Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 


Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Unit 11 yaitu materi tentang “Menghias Jadwal Pelajaran”

 

Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).

 

Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran”. Rangkuman ini sengaja admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui tentang tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 11 ini.

 

Tujuan pembelajaran pada Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran “ yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami bentuk dan fungsi dasar/sederhana jadwal pelajaran

2. Siswa dapat merancang jadwal pelajaran hias

3. Siswa dapat membuat jadwal pelajaran hias berdasarkan rancangannya

4. Siswa dapat menjelaskan jadwal hias rancangannya

 

Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran “ dibawah ini sajian rangkuman materinya :

  

UNIT 11 MENGHIAS JADWAL PELAJARAN

Jadwal pelajaran adalah sesuatu yang lumrah bagi guru dan siswa. Ia mencatat daftar mata pelajaran yang dipelajari berdasarkan jam dan hari atau waktunya. Seorang siswa biasa membuatnya pada selembar kertas untuk kemudian ditempel pada dinding atau lemari agar mudah mengikuti jadwal pelajaran yang diikuti setiap hari.

 

Pada unit pembelajaran seni rupa kali ini, kita akan membuat jadwal pelajaran hias sehingga tampilannya akan berubah dari biasa menjadi luar biasa. Dengan diberi hiasan, jadwal pelajaran akan memiliki fungsi tambahan; selain sebagai pengingat pelajaran yang diikuti juga sebagai hiasan yang indah dan mengandung makna tertentu. Dengan demikian kita akan sering menengok jadwal pelajaran kita, mengingat pelajaran yang diikuti dan menjadi lebih giat belajar

 

Dalam membuat jadwal pelajaran hias ada dua unsur seni rupa yang perlu untuk diketahui, yaitu :

1)    Ragam hias komposisi

Komposisi adalah kemampuan siswa dalam menata objek-objek dalam lukisan agar seimbang, harmonis, memiliki ritme dan fokus perhatian (central interest). Dengan kata lain, komposisi adalah metode membuat lukisan enak dan menarik untuk dipandang.

 

2)    Ragam hias dekoratif.

Adapun ragam hias dekoratif hiasan berpola yang dilipatgandakan dan mengandung ritme serta harmoni. Ada dua macam ragam hias dekoratif, yaitu tradisional berupa flora, fauna dan manusia. Contohnya adalah batik dan kain tenun adat. Adapun ragam hias geometris berupa bentuk-bentuk geomteri sederhana yang dilipatgandakan dan diwarnai, misalnya kelipatan bentuk segitiga, empat atau gambungan dari beberpara bentuk.

 

Dalam membuat jadwal pelajaran hias, siswa dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini :

·         Kertas karton

·         Pensil untuk membuat sketsa

·         Pena untuk penegasan gari

·         Cat air untuk mewarnai bidang-bidangnya.

Singkatnya, kendati hasilnya indah dan proses pengerjaannya menyenangkan, menghias jadwal pelajaran amat mudah dilakukan oleh para siswa.

 

Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran “ yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi seni rupa kelas 4 SD Unit 11 “Menghias Jadwal Pelajaran “ yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel