Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Ringkasan/rangkuman materi seni rupa yang akan admin sajikan disini ialah untuk jenjang SD khususnya untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari nantinya yaitu berjumlah 12 Unit yang mana dari ke 12 unit tersebut nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1.

 

Adapun materi yang akan diringkas dan disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa kelas 4 SD Unit 1 yang berjudul “Menggambar Rumah Tetangga”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 kelas 4 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi yang akan di pelajari di unit 1 ini.

 

Selain ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” yang akan admin bagikan pada artikel ini admin kheryuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari dikelas 4 kurikulum merdeka.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Unit 1 Menggambar Rumah Tetangga

Pada unit 1 ini ada beberapa Tujuan Pembelajaran yang akan di capai yaitu sebagai berikut :

1.       Siswa dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar (tetangga)

2.       Siswa dapat memahami kehidupan dan rumah para tetangga

3.       Siswa dapat memilih salah satu rumah yang paling dikenali dan dianggap paling menarik sebagai objek gambar/lukis

4.       Siswa dapat membuat gambar rumah tetangga yang telah dipilih berdasarkan prinsip seni rupa (sketsa, warna dan perspektif)

 

Menggambar rumah tetangga merupakan wahana untuk mengenal bangsa kita yang majemuk baik status/pekerjaan, jenis kelamin (gender) serta etnis dan agama. Kita perlu memperkenalkan realitas tersebut kepada siswa agar mereka dapat mengenal, memahami dan bersikap baik di tengah lingkungan sekitar yang beragam. Dalam menggambar rumah tetangga, para siswa diajak mengenal dan memahami kehidupan para tetangga, pemandangan rumah sambil diperkenalkan prinsip seni rupa dasar yaitu sketsa, perspektif dan mewarnai.

 

A. Memperkenalkan lingkungan sekitar yang beragam

Kita tinggal di sebuah lingkungan, namun terkadang kita kurang mengenal dan memahaminya dengan baik, kendati pemandangan alamnya sering kita saksikan dan orang-orangnya sering kita jumpai dan bahkan berbincang dengan akrab. Salah satu penyebabnya adalah karena kita belum memikirkan dan mengamatinya secara seksama, baik lingkungan fisik maupun sosialnya. Di antaranya adalah dengan memperhatikan bentuk-bentuk rumah, jenis pekerjaan, etnis dan agama para tetagga kita. Jika hal tersebut dilakukan, kita akan menjadi sadar betapa kayanya dunia kecil di sekitar kita. Melalui seni rupa, praktik pengamatan tersebut dapat menjadi pengalaman yang menarik karena siswa akan terlibat secara langsung dengan objek yang digambar/lukis.

 

B. Prinsip-prinsip seni rupa yang diperkenalkan

Dalam menggambar rumah tetangga, metode yang digunakan adalah dengan cara meniru (mimetis) secara sederhana objek yang telah dipilih oleh siswa. Adapun prinsip seni rupa yang diperkenakan adalah sketsa objek, perspektif (tampilan objek berdasarkan sudut dan jarak padang) dari depan dan warna (disesuaikan objek yang dilukis)—namun, siswa diperbolehkan memberi bentuk, warna dan perspektif yag berbeda dengan alasan tertentu (misalnya ukurannya tampak kecil karena terlihat dari jauh, warnanya lebih cerah karena terlihat di pagi hari). Guru dapat mempelajari masing-masing prinsip tersebut secara mandiri dari berbagai sumber terbuka dan menjelaskanya secara sederhana kepada siswa.

 

C. Lingkungan alam dan sosial sebagai kesatuan

Dua pokok di atas (a dan b) disampaikan sebagai kesatuan dalam pembelajaran agar melalui seni siswa mengenal lingkungan dan melalui lingkungan siswa mengenal seni. Guru dapat memulai dengan menceritakan lingkungan sosial dan alam sekitar untuk memancing pikiran dan imajinasi siswa. Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk menceritakan kehidupan para tetangga, bentuk rumah mereka dan rumah yang akan dipilih sebagai objek untuk digambar/lukis.


D. Tahapan dan alat menggambar

Sebaik-baiknya karya seni adalah karya yang berangkat dari pemahaman yang baik terhadap objek yang gambar/dibuat. Dari pemahaman yang baik diharapkan dapat berkembang menjadi manfaat berupa pengetahuan sosial dan arsitektural sederhana, sikap (santun dan peduli dengan tetangga) dan cita-rasa (keindahan).

Proses untuk mendapatkannya perlu dilakukan secara bertahap sebagai berikut:

1. Mengenal lingkungan alam (rumah) dan sosial sekitar (para tetangga)

2. Menentukan perspektif (sudut dan jarak pandang rumah yang digambar/lukis)

3. Membuat sketsa

4. Mewarnai

 

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Pensil atau pena

2. Kertas

3. Pewarna (spidol, krayon atau cat air)

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 1 “Menggambar Rumah Tetangga” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di kelas 4 SD Kurikulum merdeka.

Sekian dan Selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel