Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 1 “Sudah Besar” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka.

 


Tidak terasa kini sekolah telah hampir semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas.

 

Di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari.

 

Nah melalui kesempatan inilah admin kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 1 semester 1 kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Adapun judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 1 yaitu berjudul “Sudah Besar”.

Dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 1 semester 1 yang berjudul “sudah Besar” ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu sebagai berikut:

·         memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita;

·         mengucapkan kata-kata yang panjang

·         membedakan antara kalimat transitif dan kalimat intransitif, serta menggunakannya; dan

·         mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 1 “sudah Besar” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 1 Sudah Besar

Bab I ini mengangkat tema seputar diri peserta didik: perubahan yang mereka alami, hal-hal yang mereka sukai, hal-hal yang tidak mereka sukai, dan dinamika dengan anggota keluarga lainnya.

Dengan tema ini, diharapkan peserta didik dapat memahami bahwa:

• bertumbuh berarti makin mandiri;

• perubahan setiap orang berbeda-beda; dan

• kesukaan dan ketidaksukaan setiap orang berbeda-beda

 

Kegiatan Utama

• Membaca teks dengan nyaring.

• Menulis surat menggunakan kata-kata yang baru diketahui dan kalimat transitif/ intransitif.

• Mencari kata di dalam kamus dan memulai proyek Kamus Kotak Kelas Empat.

 

Kegiatan Pendukung

• Mendiskusikan hubungan kakak-adik.

 

A. Membaca

1. Peserta didik membaca teks Cerita “Tak Muat Lagi" dengan nyaring, lalu menjawab pertanyaan terkait teks.

·         Sampaikan kembali cerita “Tak Muat Lagi” dalam tiga kalimat buatanmu sendiri!

·         Mengapa Lala kesal kepada Kiki?

·         Dari mana Lala mengetahui baju itu tidak muat lagi untuknya?

·         Menurutmu, bagaimana perasaan Lala setelah memutuskan akan memberikan bajunya kepada Kiki?

·         Apakah kalian juga punya adik? Bagaimana perasaan kalian jika barang kalian diminta adik?

·         Bayangkan diri kalian sebagai Kiki. Bagaimana perasaan kalian jika memiliki kakak seperti Lala?

2. Peserta didik membaca cerita “Suka dan Tidak Suka” dengan nyaring, guru memperhatikan pengucapan peserta didik.

 

B. Berdiskusi

Kalimat Transitif dan Intransitif

Kalimat transitif adalah kalimat yang terdiri atas tiga unsur wajib, yaitu Subjek, Predikat, dan Objek. Pada kalimat jenis ini, kata kerja (verba) yang digunakan adalah verba transitif yang menuntut adanya objek. Tanpa objek, kalimat transitif menjadi tidak lengkap dan salah.

 

Kalimat intransitif adalah kalimat yang hanya memiliki dua unsur wajib, yaitu Subjek dan Predikat. Baik kalimat transitif maupun intransitif dapat memiliki unsur tak wajib seperti keterangan waktu dan/atau keterangan tempat.

 

Berikut ini contoh Kalimat Transitif dan Intransitif


C. Menulis

1. Peserta didik membaca ulang cerita “Tak Muat Lagi” lalu menyalin Kalimat Transitif dan Intransitif di buku tulis masing-masing.

 

Kalian tentu ingat unsur-unsur yang membentuk sebuah kalimat, yaitu Subjek, Predikat, Objek, dan Keterangan. Ada kalimat yang hanya terdiri atas Subjek dan Predikat. Ada pula kalimat yang memerlukan Objek. Kalimat transitif adalah kalimat yang memerlukan objek. Tanpa objek, kalimat transitif menjadi tidak lengkap dan salah. Kalimat intransitif adalah kalimat yang tidak memerlukan objek.

 

2. Materi pokok "Kalimat transitif dan intransitif Tanda baca". Peserta didik melakukan aktivitas menuliskan pengalamannya di rumah terkait barang-barangnya yang tidak dipakai lagi.

 

Bagaimana kebiasaan di rumah kalian terhadap barang-barang yang sudah tidak kalian pakai? Apakah baju, sepatu, tas, atau buku kalian dijual, diberikan kepada adik, atau disumbangkan? Ceritakan dan tuliskan di buku tulis kalian. Ketika menulis, perhatikan untuk:

·         Menggunakan tanda baca yang tepat; dan

·         Menggunakan setidaknya 2 kalimat transitif dan 2 kalimat intransitif

 

3. Materi pokok "Menulis kalimat". Peserta didik mencari arti kata dalam kamus kemudian menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat berstruktur SPOK.

 

a. Cara Mencari Mata di Dalam Kamus Cetak

·         Perhatikan kata-kata yang ada di dalam kamus cetak. Urutan kata-kata tersebut disusun sesuai abjad.

·         Perhatikan huruf pertama kata yang kalian cari. Bukalah kamus pada bagian huruf tersebut.

·         Jika kata tersebut kata berimbuhan, kenali kata dasarnya terlebih dahulu. Perhatikan huruf pertama kata dasar tersebut.

·         Kalian tidak perlu mengurutkan kata satu per satu, cukup perhatikan huruf kedua dan ketiga dari kata yang kalian cari.

·         Lihatlah huruf sebelum arti kata. Huruf itu menunjukkan kelas kata tersebut.

 

b. Cara Mencari Mata di Dalam Kamus Online

·         Bukalah laman kbbi.kemdikbud.go.id

·         Ketikkan kata yang kalian cari di kotak pencarian.

·         Dapatkan artinya.

·         Lihatlah huruf sebelum arti kata. Huruf tersebut menunjukkan kelas kata yang dimaksud.

4. Materi pokok "Menulis surat Kosakata baru Kalimat transitif intransitif". Setelah mendapat penjelasan dari guru, peserta didik menulis surat kepada sepupu/temannya.

 

D. Menyimak

Peserta didik menyimak teks "Fobia”

Fobia adalah ketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya.

 

Contoh fobia:

• Ofidiofobia: fobia terhadap ular

• Koulrofobia: fobia terhadap badut

• Arakhnofobia: fobia terhadap laba-laba

• Astrafobia: fobia terhadap guntur dan kilat

 

Berikut ini yang perlu untuk diketahui tentang Gejala Fobia:

 

Cara mencari kata di dalam kamus

A. Kamus Cetak

1. Perhatikan kata-kata yang ada di dalam kamus cetak. Urutan kata-kata tersebut disusun sesuai abjad.

2. Perhatikan huruf pertama kata yang kalian cari. Bukalah kamus pada bagian huruf tersebut.

3. Jika kata tersebut kata berimbuhan, kenali kata dasarnya terlebih dahulu. Perhatikan huruf pertama kata dasar tersebut.

4. Kalian tidak perlu mengurutkan kata satu per satu, cukup perhatikan huruf kedua dan ketiga dari kata yang kalian cari.

5. Lihatlah huruf sebelum arti kata. Huruf itu menunjukkan kelas kata tersebut.

 

Contoh 1: Kata yang dicari: panik

1. Bukalah kamus pada bagian huruf P.

2. Huruf kedua adalah /a/, carilah daftar kata yang dimulai dengan suku kata /pa/.

3. Telusuri daftar kata /pa/ yang diikuti dengan huruf /n/ menjadi /pan/ dan seterusnya sampai kalian menemukan kata “panik”.

4. Dapatkan artinya.

5. Lihatlah huruf sebelum arti kata “panik”.

6. Huruf /a/ ini menunjukkan bahwa kata “panik’ termasuk kelas adjektif (kata sifat).

 

Contoh 2: Kata yang dicari: berkonsultasi

1. Kenali kata dasarnya yaitu konsultasi.

2. Bukalah kamus pada bagian huruf K.

3. Huruf kedua adalah /o/, maka carilah daftar kata yang dimulai dengan suku kata /ko/.

4. Telusuri daftar kata /ko/ yang diikuti dengan huruf /n/ menjadi /kon/ sampai kalian menemukan kata “konsultasi”.

5. Dapatkan artinya.

6. Lihatlah huruf sebelum arti kata “konsultasi” dan kata “berkonsultasi”.

 

Huruf n sebelum arti kata “konsultasi” menunjukkan bahwa kata “konsultasi” termasuk kelas nomina (kata benda), dan kata “berkonsultasi” termasuk kelas verba (kata kerja).

 

B. Kamus


1. Bukalah laman kbbi.kemdikbud.go.id

2. Ketikkan kata yang kalian cari di kotak pencarian.

3. Dapatkan artinya.

4. Lihatlah huruf sebelum arti kata. Huruf tersebut menunjukkan kelas kata yang dimaksud.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 1 “Sudah Besar” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & SIswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 1 “Sudah Besar” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel