Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 2 “Daur Ulang Kerajinan dari Plastik” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Ringkasan/rangkuman materi seni rupa yang akan admin sajikan disini ialah untuk jenjang SD khususnya untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari nantinya yaitu berjumlah 12 Unit yang mana dari ke 12 unit tersebut nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1.

 

Adapun materi yang akan diringkas dan disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa kelas 4 SD Unit 2 yang berjudul “Daur Ulang Kerajinan dari Plastik”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 kelas 4 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi yang akan di pelajari di Unit 2 ini.

 

Selain ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka Unit 2 “Daur Ulang Kerajinan dari Plastik” yang akan admin bagikan pada artikel ini admin kheryuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari dikelas 4 kurikulum merdeka.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 2 “Daur Ulang Kerajinan dari Plastik” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Unit 2 Daur Ulang Kerajinan dari Plastik

Pada unit 2 ini ada beberapa Tujuan Pembelajaran yang akan di capai yaitu sebagai berikut :

1.       Siswa dapat menganalisis masalah sampah plastik dalam kelestarian lingkungan sekitar

2.       Siswa dapat memilih dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni kriya

3.       Siswa dapat merancang seni kriya berdasarkan bahan sampah plastik yang telah dimilikinya

4.       Siswa dapat membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastic

 

Pada pembelajaran unit 2 ini siswa akan memahami masalah lingkungan terutama masalah limbah plastik di sekitar lingkungan sekolah atau luar sekolah. Dalam proses pembelajaran, guru dapat memilih model pembelajaran berbasis proyek secara berkelompok atau model lain yang dipandang cocok untuk mengeksplorasi limbah plastik dan pemenfaatannya sebagai bahan untuk pembeuatan seni kriya. Untuk mengukur kompetensi dilakukan melalui penilaian tes tertulis dan uji kinerja membuat karya daur ulang limbah plastik menjadi seni kriya.

 

A. Plastik dan Masalah Lingkungan

Sampah plastik terus bertambah setiap hari hingga lingkungan kita dipenuhi oleh sampah jenis ini. Salah satu masalah dari sampah plastik adalah ia tidak bisa dilenyapkan atau dipunahkan sehingga jumlahnya terus bertambah seiring dengan benda-benda dari plastik yang terus diproduksi. Jalan keluar yang mungkin dilakukan adalah mendaur ulang sampah plastik atau mengolahkan menjadi benda yang berguna seperti vas bunga, wadah alat-alat tulis, akuarium atau hiasan.

 

B. Contoh-Contoh Bahan Limbah Plastik

Keberadaan bahan limbah plastik yang dapat digunakan untuk membuat karya seni kriya yang dapat diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Beberapa contoh bahan limbah plastik, di antaranya: sedotan minuman, plastik bekas botol air kemasan dan lain sebagainya.

 

C. Merancang Seni Kriya

Bahan Plastik Topik pelajaran seni rupa kali ini adalah usaha memperkenalkan masalah lingkungan ini serta jalan keluarnya secara sederhana, yaitu mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna dan berharga.

Berikut ini contoh gambar seni kriya dari bahan plastic

 

Sebelum membuat karya kriya dari bahan limbah plastik, para siswa di bawah bimbingan guru merancang sebuah karya kriya melalui pemanfaatan plastik. Sebagai contoh, guru dan siswa bisa membuat rancangan bunga plastik dati sedotan minuman dengan Langkah-langkah:

1) Mengumpulkan bahan sedotan plastik

2) Membersihkan bahan sedotan plastik agar aman

3) Menggambar model bunga plastik

4) Memotong bahan sedotan plastik sesuai rancangan gambar

5) Menyusun potongan bahan plastik sesuai rancangan

6) Mengkomposisikan bahan dengan memilih ukuran dan warna yang diiinginkan

7) Finishing karya

 

D. Membuat Benda Seni Kriya dari Bahan Plastik

Pada tahapan ini para siswa secara mandiri membuat seni kriya berupa bunga plastik yang berfungsi sebagai hiasan di ruangan. Teknik yang digunakan dengan cara memotong, mengikat, menempel dan mengkomposisikannya sehingga membentuk bunga dan rumpun bunga. Alat dan bahan yang digunakan, di antaranya:

• Sampah plastik dan kertas

• Gunting

• Cutter

• Lem kayu

• Lem kertas

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 2 “Daur Ulang Kerajinan dari Plastik” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 2 “Daur Ulang Kerajinan dari Plastik” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di kelas 4 SD Kurikulum merdeka.

Sekian dan Selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel