Materi Seni Musik Kelas 5 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 5 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Musik Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Seni music merupakan cabang dari salah satu mata pelajaran seni budaya. Seni musik merupakan mata pelajaran yang sangat interaktif. Pelajaran ini menuntut seorang guru seni musik mampu memberikan pengajaran secara jelas dan menarik. Tidak jarang seorang guru harus memberikan contoh berupa permainan musik, bernyanyi, ataupun berekspresi kepada para peserta didik secara langsung.

 


Seorang guru seni musik harus mampu membuat mata pelajaran seni musik menjadi mata pelajaran yang menyenangkan, menghibur, dan menyegarkan. Di sisi lain, mata pelajaran ini dapat menjadi media untuk menghilangkan kejenuhan saat belajar di sekolah. Karena itu, seorang guru seni musik juga harus mampu menjadi “idola” bagi peserta didiknya sehingga apa yang diajarkan oleh sang guru dapat diterima dengan baik. Selain mendapatkan keterampilan bermusik, tentu saja ada hal-hal lain yang akan diperoleh peserta didik di luar unsur musikal. Hal ini karena seni musik adalah satu-satunya cabang seni selain tari yang dapat dimainkan secara bersama-sama dalam satu grup, bahkan secara kolosal dengan satu judul komposisi yang sama melibatkan banyak orang. Untuk itu, bermain musik secara bersama-sama dalam satu komposisi yang sama dapat dijadikan sarana untuk memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan serta membuat peserta didik menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab dan lebih menjadi pribadi yang berempati.

 

Berbicara mengenai mata pelajaran seni musik maka pada kesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan informasi tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada seni music di kelas 5 SD kurikulum merdeka.

Saat ini sudah hampir semua sekolah telah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka, olehnya itu buku teks pelajaran yang akan di gunakan dalam pembelajaran juga tentunya buku teks yang telah terintegrasi dengan versi kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan telah mengeluarkan buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk setiap tingkatan pada satuan pendidikan.

 

Dipostingan ini admin kherysuryawan akan memberikan susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Musik Kelas 5 SD kurikulum merdeka. Materi yang akan di jabarkan disini sudah lengkap yang meliputi materi Seni Musik Kelas 5 semester 1 kurikulum merdeka dan materi Seni Musik Kelas 5 semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi awal bahwa materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Musik di Kelas 5 SD kurikulum merdeka terdiri atas 5 unit yang mana unit 1 sampai unit 3 akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 kemudian unit 4 dan 5 akan di pelajari di semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat dan mengetahui apa saja susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Musik Kelas 5 SD kurikulum merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan simak susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI SENI MUSIK KELAS 5 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

UNIT 1 MENGENAL JENIS-JENIS SUARA MANUSIA, BUNYI ALAT MUSIK, DAN BENTUK ALAT MUSIK

  • Mengenal Jenis-Jenis Suara Manusia
  • Mengenal Bentuk dan Membedakan Bunyi Alat Musik

 

UNIT 2 MENGENAL NOTASI DAN TANGGA NADA

  • Mengenal Notasi Angka
  • Mengenal Paranada, Not pada Garis dan Spasi, serta Tanda kunci
  • Mengenal dan Memainkan Notasi balok
  • Membaca dan Memainkan Not Balok
  • Mengenal Tangga Nada

 

UNIT 3 AYO BERNYANYI

  • Mengenal Organ Penghasil Suara pada Manusia
  • Teknik Bernyanyi yang Benar
  • Menyanyikan Lagu Populer yang Bertema Anak-Anak
  • Menyanyikan Lagu-Lagu Wajib Nasional
  • Menyanyikan Lagu-Lagu Daerah

 

 

MATERI SENI MUSIK KELAS 5 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

UNIT 4 SAATNYA BERMAIN MUSIK DAN BERNYANYI

  • Mengenal Pola Irama
  • Membagi Kelompok Bermusik dan Kelompok Bernyanyi
  • Latihan Kelompok dengan Pengembangan Teknik Interlocking
  • Menyanyikan Lagu-Lagu Pilihan dengan Iringan Perkusi

 

UNIT 5 APRESIASI MUSIK

  • Mengapresiasi Pertunjukan Musik Tradisional
  • Mengapresiasi Pagelaran Musik Pop melalui Media Elektronik

 

Itulah susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Musik di Kelas 5 SD kurikulum merdeka, dan bagi anda yang ingin memiliki buku teks pelajaran kurikulum merdeka untuk mata pelajaran Seni Musik Kelas 5 SD kurikulum merdeka secara lenkap maka silahkan dapatkan bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru dan Buku Siswa Seni Musik Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mapel Seni Musik Kelas 5 SD kurikulum merdeka, semoga postingan ini dapat membantu rekan pendidikan dalam mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Seni Musik di Kelas 5 versi kurikulum merdeka.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel