan Ujian Sekolah (US) yang berupa amplop naskah soal,  amplop lembar jawaban, daftar hadir dan berita acara pelaksanaan.

4.       Pengawas Ruang masuk ke dalam ruang dua puluh (20) menit sebelum waktu pelaksanaan dan memeriksa kesiapan ruang ujian.

5.       Pengawas Ruang mempersilakan peserta untuk memasuki ruang dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan.

6.       Pengawas Ruang  memeriksa setiap peserta untuk tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang ujian kecuali alat tulis yang akan dipergunakan.

7.       Pengawas Ruang  membacakan Tata Tertib Ujian Sekolah (US).

8.       Pengawas Ruang meminta peserta ujian menandatangani daftar hadir Ujian Sekolah (US).

9.       Pengawas Ruang membagikan Lembar Jawaban Ujian Sekolah (LJUS) kepada peserta, dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta (nomor ujian, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan) sebelum waktu Ujian Sekolah (US) dimulai.

10.   Setelah seluruh peserta selesai mengisi identitas, Pengawas Ruang membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat, disaksikan oleh peserta ujian.

11.   Pengawas Ruang membagikan naskah soal, dengan cara meletakkan di atas meja peserta dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta tidak diperkenankan menyentuhnya sampai tanda waktu Ujian dimulai.

12.   Pengawas Ruang mengecek kelengkapan soal Ujian Sekolah (US).

13.   Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, Pengawas Ruang mempersilahkan peserta untuk mulai mengerjakan soal dan mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal.

14.   Kelebihan naskah soal US selama ujian berlangsung tetap disimpan di ruang ujian.

15.   Selama Ujian Sekolah (US) berlangsung, Pengawas Ruang wajib menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian, memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan, serta melarang orang lain yang tidak berkepentingan memasuki ruang Ujian.

16.   Pengawas Ruang dilarang memberi isyarat, petunjuk dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal Ujian Sekolah (US) yang diujikan.

17.   Lima menit sebelum waktu Ujian Sekolah (US) selesai, Pengawas Ruang memberi peringatan kepada peserta Ujian Sekolah (US)  bahwa waktu tinggal lima menit.

18.   Setelah waktu Ujian Sekolah (US) selesai, Pengawas Ruang mempersilakan peserta untuk berhenti mengerjakan soal. Pengawas mengumpulkan lembar jawaban dan naskah soal Ujian Sekolah (US). Peserta dipersilakan meninggalkan ruang ujian, setelah pengawas menghitung jumlah Lembar Jawaban sama dengan jumlah peserta ujian.

19.   Pengawas Ruang menyusun secara urut Lembar Jawaban dari nomor peserta terkecil dan memasukkannya ke dalam amplop semula.

20.   Pengawas Ruang menyerahkan amplop lembar jawaban dan naskah soal Ujian Sekolah (US) dan kelengkapan lainnya kepada Penyelenggara.

 

 

Itulah tampilan beberapa point peraturan atau tata tertib Pengawas ujian sekolah, apabila anda yang akan menggunakannya ingin menambah atau mengurangi item/point yang ada maka di persilahkan dan diharapkan agar bisa di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Disini admin juga telah menyiapkan tata tertib Pengawas ujian sekolah yang telah admin sajikan diatas dalam bentuk file dan telah disimpan dalam format word, sehingga dapat di download filenya sesuai keinginan anda dan anda pun dapat dengan mudah mengeditnya sesuai kebutuhan dan keperluan masing-masing.

 

Baiklah untuk anda bapak/ibu guru atau panitia ujian sekolah dan ingin mendapatkan file tata tertib Pengawas ujian sekolah sepertu tampak pada tampilan diatas, maka silahkan di unduh filenya yang telah admin siapkan di bawah ini :

 

  • Tata Tertib Pengawas Ujian Sekolah Versi Terbaru Format Word - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai tata tertib untuk Pengawas ujian sekolah yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya postingan ini maka bisa membantu rekan-rekan pendidikan yang sedang membutuhkan tata tertib Pengawas ujian sekolah sehingga bisa menjadi referensi dalm membuat tata tertib Pengawas ujian sekolah untuk di gunakan di sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel