7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid

Kherysuryawan.id – Memahami 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid.

Halo sahabat kherysuryawan, dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah maka lingkungan sekolah akan menjadi salah satu penentu dalam kelancaran pembelajaran dan juga dapat memberi rasa nyaman dalam belajar. Apabila lingkungan sekolah bersih, indah dan asri maka seluruh waraga sekolah pastinya akan merasa senang dan nyaman belajar.

 


Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang kepemimpinan murid dan juga 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid.

Apa itu kepemimpinan murid ??? Pada dasarnya kepemimpinan murid merupakan kemampuan murid dalam mengungkapkan gagasan-gagasan yang mengarahkan proses pembelajarannya sendiri, mengkomunikasikan gagasan dan membuat pilihan-pilihan dalam proses pembelajaran.

 

Di dalam panduan Program Guru Penggerak (PGP) dari filosofi Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan anak adalah bahwa padi yang hanya akan tumbuh subur pada lingkungan yang tepat, maka kepemimpinan murid pun akan tumbuh dengan lebih subur jika sekolah dapat menyediakan lingkungan yang mendukung. Jadi lingkungan sekolah menjadi factor yang sangat menunjang keberhasilan murid dalam belajar serta dalam mengembangkan kemimpinan murid.

 

Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid adalah lingkungan di mana guru, sekolah, orangtua, dan komunitas secara sadar mengembangkan wellbeing atau kesejahteraan diri murid-muridnya secara optimal. Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memiliki beberapa karakteristik, dan melalui postingan ini admin kherysuryawan akan menjabarkan tentang  7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid.

 

Mungkin diantara para pembaca ingin mengetahui apa saja 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid. Nah bagi anda yang ingin mengetahui apa saja dari ke 7 karakter lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid maka di bawah ini penjelasannya :

 

7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid

1.     Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif kepada kehidupan orang lain dan sekelilingnya. 

2.     Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.

3.     Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya. 

4.     Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. 

5.     Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan. 

6.     Lingkungan tersebut berkomitmen untuk menempatkan murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses belajarnya sendiri. 

7.     Lingkungan tersebut menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan.

 

Berikut ini Penjelasan dari ke 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid yang telah di sebutkan diatas :

 

1.     Pola pikir positif ini didapatkan oleh murid melalui pengalaman emosi positif di sekolah. Murid merasa aman, nyaman, dan merasa menjadi bagian dari komunitas sekolah, Murid merasakan keselarasan antara kebutuhan dan harapannya terhadap sekolah dan lingkungannya dengan pengalaman belajar yang didapatnya di sekolah. Lewat pengalaman emosi positif ini, murid akan mampu mengembangkan keterampilan inkuiri, menunjukkan sikap gembira, penuh syukur, saling mengapresiasi. Mereka memiliki kesadaran diri, sikap optimis sehingga dapat berperan aktif dan membuat perbedaan yang positif baik untuk dirinya sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitarnya.

2.     Di dalam lingkungan yang seperti ini, nilai-nilai tersebut kemudian akan mewujud menjadi atmosfer sekolah yang positif, di mana hubungan dan interaksi sosial yang terjalin di antara para murid, guru, orang tua maupun seluruh komunitas yang terkait akan terasa sangat positif dan kontributif.

3.     Dalam lingkungan ini, murid akan belajar tentang nilai-nilai ketekunan serta kerja keras. Murid akan belajar untuk mampu melihat sejauh mana kemajuan proses belajarnya. Murid mampu mengerjakan tugas sekolahnya secara mandiri, memiliki pemahaman yang benar dan cakap sehingga berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4.     Lingkungan yang seperti ini akan membantu murid untuk dapat menerapkan dan mempergunakan apa yang menjadi kekuatan dirinya dan memanfaatkan serta menerapkannya dalam berbagai konteks yang berbeda-beda.

5.     Lingkungan yang seperti ini akan memberikan kesempatan bagi murid untuk melihat dirinya sebagai bagian dari sesuatu yang jauh lebih besar di luar dirinya. Lingkungan ini akan memberikan peluang bagi murid untuk belajar melalui pelayanan kepada masyarakat dan komunitas di mana mereka akan dapat terus mengasah rasa kemanusiaan, kepedulian, dan rasa cinta kasih.

6.     Lingkungan yang seperti ini akan menyediakan berbagai kegiatan belajar yang menarik, menantang, dan bermakna, di mana dalam prosesnya murid akan merasa senang hati dan menikmati setiap momen pembelajarannya.

7.     Lingkungan ini akan membantu murid untuk berani menerima tantangan, berjiwa besar, dan selalu bangkit lagi dan berusaha mencari solusi bila menemui kegagalan. Lingkungan ini akan memungkinkan murid untuk selalu mengambil pelajaran dari setiap kegagalan kegagalan yang dijumpainya dan berusaha untuk menemukan cara-cara alternative atau cara yang paling tepat. 

(disadur dari Noble, T. & H. McGrath, 2016)

 

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai 7 Karakteristik Lingkungan Yang Menumbuh kembangkan Kepemimpinan Murid. Semoga postingan ini dapat membantu para guru dalam memahami tentang pentingnya mengenal karakteristik lingkungan yang dapat menumbuh kembangkan kepemimpinan murid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel