Materi Agama Hindu Kelas 8 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari di setiap satuan pendidikan. Mata pelajaran pendidikan agama akan di pelajari oleh setiap siswa sesuai dengan jenis agama yang anut oleh masing-masing siswa.

 


Berbicara mengenai pendidikan agama maka melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk membahas tentang materi pelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu yang ada pada Kelas 8 SMP. Materi ini merupakan materi yang nantinya akan di pelajari di kurikulum merdeka, jadi bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka anda bisa menjadikan materi ini sebagai referensi pembelajaran sehingga nantinya memiliki persiapan dalam belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu di Kelas 8 SMP.

 

Selain memberikan daftar susunan materi pelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka, maka admin juga akan sekaligus membagikan buku teks pelajaran pendidikan agama Hindu Kelas 8 SMP kurikulum merdeka. Bagi anda yang mungkin disekolahnya belum memiliki atau belum disiapkan buku pelajaran pendidikan agama Hindu Kelas 8 SMP untuk kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya nanti pada postingan ini.

 

 

Hadirnya Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ini sebagai salah satu bahan ajar diharapkan memberikan warna baru dalam pembelajaran di sekolah. Desain pembelajaran yang mengacu pada kecakapan abad ke-21 dalam buku ini dapat dimanfaatkan oleh para pendidik untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik dalam menyelesaikan capaian pembelajarannya secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

 

Di samping itu, elaborasi dengan semangat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila sebagai bintang penuntun pembelajaran yang disajikan dalam buku ini akan mendukung pengembangan sikap dan karakter peserta didik yang memiliki sraddha dan bhakti (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia), berkebhinnekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri. Ini tentu sejalan dengan visi Kementerian Agama yaitu: Kementerian Agama yang professional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

 

Selanjutnya muatan Weda, Tattwa/Sraddha, Susila, Acara, dan Sejarah Agama Hindu dalam buku ini akan mengarahkan peserta didik menjadi pribadi yang baik, berbakti kepada Hyang Widhi Wasa, mencintai sesama ciptaan Tuhan, serta mampu menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai keluhuran Weda dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhurnya.

 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan susunan materi pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka secara lengkap yang nantinya materi ini akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 dan pembelajaran di semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai pendahuluan bahwa jumlah Bab yang akan di pelajari nantinya pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 5 Bab yang mana untuk Bab 1 sampai Bab 3 akan di pelajari di semester 1 dan selanjutnya untuk Bab 4 sampai Bab 5 akan di pelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 8 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 1 Kitab Wedangga

A. Pengertian Wedangga

B. Kedudukan Kitab Wedangga dalam Weda

C. Bagian-Bagian Kitab Wedangga

D. Penerapan Ajaran Wedangga Sesuai Kearifan Lokal

 

 

Bab 2 Ajaran Asta Aiswarya

A. Pengertian Asta Aiswarya

B. Bagian-Bagian Asta Aiswarya

C. Sloka-Sloka sebagai Sumber Ajaran Asta Aiswarya

D. Asta Aiswarya dalam Mitologi Hindu

 

Bab 3 Catur Pusura Artha

A. Pengertian Catur Purusa Artha

B. Sumber Ajaran Catur Purusa Artha

C. Bagian-Bagian Catur Purusa Artha

D. Contoh Ajaran Catur Purusa Artha dalam Kehidupan Sehari-hari

E. Penerapan Ajaran Catur Purusa Artha dalam Kehidupan Sehari-hari


MATERI PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 8 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab 4 Dharma Gita

A. Pengertian Dharma Gita

B. Jenis-Jenis Dharma Gita

C. Contoh Dharma Gita di Setiap Daerah di Nusantara

D. Praktik Dharma Gita dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Bab 5 Perkembangan Sejarah Hindu

A. Perkembangan Sejarah Hindu di Asia

B. Peninggalan-peninggalan Sejarah Hindu di Asia

C. Upaya Melestarikan Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Asia


Seluruh materi yang telah disapaikan diatas bersumber dari buku teks pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 8 SMP kurikulum merdeka, dan bagi anda yang membutuhkan file bukunya, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga materi yang telah disampaikan diatas bisa membantu guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran agama hindu di Kelas 8 kurikulum merdeka.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel