Rangkuman Materi B. Indonesia Kelas 4 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Bab 3 “Lihat Sekitar” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 3 yaitu materi yang berjudul Lihat Sekitar dengan Tema "Lalu Lintas"

 


Tidak terasa kini sekolah telah hampir semuanya menggunakan kurikulum merdeka, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran siswa dan guru harus menggunakan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Saat ini pusat perbukuan kemendikbud ristek telah mengeluarkan buku teks pelajaran yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Buku teks tersebut akan di gunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar di kelas.

 

Di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD telah berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari.

 

Nah melalui kesempatan inilah admin kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Bab 3 semester 1 kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku paket mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Adapun judul materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 3 yaitu berjudul “Lihat Sekitar”.

Dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 3 semester 1 yang berjudul “Lihat Sekitar” ini ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk dicapai, diantaranya yaitu sebagai berikut:

• menulis teks dengan struktur argumentasi;

• mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ serta menggunakannya;

• menyampaikan petunjuk arah; dan

• menuliskan teks dengan struktur deskripsi.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Bab 3 “Lihat Sekitar” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab III Lihat Sekitar

Kegiatan Utama

• Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.

• Menulis paragraf argumentasi.

• Mendiskusikan isi teks dan gambar.

• Menuliskan kata berimbuhan ‘ber-’.

• Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.

• Menulis paragraf deskripsi.

 

Kegiatan Pendukung

• Membuat rambu-rambu.

 

A. Membaca

Memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada teks dengan menggunakan petunjuk visual dan konteks kalimat yang mendukung.

·         Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat.

·         Peserta didik membaca cerita “Awas!”, kemudian mengerjakan latihan terkait kata-kata baru.

 

Perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita “Awas!” di atas. Tahukah kalian artinya? Agar kalian lebih paham, lengkapilah kalimat di bawah ini dengan kata-kata yang sesuai.

sigap, helm, mengayuh, klakson, lampu lalu lintas, mengerem

 

1. Rudi membunyikan bel sepedanya, Bang Tanto membunyikan … sepeda motornya.

2. Nelayan mendayung sampan, Rudi …. sepeda.

3. Ayo, bergeraklah dengan …, jangan bermalas-malasan!

4. Rudi … sepedanya supaya berhenti.

5. … dipakai untuk melindungi kepala.

6. Jika … menyala merah, berarti kendaraan harus berhenti.

 

B. Berdiskusi

Menjelaskan penyebab terjadinya suatu masalah atau kejadian, dan mengelaborasi perasaan diri sendiri dan orang lain.

·         Melalui berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

·         Peserta didik menyampaikan pendapat untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.

 

Diskusikanlah kembali cerita “Awas!” bersama teman dan guru.

Kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi.

1. Di mana Rudi berada?

2. Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?

3. Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?

4. Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi?

5. Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?

6. Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah!

 

Paragraf Argumentasi

Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu:

         mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;

         ada data akurat yang dipakai untuk meyakinkan orang lain;

         menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;

         terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

 

C. Menyimak

Memahami dan menjelaskan isi teks dan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan.

         Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan yang berjudul “jauh dan dekat”, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru

 

Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!

a.       Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?

b.       Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?

c.       Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?

d.       Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

 

Awalan ‘ber-’

Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan ‘ber-’. Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan ber- tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.

 

Penulisan kata yang memiliki imbuhan ‘ber’- termasuk mudah, yaitu ‘ber-’ + kata dasar.

 

Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel di bawah ini!


D. Menulis

Menuliskan kalimat dengan unsur subjek, predikat, dan objek, sesuai ketentuan bahasa Indonesia.

         Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat.

 

Berilah imbuhan ‘ber-’ atau ‘ber-’ + ‘-an’ pada kata yang ada dalam kurung sehingga menjadi kalimat yang benar.

a. Capung (terbang) di udara.

b. Bibi (cermin) sambil mematut diri.

c. Bima (sekolah) di SD Tunas Mulia.

d. Adik (ajar) membaca.

e. Tuti (rambut) panjang.

f. Petani (kerja) di sawah.

g. Tina dan Tini (main) petak umpet.

h. Kerbau (rendam) di kubangan.

 

E. Mengamati

Amatilah denah berikut ini bersama-sama! Carilah air mancur bertanda Y!

Jika kalian berada di X, telusuri jalan yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y.

 

Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lain-lainnya.

Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda. Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?


Berikut ini kosa kata terkait arah:


F. Kreatifitas

Saatnya berkreasi!

Untuk kegiatan ini, kalian perlu bekerja bersama.

1.       Perhatikan lingkungan sekolah dan sekitar sekolah! Menurut kalian, adakah tempat-tempat yang perlu diberi rambu-rambu, misalnya tanda tempat penyeberangan di depan sekolah. Di pojok baca atau di perpustakaan kalian bisa memasang tanda larangan makan atau minum. Di halaman sekolah kalian bisa memasang petunjuk tempat membuang sampah. Tanyakan kepada guru apakah kalian boleh menciptakan rambu-rambu dengan kreativitas dan imajinasi kalian sendiri.

2.       Bersama teman-teman, buatlah gambar rambu-rambu tersebut. Kalian bisa menggunakan karton, manila, kardus bekas, atau kertas bekas. Berilah warna yang sesuai dengan tujuan rambu-rambu tersebut.

3.       Tempelkan atau pasanglah di tempat yang sesuai! Kalau perlu, mintalah bantuan guru atau orang dewasa lainnya!


Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 3 “Lihat Sekitar” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 Bab 3 “Lihat Sekitar” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel