Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 


Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Unit 10 yaitu materi tentang “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan”

 

Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).

 

Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan”. Rangkuman ini sengaja admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui tentang tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 10 ini.

 

Tujuan pembelajaran pada Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana wayang

2. Siswa dapat mengidentifikasi hubungan wayang dengan seni rupa dan seni dan tradisi

3. Siswa dapat membuat tokoh wayang versinya sendiri

4. Siswa dapat menjelaskan wayangnya dan memainkannya secara mandiri atau berkelompok

 

Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ dibawah ini sajian rangkuman materinya :

 

UNIT 10 MEMBUAT SHADOW PUPPET (WAYANG) YANG MENAKJUBKAN

Shadow adalah bayangan, sedang puppet adalah tokoh/lakon yang dimainkan. Jadi shadow puppet adalah tokoh cerita yang dimainkan dalam bentuk bayangan. Salah satu contoh shadow puppet yang paling terkenal adalah wayang.

 

Shadow puppet atau lebih dikenal dengan wayang merupakan seni pertunjukan yang kaya dengan unsur seni rupanya, misalnya pada hiasan tokoh cerita, kelir/ layar, panggung, tata cahaya dan lain sebagainya. Oleh karena itu dapat dikatakan jika shadow puppet merupakan seni rupa yang telah menjadi seni pertunjukan.

 

Di Indonesia, beragam daerah memiliki kesenian ini, seperti wayang kulit Jawa, wayang golek Sunda, wayang Beber Bali, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, kesenian ini bisa dibuat sesuai kebutuhan masyarakat tertentu sehingga setiap masyarakat bisa memiliki wayangnya sendiri. Bahkan lebih jauh lagi, setiap orang bisa membuat wayangnya sendiri.

 

Sebagai topik pembelajaran seni rupa, kita bisa membuat shadow puppet sendiri dengan tokoh dan cerita berdasarkan dongeng daerah kita masing[1]masing. Bahkan, kita bisa membuat tokoh dan alur ceritanya dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, kita membuat tokoh dari keluarga, teman, tetangga dan binatang peliharaan kita.

 

Beberapa seniman terkemuka Indonesia telah mengangkat wayang menurut versinya sendiri hingga popular di mancanegara, antara lain Heri Dono, Nasirun, Samuel Indratma, Eko Nugroho, dan banyak lagi lainnya. Mereka membuat tokoh dan cerita wayang sendiri sehingga menarik masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri.

 

Dalam membuat tokoh dan cerita wayang, kita bisa menggunakan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang telah kita pelajari. Misalnya, pakaian para tokohnya bisa berupa motif dekoratif sesuai daerah kita dan ceritanya bisa diperoleh dari kisah para legenda daerah kita masing-masing, lingkungan sekitar atau dari sebuah buku.

 

Berikut ini contoh membuat Shadow Pupet


Karya shadow puppet bisa dinikmati dengan beberapa cara.

  • Pertama, bisa dipamerkan di kelas atau sekolah.
  • Kedua, bisa dimainkan bersama teman-teman (seseorang bisa membuat cerita, lainnya memainkan tokohnya, selebihnya bisa memainkan alat musik pengiring, tukang sorot lampu, dan sisanya menjadi penonton.

 

Berikut ini Langkah-langkah membuat Shadow Puppet

1)    Sampaikan materi tentang Shadow puppet

2)    Ajak siswa membangun ide karya

3)    Siapkan alat berupa pensil, pulpen, spidol, cat air, akrilik atau poster, kertas karton atau kardus, bambu, kain layar, lampu senter

4)    Buat sketsa tokoh pada kertas

5)    Potong sesuai garis luarnya

6)    Lubangi bagian rongga agar tampil sebagai bayangan

7)    Beri warna 

8)  Buat pegangan dari bambu

 

Adapun cara memainkannya: Shadow Puppet

1) Bentangkan layar dari kain (bisa juga tanpa layar)

2) Sorot lampu dari arah belakang

3) Mainkan tokohnya sesuai cerita

4) Iringi dengan musik

5) Tonton dari depan atau belakang layar

 

Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :

 

Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi seni rupa kelas 4 SD Unit 10 “Membuat Shadow Puppet (Wayang) yang Menakjubkan “ yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel