Materi Seni Tari Kelas 5 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Tari Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Tari Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Tari memiliki ikatan yang erat dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat. Hal ini dapat dilihat pada tari-tari tradisi yang ada di setiap daerah memiliki perbedaan sesuai dengan kebiasaan, adat istiadat, kondisi sosial dan lingkungan serta aspek lainnya. Oleh sebab itu, tari menjadi salah satu ciri khas suatu daerah yang menjadi kebanggaan masyarakat. Keberadaan tari tradisi bergantung pada kepedulian masyarakat dimana tari itu hidup dan berkembang. Salah satu bentuk kepedulian terhadap tari tradisi adalah dengan melestarikannya kepada generasi muda melalui dunia pendidikan, baik dengan mengajarkan tari tersebut tanpa mengubah bentuknya maupun dengan mengkreasikannya agar lebih menarik minat peserta didik untuk mempelajarinya.

 


Seni tari merupakan media untuk mengasah kreativitas peserta didik melalui kegiatan apresiasi seni pertunjukkan dan mengaitkannya dengan fenomena kehidupan, yang dilahirkan kembali dalam bentuk karya tari sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini tidak semata-mata menjadikan peserta didik sebagai penari profesional, tetapi melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat melestarikan, mencintai dan memiliki kreativitas dalam berkarya seni tari yang berkarakter dan mewujudkan profil pelajar Pancasila.

 

Kelas V berada pada fase C (5-6 SD) dengan capaian pembelajaran Seni Tari per unit yaitu :

  1. peserta didik mampu mengidentifikasi unsur pendukung tari yaitu, musik, properti, tata rias,dan tata busana bersumber dari tari tradisi,
  2. peserta didik mampu menerapkan desain kelompok yaitu serempak (unison), desain berimbang (balanced), dan desain selang-seling (alternate) bersumber dari tari tradisi dan
  3. peserta didik mampu membuat karya dan menghargai hasil karya tari berdasarkan unsur pendukung dan desain kelompok bersumber dari tari tradisi.

 

Capaian pembelajaran ini kemudian diturunkan menjadi 3 tujuan pembelajaran yaitu :

  1. membedakan fungsi dari unsur pendukung tari yaitu musik, properti, tata rias dan tata busana yang bersumber dari tari tradisi meelalui kegiatan diskusi kelompok,
  2. menerapkan desain kelompok yaitu unison, balanced dan alternate bersumber dari tari tradisi melalui kegiatan pembelajaran berbasis proyek, dan
  3. membuat karya tari berdasarkan unsur pendukung dan desain kelompok bersumber dari tari tradisi melalui kegiatan pembelajaran berbasis proyek.

 

Berbicara mengenai mata pelajaran seni Tari maka pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada seni Tari di kelas 5 SD kurikulum merdeka.

Saat ini sudah hampir semua sekolah telah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, olehnya itu buku teks pelajaran yang akan di gunakan dalam pembelajaran juga tentunya buku teks yang telah terintegrasi dengan versi kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk setiap tingkatan pada satuan pendidikan.

 

Dipostingan ini admin kherysuryawan akan memberikan susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Tari Kelas 5 SD kurikulum merdeka. Materi yang akan di jabarkan disini sudah lengkap yang meliputi materi Seni Tari Kelas 5 semester 1 kurikulum merdeka dan materi Seni Tari Kelas 5 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Tari di Kelas 5 SD kurikulum merdeka terdiri atas 3 unit yang mana unit 1 sampai unit 3 akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 dan di semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat dan mengetahui apa saja susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Tari Kelas 5 SD kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan simak susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SENI TARI KELAS 5 SD SEMESTER 1 & 2 KURIKULUM MERDEKA

UNIT PEMBELAJARAN 1 KEBERAGAMAN UNSUR PENDUKUNG

  • Membandingkan unsur pendukung yaitu musik, properti, tata rias dan busana bersumber dari tari tradisi
  • Memperagakan gerak tari tradisi sesuai dengan unsur pendukung tari, yaitu musik properti, tata rias dan busana bersumber dari tari tradisi
  • Menyusun konsep penyajian berdasarkan unsur pendukung tari tradisi, yaitu musik, properti, tata rias dan busana bersumber dari tari tradisi
  • Memberikan tanggapan tentang keunikan unsur pendukung tari tradisi, yaitu musik, properti, tata rias dan busana bersumber dari tari tradisi
  • Menghargai keberagaman budaya melalui pemahaman unsur - unsur pendukung tari bersumber dari tari tradisi

 

UNIT PEMBELAJARAN 2 DESAIN KELOMPOK DALAM TARI TRADISI

  • menemukan desain kelompok yaitu serempak (unison), desain berimbang (balanced), dan desain selang-seling (alternate) pada tari Jepin Selendang
  • mempraktikkan gerak Jepin Empat-empat pada tari Jepin Selendang menggunakan variasi desain kelompok serempak (unison), berimbang (balanced), dan selang-seling (alternate) dengan benar
  • mempraktikkan gerak Raddat pada tari Jepin Selendang menggunakan variasi desain kelompok serempak (unison), berimbang (balanced), dan selang-seling (alternate).
  • mempraktikkan gerak Pasang/Buka Anyam tanpa menggunakan properti pada tari Jepin Selendang menggunakan variasi desain kelompok serempak (unison), berimbang (balanced), dan selang-seling (alternate)
  • mempraktikkan gerak Pasang/Buka Anyam menggunakan properti pada tari Jepin Selendang dengan variasi desain kelompok serempak (unison), berimbang (balanced), dan selang-seling (alternate)

 

UNIT PEMBELAJARAN 3 KARYA TARIKU

  • Mengonsep penyajian tari berdasarkan unsur pendukung dan desain kelompok bersumber dari tari tradisi
  • Memperagakan pengembangan gerak dengan menerapkan desain kelompok bersumber dari tari tradisi
  • Menerapkan unsur pendukung ke dalam pengembangan gerak
  • Menghargai karya tari kelompok lain melalui penyajian hasil karya tari dengan menerapkan desain kelompok dan unsur pendukung tari
  • Bekerjasama dalam kelompoknya dalam rangka mewujudkan ide dan gagasan

 

Itulah susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Tari di Kelas 5 SD kurikulum merdeka, dan bagi anda yang ingin memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk mata pelajaran Seni Tari Kelas 5 SD kurikulum merdeka secara lenkap maka silahkan dapatkan bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru dan Buku Siswa Seni Tari Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel Seni Tari Kelas 5 SD kurikulum merdeka, semoga postingan ini dapat membantu rekan pendidikan dalam mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Tari di Kelas 5 versi kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel