Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 


Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Unit 8 yaitu materi tentang “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri”

 

Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).

 

Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri”. Rangkuman ini sengaja admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui tentang tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 8 ini.

 

Tujuan pembelajaran pada Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri “ yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

1) Siswa dilatih membuat karya kriya mengandung manfaat langsung (fungsional)

2) Siswa diperkenalkan pada unsur seni rupa (desain/rancangan) pada karya fungsional

3) Siswa dipupuk untuk hidup hemat

4) Siswa dilatih mandiri


Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri “ dibawah ini sajian rangkuman materinya :

 

UNIT 8 MENABUNG PADA CELENGAN INDAH BUATAN SENDIRI

Celengan merupakan produk seni rupa kriya (kerajinan) yang mengandung unsur desain (rancangan) yang mengandung fungsi khusus dan langsung, yaitu untuk menabung.

 

Berdasarkan hal itu, pokok-pokok materi dalam pembuatan karya ini akan memperkenalkan:

(1) Pentingnya hidup mandiri hemat dan

(2) prinsip-prinsip desain sebuah karya kriya/kerajinan.

 

Kita memasuki masa di mana segala kebutuhan tersedia di sekiar kita. Namun, kebutuhan tersebut harus diperoleh dengan cara membeli. Seseorang harus memiliki uang untuk mencukupi kebutuhannya. Semakin banyak kebutuhan seseorang, semakin banyak pula uang yang dibutuhkan. Tidak heran jika banyak orang yang terlilit hutang untuk mencukupi kebutuhannya. Oleh karena itu kita harus hidup seimbang antara uang (pemasukan) dan kebutuhan kita (pengeluaran).

 

Menabung di celengan adalah usaha untuk melatih hidup hemat dan mandiri agar uang yang kita miliki tidak habis untuk memenuhi kebutuhan (terutama yang tidak diperlukan). Dengan hidup hemat, kita bisa menjalani hidup secara mandiri karena tidak memiliki hutang dan bahkan bisa memiliki modal untuk membuat usaha sendiri.

 

Adapun terkait desain, seorang “Bapak Desain” yang masyhur dari Jerman bernama Dieter Rams memperkenalkan 10 prinsip desain yang amat bermanfaat dalam membuat sebuah produk kriya.

Berikut rinciannya:

  1. Inovatif: mengandung kebaruan tertentu sehingga terasa segar dan tidak membosankan
  2. Bermanfaat: desain yang baik selalu mengutamakan manfaat/fungsi produk. Aspek lain dari produk dibuat terutama untuk mendukung manfaat atau fungsinya
  3. Estetis: desain yang baik itu indah, artinya terdapat ritme, harmoni dan keselarasan
  4. Mudah dipahami: desain yang baik mudah dipahami fungsi dan penggunaannya
  5. Jujur: desain yang baik selalu jujur antara bentuk, bahan dan fungsinya, tidak menipu atau mengelabui konsumen/pengguna
  6. Rendah hati: desain yang baik tampil secara rendah hati sesuai manfaat/ fungsinya, tidak tampil berlebihan
  7. Awet: desain yang baik bersifat tahan lama, tidak mudah aus dan rusak, sehingga bermanfaat dalam waktu yang panjang
  8. Detail: dalam merancang produk, desain dilakukan secara detail/rinci hingga bagian-bagian terkecil
  9. Ramah lingkungan: desain yang baik itu ramah lingkungan, tidak mencemari apalagi merusak alam
  10. Sederhana: desain yang baik selalu sederhana dalam segala hal (bentuk produk, pengoperasian dan manfaatnya.

 

Sepuluh prinsip desain di atas bermanfaat untuk membuat bermacam produk mulai kursi, rak buku, televisi, telepon pintar hingga pesawat terbang.

Sesuai prinsip di atas, celengan bisa dibuat dari kaleng atau kardus berkas agar hemat dan ramah lingkungan.

 

Berikut ini langkah-langkah membuat celengan berikut ini dapat dijadikan sebagai acuan:

1) Kumpulkan botol plastik, kaleng bekas atau kubus dan tabung dari kardus bekas

2) Lubangi pada bagian atas

3) Beri warna dasar terang (putih)

4) Buat sketsa dekoratif atau realis sesuai minat siswa

5) Beri warna yang dianggap sesuai

 

Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri “ yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Siswa & Guru Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka ( DISINI )


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi seni rupa kelas 4 SD Unit 8 “Menabung Pada Celengan Indah Buatan Sendiri “ yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel