Materi Seni Teater Kelas 2 SD Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini.

Ada beberapa jenis mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari dijenjang SD dan salah satunya ialah mata pelajaran Seni Teater yang merupakan cabang dari pelajaran Seni Budaya. Tahukan anda bahwa mata pelajaran Seni Teater nantinya akan di pelajari di kelas 2 SD pada pembelajaran kurikulum merdeka. Nah, anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka harus bersiap untuk bisa mengetahui tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 2 SD kurikulum merdeka.

 


Seni Teater dapat berdampak secara langsung maupun tidak langsung kepada perubahan cara pandang dan pembentukan kepribadian karakter manusia. Peserta didik membutuhkan imajinasi untuk tumbuh, berkreasi, berpikir, dan bermain. Teater adalah satu-satunya media paling sesuai untuk menjelajahi kemungkinan tak terbatas dari proses imajinasi mereka. Peserta didik akan mampu mengembangkan diri dan mengomunikasikan gagasan serta karya dengan lebih baik.

 

Sahabat kherysuryawan, di postingan ini admin akan berbagi tentang materi pelajaran yang akan di pelajari di mata pelajaran Seni Teater kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Materi yang akan admin bagikan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Seni Teater kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang belum memiliki buku teks pelajaran Seni Teater kelas 2 SD Kurikulum Merdeka maka anda pun bisa mendapatkan filenya di postingan ini.

 

Mata pelajaran Seni Teater Memberikan ruang kreativitas bagi peserta didik untuk dapat mengenal, memahami, mengelola dan mengekspresikan emosi melalui tubuh, suara, dan pikiran dengan berbagai media seni dan budaya:

  1. Memiliki kemampuan untuk menghargai keindahan, kemanusiaan, empati, dan toleransi melalui proses penciptaan karya seni teater;
  2. Menghargai, melestarikan dan mempererat ekosistem kesenian di Indonesia; menghargai keunikan dan kemajemukan ide, nilai, dan budaya melalui eksplorasi seni tari, pantomim, musik, akting, seni rupa, dan multimedia;
  3. Seni teater terkait erat dengan disiplin ilmu lainnya dan berbagai macam aspek-aspek kehidupan manusia (humaniora), seperti agama, psikologi, sosial, budaya, sejarah, komunikasi, politik dan antropologi; memberikan kontribusi penting dalam mengomunikasikan legenda, sejarah, budaya dan sosio-ekonomi bangsa;
  4. Melalui teater, peserta didik dibawa ke dalam cerita tentang karakter dari berbagai latar belakang yang bisa dibayangkan. Pertunjukan langsung mengajari peserta didik bagaimana menghargai semua karakterisasi tokoh dan bagaimana menghormati sudut pandang orang lain. Seni Teater mengajarkan manusia untuk bersikap kritis dan mampu memberi solusi untuk menyelesaikan masalah. sehingga peserta didik mampu memahami berbagai persoalan yang terjadi dalam diri dan lingkungannya.

 

Pada akhir A (kelas dua) peserta didik mulai memahami ilmu bermain teater (seni peran) sebagai cara mengolah diri sendiri (tubuh dan suara), mengamati orang lain, dan lingkungan serta dapat mengobservasi ragam karakter tokoh berdasarkan analisis fisik dan akhirnya meniru kebiasaan seseorang (mimesis), serta menampilkan dirinya di depan orang lain. Melalui ketrampilan tersebut, peserta didik memahami bahwa mimik wajah, suara dan gerak tubuh menjadi salah satu cara menyampaikan pesan dan emosi. Melalui pengalaman ini peserta didik mulai memperkaya diri dengan wawasan tentang diri sendiri, orang lain dan lingkungan, mengenali dan mengekspresikan emosi, belajar disiplin dalam mengikuti intruksi serta mengenal seniman dan karya-karyanya.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang materi yang nantinya akan dipelajari di mata pelajaran Seni Teater kelas 2 SD Kurikulum Merdeka maka anda bisa mengetahuinya melalui artikel ini sebab disini admin kherysuryawan akan menyampaikan secara lengkap daftar susunan materi pelajaran Seni Teater kelas 2 SD kurikulum merdeka untuk semester 1 dan juga untuk semester 2.

 

Materi pelajaran Seni Teater kelas 2 SD kurikulum merdeka ini disusun dalam empat unit pembelajaran. Unit 1 dan unit 2 akan dipelajari pada pembelajaran di semester 1 kemudian unit 3 dan unit 4 akan dipelajari di semester 2.

 

Baiklah berikut ini daftar susunan Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka dan susunan Materi Pelajaran Seni Teater Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka :

 

MATERI PELAJARAN SENI TEATER KELAS 2 SD SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

UNIT 1 BERMAIN DASAR GERAK

  • KEGIATAN 1 Mengenal Seniman
  • KEGIATAN 2 Bermain Dasar Gerak
  • KEGIATAN 3 Bermain Pantomim

 

UNIT 2 BERMAIN SUARA

  • KEGIATAN 1 Suara Tiruan
  • KEGIATAN 2 Kata Bersambung
  • KEGIATAN 3 Berdialog
  • KEGIATAN 4 Deklamasi
  • KEGIATAN 5 Memainkan Karakter

 

MATERI PELAJARAN SENI TEATER KELAS 2 SD SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

UNIT 3 BERCERITA

  • KEGIATAN 1 Bercerita
  • KEGIATAN 2 Membaca Cerita
  • KEGIATAN 3 Menanggapi Cerita
  • KEGIATAN 4 Bercerita atau Berkisah

 

UNIT 4 BERMAIN IMAJINASI

  • KEGIATAN 1 Mengenal Imajinasi
  • KEGIATAN 2 Bermain Imajinasi
  • KEGIATAN 3 Membuat Cerita

 

Bagi anda yang juga ingin memiliki buku teks pelajaran Seni Teater kelas 2 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan anda miliki file bukunya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikian informasi mengenai materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran Seni Teater kelas 2 SD Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini bisa membantu rekan pendidikan yang membutuhkannya sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam melakukan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel