Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 2 Kurikulum Merdeka
Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 2 “Di Bawah Atap” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.
Halo sahabat kherysuryawan, selamat
berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya
akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1
kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 2 yaitu materi yang
berjudul Di Bawah Atap dengan Tema
"Tugas di Rumah atau Sekolah"
Tidak terasa kini sekolah telah hampir
semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran
siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan
kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah
mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku
teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses
belajar mengajar di kelas.
Di dalam buku teks pelajaran kurikulum
merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah
berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang
di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa
dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah
diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi
yang akan dipelajari.
Nah melalui kesempatan inilah admin
kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk
materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 2 semester 1
kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku
paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.
Adapun judul materi yang akan di
pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 2 yaitu berjudul “Di
Bawah Atap”.
Dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia
kelas 4 Bab 2 semester 1 yang berjudul “Di Bawah Atap” ini ada beberapa tujuan
pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu sebagai berikut:
• memahami isi
teks yang dibacakan;
• mengenali
dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia;
• menyampaikan
pendapat dengan kalimat yang jelas; dan
• mencari
informasi dan mempresentasikannya.
Baiklah bagi anda yang ingin melihat
ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 2 “Di Bawah
Atap” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :
Bab 2 Di Bawah Atap
Kegiatan Utama
• Menyimak
teks yang dibacakan.
• Membaca teks
dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
• Menuliskan
kata berimbuhan ‘me-’.
• Berdiskusi
sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.
• Menulis
paragraf deskripsi.
Kegiatan Pendukung
• Membuat
daftar piket kelas.
•
Mendiskusikan tip hemat listrik.
A. Menyimak
Menyimak dengan saksama dan memahami
informasi dalam teks yang dibacakan.
·
Melalui kegiatan menyimak
cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi,
serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
Peserta didik menyimak teks Cerita
“Kepala Suku Len” yang dibacakan guru, kemudian menjawab pertanyaan yang
diajukan.
1. Mengapa
Tigor suka menyiram tanaman?
2. Apakah
yang sering dilakukan Tigor saat menyiram tanaman?
3. Disebut
apakah tanaman Kak Tiur?
4. Mengapa
tanaman Kak Tiur tidak boleh sering disiram?
5. Siapakah
Molen?
6. Siapakah
yang tidak membolehkan Tigor menyiram tanaman secara berlebihan?
B. Berdiskusi
Berpartisipasi aktif dalam diskusi
dengan menanggapi pernyataan teman diskusi dan menyampaikan pendapat menggunakan
kata kunci yang relevan dengan topik bahasan diskusi.
·
Melalui kegiatan diskusi, siswa
mampu menyampaikan pendapat dengan aktif.
Peserta didik menyampaikan pendapat
untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.
1. Apakah
kalian juga punya tugas yang kalian sukai di rumah?
Apa yang
kalian kerjakan?
Apakah kalian
melakukannya setiap hari?
Apa yang
membuat kalian menyukainya?
2. Apakah
Molen memang kepala suku tanaman Kak Tiur? Jelaskan jawaban kalian!
3. Tigor
mengatakan dia bersuku Batak. Dari provinsi manakah suku Batak berasal?
4. Tigor
menyebut ibunya “Inang”. Bagaimana kalian memanggil ibu kalian?
C. Membaca
Menjelaskan arti kosakata baru pada teks
yang dibacakan berdasarkan pemahaman siswa terhadap tulisan dan gambar
pendukung.
·
Melalui kegiatan memasangkan
kata, peserta didik dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang
dibacakan dengan benar.
Mengidentifikasi dan memahami kata-kata
yang memiliki makna jamak yang sering digunakan sehari-hari.
·
Melalui kegiatan mengisi tabel
homonim, peserta didik dapat memahami kata-kata yang memiliki makna jamak dengan
tepat.
Peserta didik menyalin daftar kata di
buku tulis dan memasangkannya dengan artinya.
Salinlah kata-kata dan arti kata berikut
ini ke buku tulis kalian.
Pasangkan kata dengan arti yang sesuai
dan tepat. Buatlah garis lurus untuk menghubungkannya. Mulailah dengan kata
yang paling mudah.
D. Menulis
Menulis kata-kata yang sering ditemui
menggunakan pengetahuannya tentang kombinasi semua huruf.
·
Melalui latihan, peserta didik
dapat mengenali perubahan bentuk awalan ‘me-’ dan menggunakannya sesuai
ketentuan bahasa Indonesia dengan benar.
Kalian sudah mengenal awalan ‘me-’
sebagai pembentuk kata kerja. Tergantung kata dasarnya, awalan ‘me-’ bisa
berubah bentuk menjadi ‘men-’, ‘mem-’,‘menge-’, ‘meny-’, atau tetap ‘me-’.
Perhatikan contoh berikut ini!
1. menyanyi
2. melihat
3. meminum
4. menginjak
5. mendengar
6. mengobrol
7. menulis
8. memfoto
9. membuka
10. mengupas
11. memegang
E. BERDISKUSI
Menunjukkan antusiasme dan kepercayaan
diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi agar mudah
dipahami pendengar.
·
Melalui diskusi kelompok,
peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan
intonasi yang baik.
Kalian sudah bercerita tentang tugas
yang kalian lakukan di rumah. Bagaimana dengan di sekolah? Tugas apa saja yang
ada di sekolah atau kelas kalian? Siapakah yang menyiram tanaman, menyapu
kelas, merapikan buku, dan tugas-tugas lainnya?
1. Diskusikan dan putuskan bersama tugas apa saja yang perlu dilakukan
di sekolah atau kelas kalian.
2. Buatlah kelompok sebanyak hari belajar kalian di sekolah. Jika
kalian belajar Senin sampai Jumat, berarti kalian perlu membuat 5 kelompok.
3. Tetapkan kelompok yang bertugas hari Senin, hari Selasa, dan seterusnya.
4. Di setiap kelompok, pilih satu orang untuk menjadi ketua kelompok.
Ketua kelompok bertanggung jawab dan memastikan semua anggotanya bertugas
dengan baik.
5. Berbicaralah dengan jelas agar mudah dipahami oleh teman-teman.
F. MEMBACA
Membaca dan mengucapkan kata-kata yang
panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap
kombinasi huruf.
·
Melalui kegiatan membaca
nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang panjang dengan benar pada
Cerita “Ada Vampir di Rumah Ini”
·
Peserta didik membaca ulang
teks, menutup buku, kemudian menjawab pertanyaan.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut
ini!
1. Tanpa
melihat buku, sampaikan kembali secara singkat isi cerita tersebut!
2. Cerita
seperti apa yang kalian bayangkan saat pertama kali membaca judulnya?
3. Bagaimana
pendapat kalian tentang judul cerita tersebut?
4. Apa yang
membuat sikap Sani berubah di akhir cerita?
5. Apakah
gambar diatas membantu kalian memahami cerita?
6. Menurut kalian, apa hubungan antara vampir, kelelawar, dan alat listrik di dalam cerita ini?
Kalian bisa melihat bahwa ketiga kalimat
itu dapat diuraikan menjadi dua kalimat terpisah. Kalimat seperti itu disebut
kalimat majemuk.
Kalimat majemuk adalah kalimat yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kalimat atau
lebih. Untuk menyambungkan antarkalimat penyusun ini, biasanya digunakan kata
hubung atau konjungsi.
Pada contoh-contoh di atas, kedua
kalimat penyusun memiliki kedudukan yang sederajat. Keduanya dapat menjadi
kalimat sendiri kalau konjungsi dihilangkan. Kalimat majemuk yang seperti ini
disebut kalimat majemuk setara.
Konjungsi yang biasa dipakai dalam
kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang
situasinya sama), tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya
berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebab-akibat),
dan lain-lain
G. Menulis
Menuliskan kalimat dengan unsur subjek,
predikat, objek, dan keterangan, menggunakan kombinasi kata benda dan kata
sifat yang sesuai dengan konteks topik bahasan.
·
Melalui kegiatan membuat
kalimat, peserta didik menggunakan kosakata baru dalam kalimat dengan benar
sesuai ketentuan bahasa Indonesia.
Pernahkah kalian mengalami pemadaman
listrik seharian atau berada di daerah yang belum ada listrik?
Tuliskan pengalaman kalian tersebut
dalam dua atau tiga paragraf.
Tulislah dengan struktur kalimat yang
baik. Gunakan pengetahuan kebahasaan yang kalian dapat dari bab ini.
Ceritakan, misalnya:
• Apa yang
kalian lakukan jika hari panas sekali?
• Apa yang
kalian pakai untuk penerangan pada malam hari?
• Apa yang
kalian rasakan saat itu, apakah bosan, marah, atau takut?
Tulislah secara jelas semua yang kalian
lakukan, lihat, dengar, dan rasakan melalui indra kalian, sehingga orang lain
yang membaca dapat membayangkan dan seolah-olah dapat merasakannya pula.
Paragraf seperti ini disebut
paragraf deskripsi.
Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa
Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 2 “Di Bawah Atap” yang akan dipelajari pada
kurikulum merdeka.
Bagi anda yang ingin mengetahui materi
keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks
pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin
bagikan filenya pada judul di bawah ini :
- Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)
Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 2 “Di Bawah Atap” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.