Rangkuman Matematika Kelas 4 Bab 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Unit 1 “Bilangan Cacah Besar” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba untuk memberikan pemaparan materi khususnya pada materi pelajaran matematika yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Khusus untuk mata pelajaran matematika di jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang nantinya akan di pelajari di kurikulum merdeka. Apabila disekolah anda telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka maka tentunya materi yang akan di pelajari merupakan materi yang bersumber dari buku teks matematika kurikulum merdeka.

 

Nah dikesempatan ini admin kherysuryawan akan memberikan rangkuman materi matematika kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, dan lebih tepatnya yaitu materi matematika kelas 4 Unit 1 yang berjudul “Bilangan Cacah Besar” yang mana materi ini akan di pelajari pada semester 1 dikurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mendapatkan ringkasan materinya maka di artikel ini anda bisa mendapatkannya secara lengkap.

 

Pada materi matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka Unit 1 atau Bab 1 “Bilangan Cacah Besar” maka akan ada 3 subunit materi yang nantinya akan dipelajari di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Bilangan Cacah Besar

2. Sistem Bilangan untuk Bilangan Bulat

3. Perhitungan Bilangan Besar

 

Ketiga materi yang akan dipelajari pada Bab 1 tersebut akan di rangkum materinya secara lengkap pada artikel ini. Admin kherysuryawan sengaja membuat rangkuman materi matematika kelas 4 Bab 1 “Bilangan Cacah Besar” ini dengan tujuan agar dapat memudahkan bagi guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Perlu diketahui bahwa di dalam materi matematika kelas 4 Bab 1 semester 1 kurikulum merdeka terdapat beberapa soal latihan yang harus di kerjakan oleh siswa, nah melalui postingan ini admin telah membuat rangkuman materinya secara lengkap dan juga telah menyiapkan kunci jawaban soal matematika kelas 4 Bab 1 kurikulum merdeka secara jelas sehingga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam menjawab soal yang ada pada buku paket matematika kelas 4 bab 1 semester 1.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya, maka berikut ini Rangkuman/Ringkasan materi matetika kelas 4 SD Kurikulum merdeka Bab 1 “Bilangan Cacah Besar”.

 

Bab 1 Bilangan Cacah Besar

Tujuan Pembelajaran Pada Unit 1 / Bab 1 ini yaitu sebagai berikut :

Siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bilangan cacah dinyatakan dalam notasi desimal.


1. Bilangan Cacah Besar

Ayo, baca jumlah penduduk Indonesia. 257.913.000 orang

1. Berada di nilai tempat manakah angka 5?

Jawab :

Angka 5 berada pada nilai tempat puluh jutaan.

 

2. Berada di nilai tempat manakah angka 2?

Jawab:

Angka 2 berada pada nilai tempat ratus jutaan.

 

Bilangan yang terdiri dari 10 kumpulan 10 juta ditulis 100.000.000, dan dibaca seratus juta.

Seratus juta adalah suatu bilangan dengan 10.000 kumpulan 10 ribu.

 

Bacalah jumlah penduduk Indonesia yang disajikan pada tabel di bawah ini:

Bilangan di atas dibaca “dua ratus lima puluh tujuh juta sembilan ratus tiga belas ribu”

 

Tulislah bilangan-bilangan berikut ini.

a. Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 100 juta adalah 1 miliar, ditulis ……….

b.Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 1 miliar adalah 10 miliar, ditulis …………….

c.Bilangan yang menyatakan jumlah 10 kumpulan 10 miliar adalah 100 miliar, ditulis ………………

 

Jawaban :

a. 10 kumpulan 100 juta adalah 1.000.000.000

(1 miliar)

 

b. 10 kumpulan 1 miliar adalah 10.000.000.000

(10 miliar)

 

c. 10 kumpulan 10 miliar adalah 100.000.000.000

(100 miliar)

 

Bilangan berikut ini menyatakan jarak tempuh cahaya dalam waktu 1 tahun.

9.460.000.000.000 km

1. Berada di nilai tempat manakah angka 4?

Jawab :

Angka 4 berada pada nilai tempat ratus milyaran.

 

2. Berada di nilai tempat manakah angka 9?

Jawab :

Angka 9 berada pada nilai tempat triliunan.

 

10 kumpulan 100 miliar ditulis 1.000.000.000.000, dan disebut satu triliun.

Bilangan tersebut juga ditulis 1 triliun. Satu triliun merupakan bilangan dengan 10.000 kumpulan seratus juta.

 

Ketika kita membaca suatu bilangan yang besar, satuan, pulu[1]han, dan ratusan dipertimbangkan sebagai satu kesatuan. Pisah[1]kan bilangan tersebut per 3 angka menggunakan “satu, sepuluh, dan seratus”. Setiap kumpulan 3 angka dibaca sebagai “satuan, ri[1]buan, jutaan, miliaran, dan triliunan” dari kanan.

 

Cara Membaca Bilangan dengan Setiap 3-Angka

Kita menentukan suatu unit baru untuk setiap 3-angka dari suatu bilangan bulat.

Ada banyak bilangan yang dapat kita temukan di sekitar kita yang ditandai dengan tanda titik untuk memisahkan setiap 3-angka.

Perhatikan contoh berikut: 9.387.416.025.710.364

 

2. Sistem Bilangan untuk Bilangan Bulat Besar

Ayo, perhatikan bilangan: 6.441.900.000.000.000

a. Berada di nilai tempat manakah kedua angka 4 tersebut?
Jawab: Angka 4 sebelah kiri berada pada tempat 100 triliunan dan angka 4 sebelah kanan berada pada tempat 10 triliunan.

 

b. Berapa kali nilai 4 yang disebelah kiri dibandingkan dengan nilai 4 yang di sebelah kanannya?
Jawab: Nilai 4 sebelah kiri 10 kali lebih besar dibandingkan dengan nilai 4 yang di sebelah kanan.

 

Setiap bilangan bulat, berapapun besarnya bilangan itu, dapat ditulis dengan menggunakan angka-angka berikut: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.

 

 

Tulislah bilangan yang sesuai pada kotak yang disediakan, terkait bilangan 30.980.000.000.000

1). Bilangan di atas merupakan jumlah dari 30 kumpulan 1 triliun dan (….) kumpulan seratus juta.
2). Bilangan di atas merupakan jumlah dari (….) kumpulan 10 triliun, (….) kumpulan seratus miliar, dan 8 kumpulan 10 miliar.
3). Bilangan di atas merupakan jumlah dari (….) kumpulan seratus juta.

 

Jawaban :

a. Bilangan di atas merupakan jumlah dari 30 kumpulan 1 triliun dan (9.800) kumpulan seratus juta.
b. Bilangan di atas merupakan jumlah dari (3) kumpulan 10 triliun dan (9) kumpulan seratus miliar, dan 8 kumpulan 10 miliar
c. Bilangan di atas merupakan jumlah dari (309.800) kumpulan seratus juta.

 

30.980.000.000.000 dapat ditulis sebagai 30 triliun dan 980 miliar.

 

Pada setiap bilangan bulat, hubungan antara nilai-nilai tempat dapat dijelaskan sebagai berikut. Mengalikan bilangan dengan 10 meningkatkan nilai tempatnya ke satu tingkat lebih besar. Mengalikan bilangan dengan 1/10 , yaitu sama dengan membaginya dengan 10, akan menurunkan nilai tempatnya ke satu tingkat lebih kecil.

 

Bilangan yang Lebih Besar dari 1 Triliun

Kita telah mempelajari tentang 1 triliun, 10 triliun, 100 triliun, dan 1.000 triliun. 1.000 triliun merupakan bilangan yang sangat besar. Sebagai contoh, jika kamu berhitung satu bilangan per detik, itu memerlukan waktu 30 juta tahun untuk berhitung dari 1 sampai 1.000 triliun (satu kuadriliun).

 

Bagaimanapun juga, ada nilai tempat yang lebih besar dari 1000 triliun dalam sistem bilangan. Suatu sistem penulisan bilangan diperkenalkan dari Cina pada abad ke-7. Berikut ini adalah beberapa penulisan bilangan tersebut. Satu, sepuluh, seratus, seribu, 10 ribu, 100 ribu, 100 juta, 1 triliun, 10 kuadriliun, 100 kuantiliun, 1 septiliun, 10 oktiliun, 100 noniliun, 1 undesiliun, 10 duodesiliun, 100 tridesiliun, dan seterusnya.

 

3. Perhitungan Bilangan Bulat Besar

Suatu perpustakaan didirikan di kota Marina tinggal. Biayanya adalah 1.200.000.000 rupiah untuk membeli lahan, dan 3.300.000.000 rupiah untuk pembangunan gedung.

 

1. Berapakah biaya total untuk pembagunan gedung perpustakaan dan pembelian lahannya?

Bandingkan kalimat matematika berikut ini.

 

A. 1.200.000.000 + 3.300.000.000

B. 1.200 juta + 3.300 juta

 

Jawab: 
A 1.200.000.000 + 3.300.000.000 = 4.500.000.000
B 1.200 juta + 3.300 juta = 4 miliar 500 juta
Total biaya = 4.500.000.000 atau 4 miliar 500 juta

 

2. Berapakah selisih antara biaya pembelian lahan dan biaya pembangunan gedung?

Jawab: 

Selisih biaya = 3.300.000.000 – 1.200.000.000 = 2.200.000.000

 

Hasil untuk penjumlahan disebut jumlah, dan hasil untuk pengurangan disebut selisih

 

Soal dan Jawaban:

Ayo, hitung jumlah dan selisih pada soal berikut ini.
1) jumlah 1700 juta dan 2900 juta.

Jawab: 1.700 juta + 2.900 juta = 4.600 juta atau 4 miliar dan 600 juta.

 

2) 2 juta dan 350 ribu + 5 juta dan 150 ribu

Jawab: 2 juta dan 350 ribu + 5 juta dan 150 ribu = 7 juta  dan 500 ribu.

 

3) Selisih dari 23 triliun dan 8 triliun.

Jawab: 23 triliun – 8 triliun = 15 triliun.

 

4) 80 miliar dan 700 juta − 69 miliar dan 200 juta

Jawab: 80 miliar dan 700 juta − 69 miliar dan 200 juta= 11 miliar dan 500 juta

 

Soal dan Jawaban:

Suatu perpustakaan mempunyai anggaran dana 650.000 rupiah per bulan untuk pembelian buku. Berapakah anggaran dana setiap tahunnya?

 

Pembahasan:

Kalimat Matematika : 650.000 x 12
Diketahui :
Biaya perbulan = 650 ribu rupiah
Jumlah bulan dalam setahun ada 12 bulan
Ditanyakan : Berapa anggaran dana setiap tahunnya?

Jawaban: Anggaran dana setahun= 650.000 x 12 = 7.800.000 atau 7.800 ribu rupiah.

 

Soal dan Pembahasan:

Suatu sekolah mengeluarkan dana 350.000 rupiah guna membayar makan siang untuk 5 hari. Berapakah dana yang dikeluarkan per harinya? Kalimat Matematika :

 

Pembahasan:

Kalimat Matematika = 350.000 : 5
Diketahui :
Dana makan siang 5 hari = 350 ribu rupiah.
Ditanyakan: Berapakah dana yang dikeluarkan per harinya?

Jawaban: Dana per hari : 350 ribu : 5 = 70 ribu rupiah.


Itulah Rangkuman materi matematika kelas 4 SD Bab 1 tentang “ Bilangan Cacah Besar” yang bisa admin kherysuryawan paparkan di kesempatan kali ini.

Bagi anda yang juga ingin mendapatkan file buku teks pelajaran matematika kelas 4 SD kurikulum merdeka berupa buku guru dan buku siswa maka anda bisa mendapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Matematika Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah rangkuman / ringkasan materi pelajaran matematika kelas 4 SD Bab 1 “ Bilangan Cacah Besar” yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka yang bisa admin kheryuryawan bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para peserta didik dalam melakukan aktivitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas 4 SD kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel