Materi Agama Hindu Kelas 7 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Mata pelajaran pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang akan di pelajari di setiap satuan pendidikan. Mata pelajaran pendidikan agama akan di pelajari oleh setiap siswa sesuai dengan jenis agama yang anut oleh masing-masing siswa.

 


Berbicara mengenai pendidikan agama maka melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk membahas tentang materi pelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu yang ada pada Kelas 7 SMP. Materi ini merupakan materi yang nantinya akan di pelajari di kurikulum merdeka, jadi bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka maka anda bisa menjadikan materi ini sebagai referensi pembelajaran sehingga nantinya memiliki persiapan dalam belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu di Kelas 7 SMP.

 

Selain memberikan daftar susunan materi pelajaran untuk mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 7 SMP kurikulum merdeka, maka admin juga akan sekaligus membagikan buku teks pelajaran pendidikan agama Hindu Kelas 7 SMP kurikulum merdeka. Bagi anda yang mungkin disekolahnya belum memiliki atau belum disiapkan buku pelajaran pendidikan agama Hindu Kelas 7 SMP untuk kurikulum merdeka maka anda bisa mendapatkan filenya nanti pada postingan ini.

 

Kurikulum rumpun pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti berfokus pada:

1. Pertama, Kitab Suci Weda sebagai sumber ajaran agama Hindu yang menekankan kepada pemahaman nilai-nilai kebenaran (satyam), kesucian (siwam), dan keindahan (sundaram).

2. Kedua, Sraddha dan Bhakti yang terkait dengan aspek keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai sumber ciptaan alam semesta;

3. Ketiga, Susila yang merupakan konsepsi tentang akhlak mulia dalam ajaran agama Hindu yang menekankan pada penguasaan etika dan moral yang baik seperti s̄dhu (bijaksana), siddha (kerja keras), śuddha (bersih), dan siddhi (cerdas);

4. Keempat, Acara yang merupakan implementasi dari Weda yang merupakan praktik keagamaan (ibadah) dalam agama Hindu sesuai dengan kearifan lokal Hindu di Nusantara.

5. Kelima, sejarah agama Hindu, perkembangan agama, dan kebudayaan Hindu di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

 

Tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti adalah agar mampu:

1. Menjiwai dan menghayati nilai-nilai universal pesan moralitas yang terkandung dalam Weda.

2. Menunjukkan sikap dan perilaku yang dilandasi sraddha dan bhakti (beriman dan bertakwa) serta menumbuhkembangkan dan meningkatkan kualitas diri, antara lain: jujur, percaya diri, santun, disiplin, toleransi, bersahabat, bertanggung jawab dalam hidup bermasyarakat, dan pribadi luhur.

3. Menumbuhkan ksama, satya, ahimsa, karuna, rajin, bertanggung jawab, tekun, mandiri, disiplin, dan dapat bekerja sama.

4. Memahami Kitab Suci Weda, sraddha dan bhakti (tatwa dan keimanan), etika, sejarah agama Hindu, konseptual, substansial, prosedural, teknologi, seni, budaya ketuhanan, dan keadilan sesuai dengan perkembangan peradaban dunia.

5. Berpikir dan bertindak efektif secara sekala (konkret) dan niskala (abstrak) melalui puja bhakti (sembahyang, japa dan doa), chanda (dharmagita, nyanyian Tuhan, kidung, tembang, suluk, kandayu, bhajan, dan sejenisnya), meditasi, upacara-upakara, tirthayatra (perjalanan suci), yoga, dharma wacana, dan dharma tula.

6. Berperan aktif dalam melestarikan budaya, tradisi, adat istiadat berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Hindu di Nusantara serta membangun masyarakat yang damai dan inklusif dengan menunjung tinggi nilai-nilai toleransi, gotong royong, berkeadilan sosial, berorientasi pada pembangunan berkelanjutan, dan memenuhi kewajiban sebagai warga negara untuk mewujudkan kehidupan yang selaras, serasi, dan harmonis.

 

Pada kesempatan ini admin akan memberikan susunan materi pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 7 SMP kurikulum merdeka secara lengkap yang nantinya materi ini akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1 dan pembelajaran di semester 2 kurikulum merdeka.

 

Sebagai pendahuluan bahwa jumlah Bab yang akan di pelajari nantinya pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 7 SMP kurikulum merdeka yaitu berjumlah 5 Bab yang mana untuk Bab 1 sampai Bab 3 akan di pelajari di semester 1 dan selanjutnya untuk Bab 4 sampai Bab 5 akan di pelajari pada semester 2.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui daftar susunan materi pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka silahkan lihat susunan materinya di bawah ini :

 

MATERI PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 7 SEMESTER 1 KURIKULUM MERDEKA

Bab 1 Upaweda

A. Pengertian Upaweda

B. Bagian-Bagian Upaweda

C. Kedudukan Upaweda dalam Weda

D. Impelementasi Ajaran Upaweda dalam Kehidupan

 

Bab 2 Atman Sebagai Sumber Hidup

A. Pengertian Atman

B. Sifat-sifat Atman

C. Hubungan Atman dengan Sthula Sarira dan Suksme Sarira

D. Sloka-Sloka yang Berhubungan dengan Atman

E. Fungsi Atman

 

Bab 3 Tri Hita Karana

A. Pengertian Tri Hita Karana

B. Bagian-Bagian Tri Hita Karana

C. Hubungan Tri Hita Karana dengan Nilai-Nilai Pancasila

D. Tujuan Penerapan Tri Hita Karana dalam Kehidupan di Masyarakat


MATERI PENDIDIKAN AGAMA HINDU KELAS 7 SEMESTER 2 KURIKULUM MERDEKA

Bab 4 Bentuk dan Fungsi Upakara

A. Pengertian Upakara

B. Bentuk-Bentuk Upakara dalam Pelaksanaan Yadnya

C. Fungsi Upakara dalam Kehidupan Beragama

D. Simbol Upakara pada Daerah Tertentu

 

Bab 5 Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Indonesia

A. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Kalimantan Timur

B. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Jawa Barat

C. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Jawa Tengah

D. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Jawa Timur

E. Peninggalan Sejarah Agama Hindu di Bali


Seluruh materi yang telah disapaikan diatas bersumber dari buku teks pelajaran pendidikan agama Hindu dan budi pekerti Kelas 7 SMP kurikulum merdeka, dan bagi anda yang membutuhkan file bukunya, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

Buku Guru & Siswa Pendidikan Agama Hindu Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai susunan materi pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan kali ini, semoga materi yang telah disampaikan diatas bisa membantu guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran agama hindu di Kelas 7 kurikulum merdeka.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel