Rangkuman Materi PJOK Kelas 4 Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Unit 4 “Aktivitas Senam” Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membantu rekan guru dan juga para siswa yang akan belajar mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.

 


Seperti diketahui bahwa pada kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar siswa tidak memiliki buku pegangan atau buku siswa untuk mata pelajaran PJOK pada kurikulum merdeka sehingga terkadang menyulitkan bagi siswa dalam mengetahui materi apa yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD.

 

Meskipun demikian anda tidak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi materi pelajaran PJOK yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan menyiapkan rangkuman/ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD secara lengkap yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 4 yaitu tentang “Aktivitas Senam”.

Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK kelas 4 SD Unit 4 “Aktivitas Senam” kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa di sekolah.

 

Kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Apabila disekolah anda telah menggunakan kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD khususnya materi pada Unit 4, maka anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.

 

Adapun ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 4 Unit 4 tentang “Aktivitas Senam” yang akan disajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang juga belum memiliki buku teks PJOK kelas 4 Kurikulum Merdeka maka anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan ini.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 4 dengan judul Aktivitas Senam” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Unit 4 : Aktivitas Senam

Tujuan Pembelajaran pada pembelajaran Unit 4 yaitu Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam menjelaskan dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pada unit pembelajaran 4 ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat.

 

Dalam hal ini pola gerak dominan senam seperti gerakan bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat yang prinsip gerakannya berpusat pada bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat.

 

Pola gerak dominan adalah gerak yang mendasari terbentuknya suatu keterampilan. Macam-macam pola gerak dominan antara lain ada bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah tempat, tolakan, ayunan, putaran, melayang, dan mendarat.

 

1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan menggunakan satu kaki

 

Keseimbangan merupakan kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan dapat dimunculkan dengan baik dan benar. Salah satu bentuk gerakan keseimbangan adalah keseimbangan menggunakan satu kaki.

 

Posisi kaki ketika melakukan gerakan keseimbangan adalah salah satu lutut ditekuk ke arah belakang, sementara kaki yang lain digunakan sebagai tumpuan. Keseimbangan menggunakan kaki adalah dimana kita mengupayakan agar dapat menyeimbangkan kaki.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan menggunakan satu kaki antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran keseimbangan berdiri sikap bangau

(2) Aktivitas pembelajaran keseimbangan dalam sikap pesawat terbang

(3) Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke depan

(4) Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan salah satu kaki diluruskan ke belakang

(5) Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan salah satu kaki diangkat ke samping

(6) Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke atas

(7) Aktivitas pembelajaran keseimbangan dengan satu kaki ke depan, belakang, dan ke samping

 

2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mem[1]praktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan sikap lilin

 

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan berdiri dengan menggunakan satu kaki, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran gerakan pola gerak dominan senam seperti keseimbangan sikap lilin.

 

Sikap lilin termasuk bentuk latihan keseimbangan pada senam. Sikap lilin adalah sikap yang dibuat dari sikap semula tidur terlentang. Angkat kedua kaki (rapat) lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang.

 

Posisi atau sikap awal sikap lilin adalah telentang, kemudian kedua kaki diangkat ke atas secara bersamaan. Sementara itu, pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada lantai dengan kepala sebagai tumpuan hingga menyerupai lilin.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan sikap lilin antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran pertama keseimbangan sikap lilin

(2) Aktivitas pembelajaran kedua keseimbangan sikap lilin

(3) Aktivitas pembelajaran ketiga keseimbangan headstand

(4) Aktivitas pembelajaran keempat keseimbangan headstand

 

3: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan lompat kangkang

 

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan sikap lilin, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan lompat kangkang.

 

Lompat kangkang adalah salah satu senam ketangkasan yang menggunakan alat bantu dimana seseorang berlari melewati peti tumpuan, kemudian melayang di udara dengan tangan menumpu dan menekan peti lompat sambil melakukan lompatan dengan gerakan posisi kaki kangkang.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran pola gerak dominan senam seperti gerakan lompat kangkang antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan lompat kangkang melewati kuda-kuda lompat

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan lompat kangkang melewati peti lompat


Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas 4 SD Unit 4 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada kesempatan ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD Unit 4 dengan judul Aktivitas Senam” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel