Solusi Print erapor Agar Tidak Terpotong

Kherysuryawan.id – Cara Print erapor agar tidak terpotong. Cara mengatur ukuran kertas agar tanda tangan wali kelas muncul saat melakukan cetak erapor di aplikasi erapor.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar erapor yang tentunya menjadi salah satu tugas terberat bagi seorang wali kelas saat akan melakukan penginputan di aplikasi erapor.

 


Saat ini baik sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013 maupun yang telah menggunakan kurikulum merdeka, hampir semua sekolah dalam melakukan penilaian untuk rapor siswa telah menggunakan aplikasi erapor. Nah, dalam menggunakan aplikasi erapor setiap guru, wali kelas maupun admin erapor tentunya harus mengetahui alur dalam pengerjaannya.

 

Setiap guru, wali kelas dan admin erapor telah memiliki akun masing-masing serta dalam melakukan penginputan juga harus di sesuaikan dengan tugasnya masing-masing. Sebagai seorang wali kelas maka ada banyak pekerjaan yang harus di lakukan khususnya dalam menyiapkan rapor siswa. Meskipun nilai sudah diinputkan dalam aplikasi erapor oleh masing-masing guru mata pelajaran namun tugas wali kelas harus melakukan penginputan data lainnya untuk setiap murid perwaliannya serta melakukan cetak atau print rapor seluruh siswa perwaliannya.

 

Nah dalam menggunakan aplikasi erapor baik itu pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK ada beberapa kendala yang sering sekali di keluhkan oleh wali kelas ketika akan melakukan cetak rapor siswa atau melakukan print rapor siswa. Tidak semua wali kelas bisa menyelesaikan masalahnya sendiri saat akan melakukan print rapor siswa dan olehnya itu wali kelas harus memiliki referensi dan pemahaman tentang bagaimana cara melakukan print rapor siswa dengan benar agar hasil yang di harapkan dapat sesuai keinginan.

 

Nah, ada beberapa kasus yang sering terjadi ketika wali kelas akan melakukan cetak/print rapor siswa. Dimana saat melakukan print rapor biasanya ada beberapa kalimat atau tempat tanda tangan wali kelas yang terpotong atau tidak termuat di kertas saat akan melakukan cetak rapor siswa. Hal ini biasanya akan terjadi apabila ada kalimat deskripsi yang dianggap terlalu panjang sehingga membuat beberapa item yang ada pada kertas yang di print menjadi terlihat terpotong atau tidak dimuat dikertas tersebut.

 

Hal ini sebenarnya merupakan masalah yang sangat mudah untuk di selesaikan oleh seorang wali kelas apabila wali kelas mengetahui tentang bagaimana cara mengatur posisi dan ukuran kertas sebelum melakukan print rapor siswa pada aplikasi erapor. Apabila wali kelas telah mengetahui ukuran kertas yang akan digunakan saat akan melakukan cetak rapor di aplikasi erapor maka dapat di pastikan masalah tentang print rapor yang terpotong akan dapat terselesaikan dengan mudah.

 

Disini admin kherysuryawan akan memberikan tips atau alternative tentang solusi cetak rapor siswa di aplikasi erapor yang terpotong sehingga nantinya semua kalimat atau tulisan yang ada pada lembaran di rapor siswa dapat terlihat full dan tidak ada yang terpotong. Kasus yang peling sering dijumpai ialah ketika wali kelas akan melakukan print area rapor siswa maka tanda tangan wali kelas tiba-tiba tidak muncul atau menghilang.

 

Bagi anda yang merupakan wali kelas dan pernah mengalami kasus saat akan melakukan cetak rapor siswa di aplikasi erapor hasilnya terpotong atau tanda tangan wali kelas tidak terlihat di rapor maka anda wajib untuk membaca postingan ini agar anda bisa memahami tentang bagaimana cara mengatur saat akan melakukan cetak/print rapor di aplikasi erapor secara benar agar tulisan tidak terpotong alias semua tulisan terlihat full pada kerta print yang telah disiapkan.

 

Adapun langkah utama yang harus di lakukan untuk mengatasi solusi cetak rapor tidak full atau cetak rapor menjadi terpotong yaitu dengan melakukan pengaturan pada ukuran kertas dan margin kertas yang akan di print. Lantas bagaimana caranya ? nah, berikut ini penjelasannya :

 

Apabila anda pernah melakukan cetak/print rapor siswa diaplikasi erapor namun tempat tanda tangan wali kelas tiba-tiba hilang atau tidak muncul maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar saat melakukan print semua tulisan terlihat full di kertas print.

 

Langkah-langkah mengatur ukuran kertas dan margin saat print rapor di aplikasi erapor

1.       Pada saat akan melakukan print rapor di apliaksi erapor silahkan pilih ukuran kertas : F4 (Folio)

2.       Orientasi, silahkan pilih : Potrait

3.       Margin (dalam millimeter) ukuran kiri = 15

4.       Margin (dalam millimeter) ukuran kanan = 15

5.       Margin (dalam millimeter) ukuran atas = 20

6.       Margin (dalam millimeter) ukuran bawah = 48

7.       Margin (dalam millimeter) ukuran fotter = 15

8.       Selanjutnya klik “terapkan kertas”

9.       Pilih kelas sesuai kelas yang akan di print data rapornya



10.   Silahkan print rapor siswa satu persatu

11.   Hasil print akan terlihat full dan tidak ada lagi tulisan yang terpotong

12.   Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah mengatasi masalah cetak/print rapor yang terpotong tulisan dan tanda tangan wali kelas. Semoga dengan penjelasan yang telah admin kherysuryawan paparkan melalui postingan ini bisa membantu para wali kelas yang mengalami kasus atau masalah tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel