Rangkuman Seni Rupa Kelas 4 Unit 12 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ Semester 2 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan judul artikel hari ini maka melalui kesempatan ini admin akan membahas tentang materi yang ada pada mata pelajaran seni rupa yang akan di pelajari di kelas 4 SD semester 2 kurikulum merdeka.

 


Pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran di semester 2, ada beberapa unit pembelajaran yang akan di pelajari didalamnya dan salah satunya ialah akan mempelajari Unit 12 yaitu materi tentang “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat”

 

Mempelajari mata pelajaran seni rupa akan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik khususnya dalam memahami arti seni yang sesuangguhnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pembelajaran seni rupa dilakukan lebih untuk mengembangkan manusia (art for human development) daripada untuk mengembangkan seni (human for art development).

 

Melalui kesempatan ini admin telah menyiapkan sebuah rangkuman/ringkasan materi yang akan membahas tentang materi yang ada pada Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat”. Rangkuman ini sengaja admin buat agar dapayt memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik dalam memperoleh referensi pembelajaran seni rupa untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 

Sebelum admin memberikan sajian rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ Semester 2 Kurikulum Merdeka, maka perlu untuk di ketahui tentang tujuan pembelajaran yang ingin di capai pada pembelajaran di Unit 12 ini.

 

Tujuan pembelajaran pada Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ yaitu sebagai berikut :

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat mengalami pertemuan dengan seniman atau pengrajin setempat

2. Siswa dapat memahami karya dan penuturan seniman atau pengrajin setempat

3. Siswa dapat mengamati karya dan penuturan seniman atau pengrajin setempat

4. Siswa dapat menuliskan pengalaman, pemahamannya dalam sebuah esai

5. Siswa dapat menjelaskan tulisannya dengan baik

6. Meningkatkan kemampuan apresiasi seni

 

Baiklah untuk mengetahui isi materi pada pembelajaran seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ dibawah ini sajian rangkuman materinya :

 

UNIT 12 KELAS APRESIASI : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat

Seni rupa merupakan sebuah ekosistem sosial yang terdiri dari seniman, karya seni dan publik seni. Ketiganya saling mempengaruhi satu sama lain sedemikian rupa sehingga membentuk dinamika dalam sejarah seni dan masyarakat. Pada masyarakat yang sudah maju, seni rupa mendapat apresiasi yang tinggi dengan adanya galeri, gedung pertunjukan, balai lelang dan museum. Hal tersebut dilakukan mengingat seni rupa juga ikut mempengeruhi perkembangan bidang[1]bidang lain dalam kehidupan seperti ekonomi, arsitektur, bahkan sains dan teknologi.

 

Apresiasi terhadap karya seni dilakukan dengan berbagai cara. Masyarakat umum melakukannya dengan menikmati keindahan warna, bentuk dan komposisinya. Bagi masyarakat yang semakin berkembang, mereka mulai melakuannya secara kritis dengan memahami pemikiran dan perasaan yang terkandung dalam karya seni. Adapun bagi masyarakat yang sudah maju, mereka mengapresiasi karya seni dengan cara mengemabangkan seni itu sendiri atau menggunakannya untuk mendorong inovasi dalam bidang-bidang yang lain.

 

Namun, sebelum melangkah jauh, kita perlu terlebih dahulu mengenal karya seni dengan baik. Caranya adalah dengan mengapresiasi karya-karya seni rupa di sekitar kita baik tradisonal maupun modern. Jika tidak ada seniman, bisa juga dilakukan terhadap pengrajin gerabah, penenun kain, anyaman atau yang lainnya. Para siswa dapat mengamati secara langsung bagaimana seniman mencipta karya-karyanya dan melakukan dialog dengan seniman untuk mengetahui proses kreatifnya.

 

Itulah rangkuman/ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ yang akan di pelajari di semester 2 kurikulum merdeka. Bagi anda yang ingin mengetahui isi lengkap dari materi diatas maka anda bisa melihatnya pada buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang bisa anda lihat pada judul di bawah ini :

  • Buku Guru & Siswa Seni Teater Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai Ringkasan/Rangkuman materi seni rupa kelas 4 SD Unit 12 “Kelas Apresiasi : Bertemu Seniman dan Pengrajin Setempat “ yang bisa admin kherysuryawan sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pembelajaran bagi sahabat pendidikan yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel