Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi IPA Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka dengan Judul “Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana”

Halo sahabat kherysuryawan, berjumpa kembali di website pendidikan. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan ringkasan materi yang berhubungan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas 8 SMP Kurikulum merdeka.

 


Pada postingan ini admin akan membahas tentang materi yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran IPA dikelas 8 SMP Kurikulum Merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 3 tentang “Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana”. Untuk memudahkan siswa dalam belajar maka disini admin sengaja membuatkan ringkasan materi agar bisa membantu siswa dalam belajar.

 

Kita ketahui bahwa saat ini sekolah sudah menerapkan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka maka darinya itu disini admin akan membahas materi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA kelas 8. Jika disekolah anda sudah menggunakan kurikulum merdeka dan anda sedang membutuhkan informasi tentang materi IPA kelas 8 Kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1 maka anda bisa mendapatkan informasinya pada artikel ini karena disini admin akan membagikan Rangkuman materi IPA Kelas 8 Bab 3 “Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana” yang akan di pelajari pada kurikulum merdeka.

 

Sebagai informasi bahwa pada mata pelajaran IPA kelas 8 SMP kurikulum merdeka Bab 3“Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana” ada 3 sub materi yang akan di pelajari didalamnya. Untuk mengetahui informasi detailnya maka di bawah ini sub materi yang akan di pelajari pada Bab 3:

A. Usaha

B. Energi

C. Pesawat Sederhana

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat rangkuman/ringkasan materi yang ada pada mata pelajaran IPA Kelas 8 Bab 3 “Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian ringkasannya secara lengkap di bawah ini :

 

Bab 3 Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana

A. Usaha

1. Memindahkan Benda

Yang dilakukan oleh orang yang mengangkut hasil perkebunan dengan gerobak beroda adalah bentuk usaha. Di dalam sains, usaha adalah upaya untuk memindahkan suatu benda/beban pada jarak tertentu. Jika dirumuskan adalah sebagai berikut,

W = F.s

 

Dengan,

W = Usaha (Joule)

F = Gaya yang diberikan (Newton)

s = perpindahan benda (meter)

 

2. Daya

Jika seseorang mendorong gerobak berisi sawit dari tempat mula-mula hingga di penampungan sejauh 200 meter, maka orang tesebut telah melakukan usaha atau mengeluarkan tenaga sebesar gaya dorong dikalikan jarak tempuh. Selain besarnya gaya dan jarak, ada lagi variabel yang perlu diketahui yang berkaitan untuk efektivitas usaha yang dilakukan. Variabel tersebut adalah waktu.

Jika ada dua orang mendorong gerobak sawit dengan besar gaya dorong dan jarak tempuh yang sama namun waktu yang diperlukan berbeda, maka kedua orang tersebut memiliki daya yang berbeda.

 

Daya (P) atau dikenal juga dengan laju energi adalah besar total energi yang dipergunakan dalam setiap detiknya. Secara matematika perumusannya dapat ditentukan dengan cara membagi besar usaha (W) dengan selang waktunya (t),

P = w : t

 

Dengan

P = Daya dengan satuan (watt)

W = Energi dengan satuan (joule)

t = selang waktu yang diperlukan (sekon)

 

B. Energi

1. Energi Kinetik

Karena benda yang bergerak pasti memiliki kecepatan, maka energi kinetik akan sebanding dengan kecepatan yang terjadi. Yang perlu diingat adalah, semakin cepat benda bergerak, energinya akan naik sebanding kuadrat kecepatannya. Secara matematis, perumusan energi kinetik dapat dituliskan seperti persamaan (3) berikut,

Karena benda yang bergerak akan berpindah posisi (s), maka energi kinetik benda akan sebanding dengan usaha benda tersebut. Keduanya memiliki satuan yang sama yaitu Joule. Perubahan energi kinetik suatu benda sebanding dengan usaha benda bergerak yang dalam perumusannya dituliskan sebagai berikut,


2. Energi Potensial

Buah-buah yang jatuh dari pohonnya memiliki energi yang disebut energi potensial. Energi potensial adalah energi benda akibat dari posisinya maupun bentuk dan susunannya. Karena itu energi potensial akan bernilai besar jika posisinya semakin tinggi dari permukaan tanah. Ungkapan matematis energi potensial diungkapkan pada persamaan berikut ini.

Karena energi potensial sebanding dengan jarak perpindahan benda, maka energi potensial juga sebanding dengan usaha benda tersebut. Secara matematis,

 

3. Energi Mekanik

Setiap benda yang bergerak di permukaan bumi pada umumnya adalah gabungan dari energi kinetik dan energi potensial. Gabungan kedua energi tersebut menghasilkan total energi yang disebut sebagai energi mekanik.

 

Secara matematis energi mekanik dapat dituliskan pada persamaan berikut:

Em = Ep + Ek

 

Dengan,

Em = Energi mekanik (Joule)

Ep = Energi Potensial (Joule)

Ek = Enegi kinetik (Joule)

 

C. Pesawat Sederhana

1. Manusia membutuhkan pesawat sederhana

Secara umum pesawat sederhana adalah peralatan sederhana yang biasa kita gunakan untuk mempermudah atau membantu manusia dalam melakukan kerja atau usaha kita sehari hari.

 

Bagaimana pesawat sederhana membantu memper mudah pekerjaan manusia?

a. Pesawat sederhana dapat meningkatkan besar gaya angkat atau dorong pada suatu objek.

Contoh: Tuas atau pengungkit.

 

b. Pesawat Sederhana dapat meningkatkan jarak untuk gaya dapat bekerja.

Contohnya: Bidang miring

 

c. Pesawat Sederhana dapat mengubah arah gaya yang bekerja.

Contohnya: kapak kayu

 

2. Macam-Macam Pesawat Sederhana

a. Katrol

Katrol adalah roda yang sekelilingnya diberi tali, biasa dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia untuk menarik beban.

Secara umum, ada tiga macam katrol yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk

 

b. Roda

Roda merupakan benda yang umum kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Roda sangat meringankan pekerjaan manusia. Roda merupakan salah satu jenis pesawat sederhana yang menggunakan prinsip menghubungkan roda pada sebuah poros yang dapat diputar secara bersamaan.

 

c. Bidang Miring

Bidang miring adalah pesawat sederhana yang berupa papan/bidang yang dibuat miring. Tujuannya adalah untuk memperkecil usaha saat memindahkan beban yang berat.

 

Keuntungan mekanik bidang miring:


d. Pengungkit

Pengungkit yaitu pesawat sederhana yang dibuat dari sebatang benda yang keras (seperti balok kayu, batang bambu, atau batang logam) yang digunakan untuk mengangkat atau mencongkel benda. Pengungkit dapat memudahkan usaha dengan cara menggandakan gaya kuasa dan mengubah arah gaya.

 

Jenis jenis Pengungkit

a. Pengungkit jenis 1

Pengungkit jenis 1 posisi titik titik tumpu berada di tengah-tengah beban dan kuasa.

Contoh ; gunting

 

b. Pengungkit jenis 2

Pengungkit jenis 2 titik beban berada di tengahtengah antara lengan kuasa dan titi tumpu.

Contoh ; alat pembuka botol

 

c. Pengungkit jenis 3

Pengungkit jenis 3, posisi titik kuasa berada di tengah-tengah antara beban dan titik tumpu.

Contoh ; pemotong kuku

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 8 SMP Bab 3 “Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran IPA Kelas 8 SMP kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa IPA Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi IPA Kelas 8 SMP Bab 3 “Usaha, Energi dan Pesawat Sederhana” yang nantinya akan dipelajari pada pembelajaran kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam memperoleh bahan pembelajaran khususnya untuk mapel IPA jenjang SMP kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel