Materi Agama Kristen Kelas 8 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari di setiap satuan pendidikan. Mata pelajaran pendidikan agama akan di pelajari oleh setiap siswa sesuai dengan jenis agama yang anut oleh masing-masing siswa.

 


Berbicara mengenai pendidikan agama maka melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk membahas tentang materi pelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen yang ada pada Kelas 8 SMP. Materi ini merupakan materi yang nantinya akan di pelajari di kurikulum merdeka, jadi bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka anda bisa menjadikan materi ini sebagai referensi pembelajaran sehingga nantinya memiliki persiapan dalam belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen di Kelas 8 SMP.

 

Selain memberikan daftar susunan materi pelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka, maka admin juga akan sekaligus membagikan buku teks pelajaran pendidikan agama Kristen Kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Bagi anda yang mungkin disekolahnya belum memiliki atau belum disiapkan buku pelajaran pendidikan agama Kristen Kelas 8 SMP untuk kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya nanti pada postingan ini.

 

Belajar adalah proses di mana peserta didik mengembangkan segala potensi yang ada dalam dirinya. Pembelajaran yang dilakukan diharapkan mampu membawa pencerahan bagi peserta didik terutama dalam menghadapi kehidupan sehari[1]hari. Tantangan yang dihadapi oleh remaja SMP masa kini amat kompleks, terutama berkaitan dengan pembentukan jati dirinya sebagai anak Indonesia. Pembelajaran Pendidikan Agama hendaknya mampu memperkuat peserta didik dalam membentuk jati dirinya sekaligus mempengaruhi pola berpikir, berkata, dan bertindak. Untuk itu, isi pembelajaran harus menyentuh realitas kehidupan sehari-hari dan tidak bersifat indoktrinatif.

 

Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di semua jenjang bergerak dari tema-tema kehidupan yang aktual, dengan demikian peserta didik tidak mengalami keterasingan dalam mempelajari materi pelajaran, sebaliknya mereka mampu membangun kepedulian terhadap berbagai problematika yang dihadapi pada masa kini. Dengan demikian peserta didik mampu mengembangkan diri sebagai pribadi yang tangguh, yang mampu memahami siapa dirinya, mengenali potensi diri serta mampu mengembangkan citra diri secara positif. Peduli dan peka merespon kebutuhan sesama dan lingkungan berdasarkan iman yang diyakininya. Tidak bersikap fanatik sempit dan radikal, sebaliknya dengan kasih dan kebenaran membangun solidaritas dan toleransi dalam pergaulan sehari-hari tanpa kehilangan identitas diri sebagai manusia beragama.

 

Melalui pembelajaran Pendidikan Agama, siswa memiliki kesadaran untuk turut serta memelihara serta menjaga kelestarian alam ciptaan Allah sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan yang diimani. Memelihara hubungan yang harmonis dengan sesama tanpa memandang perbedaan latar belakang, suku, budaya, agama, kebangsaan maupun kelas sosial sebagai wujud hidup beriman. Pemahaman terhadap ibadah dikaitkan dengan praktik kehidupan secara holistik. Ibadah tidak hanya dipahami sebagai ritual, namun lebih dalam dari itu ibadah berkaitan dengan praktik kehidupan.

 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan susunan materi pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap yang nantinya materi ini akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 dan pembelajaran di semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai pendahuluan bahwa jumlah Bab yang akan di pelajari nantinya pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 13 Bab yang mana untuk Bab 1 sampai Bab 7 akan di pelajari di semester 1 dan selanjutnya untuk Bab 8 sampai Bab 13 akan di pelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 8 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab I Allah Berkarya Melalui IPTEK

A. Pengantar

B. Arti IPTEK

C. Perkembangan IPTEK

D. Pandangan Alkitab terhadap IPTEK

E. Sikap Pelajar Kristen terhadap IPTEK

 

Bab II Perkembangan Teknologi di Era Digital

A. Pengantar

B. Tren Era Digital

C. Dampak Positif dan Negatif Teknologi di Era Teknologi

D. Tantangan di Era Digital

E. Mari Membaca Alkitab

 

Bab III Allah Pemelihara Hidupku

A. Pengantar

B. Pemeliharaan Allah

C. Bagaimana cara Allah memelihara kita?

D. Menolong Sesama sebagai Inspirasi Kehidupan

E. Mari Membaca Alkitab

 

Bab IV Talentaku

A. Pengantar

B. Kenali Macam-macam Talenta

C. Jenis Talenta Lainnya

D. Cara Menemukan Talenta

E. Sikap penting dalam mengembangkan talenta (Matius 25:14-30)

 

Bab V Yesus Teladanku

A. Pengantar

B. Pengertian Teladan

C. Apa yang harus diteladani dari Yesus Kristus?

 

Bab VI Keteladanan Hidup: Belajar dari Tokoh

A. Pengantar

B. Arti Keteladanan

C. Mengenal Tokoh-tokoh Gereja

D. Mengenal Tokoh-tokoh Masyarakat

 

Bab VII Peran Roh Kudus dalam Hidup Orang Beriman

A. Penjelasan Singkat tentang Roh Kudus

B. Peran Roh Kudus dalam kehidupan orang beriman

C. Makna Iman dan Pengharapan

D. Wujud Hidup Beriman dan Berpengharapan


MATERI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab VIII Bersiap Menghadapi Tantangan Pergaulan Masa Kini

A. Pengantar

B. Tantangan Hidup Masa Kini

C. Panggilan-Nya untuk tidak menjadi serupa dengan dunia

D. Media Sosial bisa dimanfaatkan untuk kemuliaan Tuhan

E. Menjadi Garam dan Terang di Media Sosial

F. Mari Membaca Alkitab

 

Bab IX Hidup dalam Nilai-Nilai Kristiani

A. Pengantar

B. Pengertian Nilai

C. Nilai-nilai Kristiani

D. Buah Roh Sebagai Wujud Nilai-nilai Kristiani

E. Prinsip Hidup Berbuah

 

Bab X Aku dan Pelayananku

A. Arti Pelayanan

B. Kondisi Perkembangan Pelayanan Gereja masa kini

C. Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja masa kini

D. Peran Remaja Kristen dalam Pelayanan

E. Remaja dan Masa Depan Gereja

 

Bab XI Kerukunan Antar Umat Beragama

A. Pengantar

B. Makna Kerukunan antar umat beragama

C. Kerukunan umat beragama dalam Perspektif Kristen

D. Berbagai Sikap dalam hubungan antar umat beragama

 

Bab XII Karya Pemeliharaan Allah dalam Ciptaan-Nya

A. Pengertian Pemeliharaan

B. Pemeliharaan Allah dalam Ciptaan-Nya

C. Aspek-aspek Pemeliharaan Allah

D. Respon terhadap Pemeliharaan Allah

 

Bab XIII Kedaulatan Allah Bagi Alam dan Lingkungan

A. Pengertian Kedaulatan Allah

B. Allah Penguasa Alam Semesta

C. Memaknai Kedaulatan Allah bagi Alam dan Lingkungan


Seluruh materi yang telah disapaikan diatas bersumber dari buku teks pelajaran pendidikan agama Kristen dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka, dan bagi anda yang membutuhkan file bukunya, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga materi yang telah disampaikan diatas bisa membantu guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran PAK di Kelas 8 kurikulum merdeka.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel