Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 9 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 


Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Bab/Unit 9 yaitu materi tentang “Membuat dan Menghias Layang-Layang”

 

Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).

 

Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang”. Rangkuman ini sengaja admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui tentang tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 9 ini.

 

Tujuan pembelajaran pada Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang “ yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami desain layang-layang

2. Siswa mengerti unsur sains dalam layang-layang

3. Siswa dapat merancang layang-layang

4. Siswa dapat menggambar/melukis/menghias laying-layang

5. Siswa dapat mengoperasikan layang-layang

 

Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang “ dibawah ini sajian rangkuman materinya :

 

UNIT 9 MEMBUAT DAN MENGHIAS LAYANG-LAYANG

Layang-layang merupakan media bermain yang mengandung unsur seni rupa berupa desain (rancang bangun) dan lukis/gambar. Di samping itu, layang-layang juga mengandung unsur sains-teknologi berupa aerodinamika. Aerodinamika berasal dari dua kata yaitu aero yang berarti udara dan dinamika berarti tenaga atau pergerakan. Dengan demikian, membuat layang-layang akan melatih kita berpikir berdasarkan seni rupa, desain dan sains-teknologi.

 

Sebagai media bermain yang mengandung unsur seni rupa dan teknologi, layang-layang akan menjadi kreasi yang menantang dari segi rancangan dan seninya. Khusus terkait unsur seni, layang-layang bisa dihias dengan lukisan yang menggambarkan cita-cita, harapan atau doa kita. Misalnya, lukisan berupa bunga yang mekar, petani dengan ladang yang subur, kehidupan di angkasa luar dan kehidupan manusia di masa depan. Tema lain yang lebih dekat juga bisa dipilih: flora dan fauna, keluarga, sahabat atau kata-kata mutiara yang bermakna.

 

Berikut ini tahap-tahap pembuatan layang-layang :

1)    Siapkan bahan berupa kertas minyak, lem, gunting, pisau, bambu, benang jahit, senar dan cat (cat air atau poster)

2)    Buat pola layang-layang sesuai desain yang direncanakan pada rangka dari batang bambu

3)    Potong kertas minyak sesuai ukuran rangka bambu yang sudah dibuat

4)    Lukis kertas dengan tema terkait harapan dan cita-citamu

5)    Tempelkan kertas minyak sesuai pola yang sudah dibuat, kemudian tekan sudut yang diberi lem agar menempel dengan erat.

6)    Buat variasi pada layang-layang dengan memasang ekor/buntut dari sisa kertas agar terlihat menarik ketika diterbangkan di udara

7)    Pasang benang layangan di bagian tongkat bersilang (tali kama)

8)    Layang-layang siap dimainkan

 

Dibawah ini gambar Menghias Layang-layang


Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang “ yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi seni rupa kelas 4 SD Unit 9 “Membuat dan Menghias Layang-Layang “ yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel