Materi Seni Musik Kelas 7 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas 7 SMP khususnya bagi sekolah yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka.

 


Saat ini sudah hampir semua sekolah telah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, olehnya itu buku teks pelajaran yang akan di gunakan dalam pembelajaran juga tentunya buku teks yang telah terintegrasi dengan versi kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk setiap tingkatan pada satuan pendidikan.

 

Salah satu mata pelajaran yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka yaitu mata pelajaran Seni Budaya. Perlu untuk diketahui bahwa mata pelajaran seni budaya terdiri atas 4 cabang yakni :

1.       Seni Musik

2.       Seni Tari

3.       Seni Rupa

4.       Seni Teater

 

Pada postingan kali ini admin hanya akan membahas tentang apa-apa saja jenis materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Musik di kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Disini admin akan memberikan susunan materi yang akan di pelajari di mata pelajaran seni Musik kelas 7 secara lengkap mulai dari materi yang akan di pelajari di semester 1 hingga materi yang akan dipelajari di semester 2.

 

Sebagai infromasi bahwa pada mata pelajaran seni musik kelas 7 SMP kurikulum merdeka terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang nantinya harus dapat di capai oleh peserta didik, diantaranya yaitu sebagai berikut :

·       Peserta didik mampu menunjukkan kepekaannya terhadap unsur-unsur bunyi/musik dan konteks sederhana dari sajian musik seperti: nada, tempo, teknik vokal yang benar, genre musik, lirik lagu dan lain sebagainya

·       Peserta didik mengamati, mengumpulkan, dan merekam pengalaman dari beragam praktik bermusik di industri musik saat ini, khususnya kompetisi bernyanyi seperti Indonesian Idol, Dang Dut Academy, The Voice Indonesia, dan lain sebagainya yang memiliki tingkat popularitas dan minat yang tinggi di kalangan remaja dan usia peserta didik saat ini.

·       Peserta didik berlatih untuk berpikir kritis terhadap proses yang harus dilalui dalam menjalani kompetisi bernyanyi tersebut juga kriteria-kriteria apa saja yang membuat peserta lomba dapat berhasil melalui proses seleksi selanjutnya.

·       Peserta didik berlatih teknik vokal yang baik secara bertahap, memiliki kebiasaan baik dan rutin ketika berpraktik musik. Kebiasan ini dimulai mulai dari persiapan, saat maupun usai berpraktik musik kemudian menerapkannya pada ber-bagai jenis genre (aliran) dan style (gaya) musik yang diketahuinya.

·       Peserta didik belajar dan berlatih memahami simbol simbol not balok dan not angka yang dibutuhkan agar dapat mandiri berlatih.

 

Dengan memahami tujuan pembelajaran tersebut maka siswa akan mudah mengetahui apa saja yang diharapkan untuk bisa dicapai dalam melakukan pembelajaran pada mata pelajaran seni Musik di kelas 7 SMP kurikulum merdeka.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan akan memberikan susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni Musik kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Materi yang akan di jabarkan disini sudah lengkap yang meliputi materi seni Musik kelas 7 semester 1 kurikulum merdeka dan materi seni Musik kelas 7 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni Musik di kelas 7 SMP kurikulum merdeka terdiri atas 4 unit yang mana pada unit 1 dan unit 2 akan di pelajari di semester 1 sedangkan unit 3 dan unit 4 akan di pelajari di semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat dan mengetahui apa saja susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni Musik kelas 7 SMP kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan simak susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SENI MUSIK KELAS 7 SMP SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 Bernyanyi Solo

A. Kegiatan Pembelajaran 1 Siapakah Idolamu?

B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Berlatih Teknik Vokal

C. Kegiatan Pembelajaran 3 Ayo Terus Berlatih

D. Kegiatan Pembelajaran 4 Jadilah Bintang

 

Unit 2 Bermain Alat Musik Sederhana

A. Kegiatan Pembelajaran 1 Ritme Dalam Musik

B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Berlatih Alat Musik Harmonis Pianika

C. Kegiatan Pembelajaran 3 Ayo Berlatih Alat Musik Melodis Rekorder

 

 

MATERI SENI MUSIK KELAS 7 SMP SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 3 Bernyanyi Bersama

A. Kegiatan Pembelajaran 1 Ayo Bernyanyi Bersama

B. Kegiatan Pembelajaran 2 Bernyanyi Mengikuti Aba-Aba Pengaba

C. Kegiatan Pembelajaran 3 Teknik Pemanasan Vokal Sebelum Bernyanyi

D. Kegiatan Pembelajaran 4 Bernyanyi Bersama

 

Unit 4 Bermain Ansambel

A. Kegiatan Pembelajaran 1 Ayo Bermain Musik Bersama

B. Kegiatan Pembelajaran 2 Ayo Tampil!

 

Itulah susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran seni Musik di kelas 7 SMP kurikulum merdeka, dan bagi anda yang ingin memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk mata pelajaran seni Musik kelas 7 SMP kurikulum merdeka secara lenkap maka silahkan dapatkan bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru dan Buku Siswa Seni Musik Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel seni Musik kelas 7 SMP kurikulum merdeka, semoga postingan ini dapat membantu rekan pendidikan dalam mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran seni Musik di kelas 7 versi kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel