Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 2 “Di Bawah Atap” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 2 yaitu materi yang berjudul Di Bawah Atap dengan Tema "Tugas di Rumah atau Sekolah"

 


Tidak terasa kini sekolah telah hampir semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas.

 

Di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari.

 

Nah melalui kesempatan inilah admin kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 2 semester 1 kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Adapun judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 2 yaitu berjudul “Di Bawah Atap”.

Dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 2 semester 1 yang berjudul “Di Bawah Atap” ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu sebagai berikut:

• memahami isi teks yang dibacakan;

• mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia;

• menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas; dan

• mencari informasi dan mempresentasikannya.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 2 “Di Bawah Atap” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 2 Di Bawah Atap

Kegiatan Utama

• Menyimak teks yang dibacakan.

• Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.

• Menuliskan kata berimbuhan ‘me-’.

• Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.

• Menulis paragraf deskripsi.

 

Kegiatan Pendukung

• Membuat daftar piket kelas.

• Mendiskusikan tip hemat listrik.

 

A. Menyimak

Menyimak dengan saksama dan memahami informasi dalam teks yang dibacakan.

·         Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

 

Peserta didik menyimak teks Cerita “Kepala Suku Len” yang dibacakan guru, kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan.

1. Mengapa Tigor suka menyiram tanaman?

2. Apakah yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman?

3. Disebut apakah tanaman Kak Tiur?

4. Mengapa tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram?

5. Siapakah Molen?

6. Siapakah yang tidak membolehkan Tigor menyiram tanaman secara berlebihan?

 

B. Berdiskusi

Berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan menanggapi pernyataan teman diskusi dan menyampaikan pendapat menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi.

·         Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu menyampaikan pendapat dengan aktif.

 

Peserta didik menyampaikan pendapat untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.

1. Apakah kalian juga punya tugas yang kalian sukai di rumah?

Apa yang kalian kerjakan?

Apakah kalian melakukannya setiap hari?

Apa yang membuat kalian menyukainya?

2. Apakah Molen memang kepala suku tanaman Kak Tiur? Jelaskan jawaban kalian!

3. Tigor mengatakan dia bersuku Batak. Dari provinsi manakah suku Batak berasal?

4. Tigor menyebut ibunya “Inang”. Bagaimana kalian memanggil ibu kalian?

 

C. Membaca

Menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan berdasarkan pemahaman siswa terhadap tulisan dan gambar pendukung.

·         Melalui kegiatan memasangkan kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

Mengidentifikasi dan memahami kata-kata yang memiliki makna jamak yang sering digunakan sehari-hari.

·         Melalui kegiatan mengisi tabel homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan tepat.

 

Peserta didik menyalin daftar kata di buku tulis dan memasangkannya dengan artinya.

Salinlah kata-kata dan arti kata berikut ini ke buku tulis kalian.

Pasangkan kata dengan arti yang sesuai dan tepat. Buatlah garis lurus untuk menghubungkannya. Mulailah dengan kata yang paling mudah.


D. Menulis

Menulis kata-kata yang sering ditemui menggunakan pengetahuannya tentang kombinasi semua huruf.

·         Melalui latihan, peserta didik dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.

 

Kalian sudah mengenal awalan ‘me-’ sebagai pembentuk kata kerja. Tergantung kata dasarnya, awalan ‘me-’ bisa berubah bentuk menjadi ‘men-’, ‘mem-’,‘menge-’, ‘meny-’, atau tetap ‘me-’.

Perhatikan contoh berikut ini!

1. menyanyi

2. melihat

3. meminum

4. menginjak

5. mendengar

6. mengobrol

7. menulis

8. memfoto

9. membuka

10. mengupas

11. memegang

 

E. BERDISKUSI

Menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi agar mudah dipahami pendengar.

·         Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik.

 

Kalian sudah bercerita tentang tugas yang kalian lakukan di rumah. Bagaimana dengan di sekolah? Tugas apa saja yang ada di sekolah atau kelas kalian? Siapakah yang menyiram tanaman, menyapu kelas, merapikan buku, dan tugas-tugas lainnya?

1.       Diskusikan dan putuskan bersama tugas apa saja yang perlu dilakukan di sekolah atau kelas kalian.

2.       Buatlah kelompok sebanyak hari belajar kalian di sekolah. Jika kalian belajar Senin sampai Jumat, berarti kalian perlu membuat 5 kelompok.

3.       Tetapkan kelompok yang bertugas hari Senin, hari Selasa, dan seterusnya.

4.       Di setiap kelompok, pilih satu orang untuk menjadi ketua kelompok. Ketua kelompok bertanggung jawab dan memastikan semua anggotanya bertugas dengan baik.

5.       Berbicaralah dengan jelas agar mudah dipahami oleh teman-teman.

 

F. MEMBACA

Membaca dan mengucapkan kata-kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.

·         Melalui kegiatan membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar pada Cerita “Ada Vampir di Rumah Ini”

·         Peserta didik membaca ulang teks, menutup buku, kemudian menjawab pertanyaan.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Tanpa melihat buku, sampaikan kembali secara singkat isi cerita tersebut!

2. Cerita seperti apa yang kalian bayangkan saat pertama kali membaca judulnya?

3. Bagaimana pendapat kalian tentang judul cerita tersebut?

4. Apa yang membuat sikap Sani berubah di akhir cerita?

5. Apakah gambar diatas membantu kalian memahami cerita?

6. Menurut kalian, apa hubungan antara vampir, kelelawar, dan alat listrik di dalam cerita ini?


Kalian bisa melihat bahwa ketiga kalimat itu dapat diuraikan menjadi dua kalimat terpisah. Kalimat seperti itu disebut kalimat majemuk.

Kalimat majemuk adalah kalimat yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kalimat atau lebih. Untuk menyambungkan antarkalimat penyusun ini, biasanya digunakan kata hubung atau konjungsi.

 

Pada contoh-contoh di atas, kedua kalimat penyusun memiliki kedudukan yang sederajat. Keduanya dapat menjadi kalimat sendiri kalau konjungsi dihilangkan. Kalimat majemuk yang seperti ini disebut kalimat majemuk setara.

 

Konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya sama), tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebab-akibat), dan lain-lain

 

G. Menulis

Menuliskan kalimat dengan unsur subjek, predikat, objek, dan keterangan, menggunakan kombinasi kata benda dan kata sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan.

·         Melalui kegiatan membuat kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia.

 

Pernahkah kalian mengalami pemadaman listrik seharian atau berada di daerah yang belum ada listrik?

Tuliskan pengalaman kalian tersebut dalam dua atau tiga paragraf.

Tulislah dengan struktur kalimat yang baik. Gunakan pengetahuan kebahasaan yang kalian dapat dari bab ini.

Ceritakan, misalnya:

• Apa yang kalian lakukan jika hari panas sekali?

• Apa yang kalian pakai untuk penerangan pada malam hari?

• Apa yang kalian rasakan saat itu, apakah bosan, marah, atau takut?

Tulislah secara jelas semua yang kalian lakukan, lihat, dengar, dan rasakan melalui indra kalian, sehingga orang lain yang membaca dapat membayangkan dan seolah-olah dapat merasakannya pula.

Paragraf seperti ini disebut paragraf deskripsi.

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 2 “Di Bawah Atap” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 2 “Di Bawah Atap” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel