Materi Seni Teater Kelas 11 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Seni Teater Kelas 11 Semester 1 Kurikulum Merdeka, Materi Seni Teater Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran Seni Budaya memiliki 4 aspek, diantaranya yaitu Seni Teater, Seni Musik, Seni Rupa dan Seni Tari. Pada kurikulum merdeka ke 4 aspek seni tersebut nantinya akan di pelajari oleh setiap satuan pendidikan mulai dari jenjang SD, SMP hingga SMA.

 


Pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu dari ke 4 seni yang telah admin sebutkan diatas yaitu mengenai materi Seni Teater yang akan di pelajari di kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Pada artikel ini admin akan memberikan susunan daftar judul materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater Kelas 11 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum Merdeka.

 

Apa itu mata pelajaran Seni Teater di kelas 11?

Belajar seni teater, pada dasarnya, mempelajari proses kehidupan. Dalam proses kehidupan segala yang diinginkan harus diusahakan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Proses pembuatan karya seni teater memerlukan waktu cukup dan tahapan yang harus dilalui dengan benar. Karya seni teater dihasilkan dari kreativitas dan kerjasama semua pendukung yang bekerja secara kolektif sehingga menghasilkan karya yang bermakna bagi yang menampilkannya maupun bagi penontonnya.

 

Pada akhir fase, peserta didik mampu merancang atau memproduksi teater orisinil dengan sentuhan baru dengan tema remaja/isu kekinian. Selain itu peserta didik diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi karya sendiri dan karya profesional yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas estetik digunakan dalam menyampaikan maksud, ide-ide ekspresif, serta makna.

 

Perlu diketahui bahwa khusus pada mata pelajaran Seni Teater Kelas 11 SMA Kurikulum merdeka buku paket pelajaran yang disediakan hanya buku guru saja dan tidak ada buku siswa sehingga kadang kala siswa akan bingung untuk mengetahui materi apa saja yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Melalui kesempatan ini lah admin kherysuryawan ingin membantu para siswa maupun para guru yang ingin mengetahui susunan daftar materi pelajaran pada mata pelajaran Seni Teater kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Postingan ini admin sengaja buat agar dapat memudahkan rekan-rekan pendidikan yang belum memiliki buku teks pelajaran Seni Teater kelas 11 kurikulum merdeka sehingga bisa mengetahui susunan materi yang nantinya akan dipelajari pada mapel Seni Teater kelas 11 kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa seluruh materi Seni Teater kelas 11 semester 1 dan semester 2 kurikulum merdeka yang akan admin bagikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku guru Seni Teater kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

 

Materi yang akan di pelajari pada seni teater kelas 11 Kurikulum Merdeka berjumlah 4 unit dengan rincian untuk unit 1 dan unit 2 akan di pelajari pada semester 1 sedangkan unit 3 hingga unit 4 akan dipelajari pada pembelajaran disemester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat susunan materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater kelas 11 semester 1 kurikulum merdeka dan susunan materi Seni Teater kelas 11 semester 2 kurikulum merdeka, maka anda bisa melihat daftar materinya di bawah ini.

 

MATERI PELAJARAN SENI TEATER KELAS 11 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Unit 1 Teater Fisik

  • Kegiatan 1 Perkenalan dan Pemanasan
  • Kegiatan 2 Pantomim
  • Kegiatan 3 Gerak Tubuh Menciptakan Tokoh
  • Kegiatan 4 Simbolisme dalam Teater Fisik

 

Unit 2 Teater Non-Realis

  • Kegiatan 1 Konsep Drama Realis Versus Non-Realis
  • Kegiatan 2: Teater dan Isu Sosial
  • Kegiatan 3 Karakterisasi
  • Kegiatan 4 Poster dan Narasi

 

MATERI PELAJARAN SENI TEATER KELAS 11 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Unit 3 Teater Tradisional Indonesia

  • Kegiatan 1 Ruang Keakraban
  • Kegiatan 2 Cerita Unik
  • Kegiatan 3 Akting Berani Malu
  • Kegiatan 4 Spontanitas (Improvisasi Dialog)

 

Unit 4 Teater Kontemporer

  • Kegiatan 1 Inspirasi
  • Kegiatan 2 Kerja Penata
  • Kegiatan 3 Set Propert
  • Kegiatan 4 Saksikanlah!

 

Bagi anda yang membutuhkan Buku Teks Pelajaran Seni Teater Kelas 11 Kurikulum Merdeka, maka silahkan miliki filenya di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 11 Kurikulum Merdeka - (DISINI)


Demikianlah penjelasan mengenai daftar susunan materi yang ada pada mata pelajaran Seni Teater kelas 11 SMA kurikulum merdeka. Semoga susunan materi pelajaran pada mapel Seni Teater kelas 11 kurikulum merdeka yang telah di paparkan diatas bisa membantu rekan pendidikan dalam mengetahui apa saja materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Seni Teater di kelas 11 SMA kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel