Materi Seni Tari Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Seni Tari Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Seni Tari Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran Seni Budaya memiliki 4 aspek, diantaranya yaitu Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa dan Seni Teater. Pada kurikulum merdeka ke 4 aspek seni tersebut nantinya akan di pelajari oleh setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA.

 


Pada kesempatan kali ini admin akan membahas materi dari salah satu dari ke 4 seni yang telah admin sebutkan diatas yaitu materi seni Tari yang akan di pelajari di kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Pada artikel ini admin akan memberikan susunan daftar judul materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Tari Kelas 11 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka.

 

Apa itu mata pelajaran Seni tari di kelas 11?

Mata pelajaran seni tari di kelas XI merupakan salah satu mata pelajaran seni untuk membantu peserta didik agar memiliki kepekaan estetis, kreativitas, berkehidupan sosial, dan dapat membentuk karakter serta kepribadian yang positif. Hal ini selaras dengan profil pelajar Pancasila yang dijabarkan dalam enam dimensi yaitu: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bernalar kritis; 4) Kreatif; 5) Bergotong-royong dan 6) Berkebhinekaan global.

 

Capaian pembelajaran pada fase F diturunkan ke dalam lima capaian pembelajaran yang meliputi: 1) Peserta didik mampu membandingkan karya tari tradisi dan kreasi dari berbagai aspek seni sesuai dengan pengalaman dan wawasan tentang makna, simbol dan nilai estetis; 2) Peserta didik mampu membuat komposisi tari tradisi tunggal dan kelompok yang sederhana berdasarkan rancangan tari yang terinspirasi dari makna, simbol dan nilai estetis tari lainnya; 3) Peserta didik mampu menyusun proposal pertunjukan karya tari tradisi secara tunggal dan kelompok; 4) Peserta didik mampu melaksanakan pertunjukan tari tradisi secara tunggal dan kelompok sesuai manajemen pertunjukan tari; 5) Peserta didik mampu mengevaluasi karya tari tradisi hasil ciptaannya dari aspek makna, simbol dan nilai estetis.

 

Perlu diketahui bahwa khusus pada mata pelajaran Seni Tari Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka buku paket pelajaran yang disediakan hanya buku guru saja dan tidak ada buku siswa sehingga kadang kala siswa akan bingung untuk mengetahui materi apa saja yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni tari di kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Melalui kesempatan ini lah admin kherysuryawan ingin membantu para siswa maupun para guru yang ingin mengetahui susunan daftar materi pelajaran pada mata pelajaran seni tari kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Postingan ini admin sengaja buat agar dapat memudahkan rekan-rekan pendidikan yang belum memiliki buku teks pelajaran seni tari kelas 11 kurikulum merdeka sehingga bisa mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mapel seni tari kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi seni tari kelas 11 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka yang akan admin bagikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku guru seni tari kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni tari kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka dan susunan materi seni tari kelas 11 semester 2 kurikulum merdeka, maka anda bisa melihat daftar materinya di bawah ini.

 

MATERI PELAJARAN SENI TARI KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit Pembelajaran 1 - Karakteristik Tari Tradisi dan Tari Kreasi Baru

  • konsep dan jenis tari pada tari tradisi dan tari kreasi baru
  • makna, simbol dan nilai estetis tari tradisi dan tari kreasi baru
  • persamaan dan perbedaan tari tradisi dan tari kreasi baru dari aspek makna, simbol dan nilai estetis

 

Unit Pembelajaran 2 - Komposisi Tari Tradisi

  • menentukan ide dan tema, menyusun, mengembangkan ragam gerak tari dan elemen tari yang terinspirasi dari makna, simbol dan nilai estetis karya tari lainnya
  • menentukan tema tari, mengembangkan (mengeksplorasi) gerak tari, memilih elemen pendukung tari sesuai dengan rancangan tari yang terinspirasi dari makna, simbol dan nilai estetis karya tari lainnya.
  • mengkaji kelebihan dan kekurangan (improvisasi) komposisi tari yang terinspirasi dari makna, simbol dan nilai estetis tari dari karya tari lainnya
  • menyeleksi ragam gerak dan elemen-elemen pendukung tari yang terinspirasi dari makna, simbol dan nilai estetis tari dari karya tari lainnya
  • membuat komposisi tari tradisi yang sesuai dengan rancangan tari yang terinspirasi dari makna, simbol dan nilai estetis karya tari lainnya dengan menerapkan elemen-elemen komposisi tari dalam satu kesatuan yang utuh berdarkan makna dan simbol serta nilai estetis

 

Unit Pembelajaran 3 - Rancangan Pertunjukan Tari

  • konsep pertunjukan tari tradisi
  • unsur pertunjukan tari
  • teknik pertunjukan karya tari
  • unsur pendukung karya tari
  • membuat proposal pertunjukan karya tari

 

MATERI PELAJARAN SENI TARI KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit Pembelajaran 4 - Pertunjukan Tari Tradisi

  • proses pelaksanaan pertunjukan tari tradisi sesuai dengan prinsip manajemen pertunjukan tari
  • mengevaluasi proses pelaksanaan pertunjukan tari tradisi yang dikelola sesuai prinsip manajemen pertunjukan tari
  • melaksanakan pertunjukan tari tradisi yang bertema sesuai materi tari dan dikelola dengan prinsip manajemen pertunjukan tari

 

Unit Pembelajaran 5 - Evaluasi Karya Tari Tradisi

  • konsep kritik karya tari
  • jenis kritik karya tari.
  • fungsi kritik karya tari
  • makna dan simbol tari pada kritik tari
  • nilai estetis tari pada kritik tari
  • membuat karya tulis ilmiah

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Tari Kelas 11 Kurikulum Merdeka, maka bisa mendapatkan filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Tari Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah penjelasan mengenai daftar susunan materi yang ada pada mata pelajaran seni tari kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Semoga susunan materi pelajaran pada mapel seni tari kelas 11 kurikulum merdeka yang telah di paparkan diatas bisa membantu rekan pendidikan dalam mengetahui apa saja materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran seni tari di kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel