Rangkuman Materi PJOK Kelas 4 Unit 3 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan ini. Pada kesempatan kali ini admin akan membantu rekan guru dan juga para siswa yang akan belajar mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka.

 


Seperti diketahui bahwa pada kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar siswa tidak memiliki buku pegangan atau buku siswa untuk mata pelajaran PJOK pada kurikulum merdeka sehingga terkadang menyulitkan bagi siswa dalam mengetahui materi apa yang nantinya akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD.

 

Meskipun demikian anda tidak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi materi pelajaran PJOK yang akan di pelajari di kelas 4 SD kurikulum merdeka. Disini admin akan menyiapkan rangkuman/ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD secara lengkap yang nantinya akan di pelajari pada kurikulum merdeka.

 

Perlu di ketahui bahwa jumlah unit/Bab yang akan dipelajari nantinya pada mata pelajaran PJOK di kelas 4 SD Kurikulum Merdeka yaitu berjumlah 8 Unit atau 8 Bab. Pada postingan ini admin hanya akan membahas materi yang akan di pelajari pada Unit 3 yaitu tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif”.

Disini admin akan menyajikan ringkasan materi PJOK kelas 4 SD Unit 3 “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” kurikulum merdeka secara lengkap sehingga bisa menjadi bahan belajar baik untuk guru maupun bagi siswa di sekolah.

 

Kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini semua sekolah telah menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka sehingga dalam melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah maka buku teks pelajaran yang akan digunakan harus sesuai dengan buku teks mata pelajaran yang telah terintegrasi dengan pembelajaran kurikulum merdeka.

 

Apabila disekolah anda telah menggunakan kurikulum merdeka dan saat ini anda sedang membutuhkan ringkasan atau rangkuman untuk materi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD khususnya materi pada Unit 3, maka anda bisa mendapatkan ringkasan materinya secara lengkap melalui artikel ini.

 

Adapun ringkasan/rangkuman materi PJOK kelas 4 Unit 3 tentang “Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang akan disajikan pada postingan ini merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Bagi anda yang juga belum memiliki buku teks PJOK kelas 4 Kurikulum Merdeka maka anda juga bisa mendapatkan filenya melalui postingan ini.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui rangkuman materi pelajaran pada mata pelajaran PJOK Kelas 4 Kurikulum Merdeka Unit 3 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” maka silahkan lihat sajiannya di bawah ini :

 

Unit 3 : Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif

Tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai dalam melakukan pembelajaran di Unit 3 ini yaitu Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam menjelaskan dan mampu mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar, menangkap, menendang, dan menahan bola dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pada unit pembelajaran 3 ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif. Pola gerak manipulatif adalah bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

 

Disebut manipulatif, karena pada keterampilan ini, anak-anak harus berhubungan dengan benda di luar dirinya yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan. Keterampilan-keterampilan tersebut bisa melempar, menendang, menangkap, menghentikan/menahan bola, memukul dengan raket, memukul dengan pemukul softball, dan sebagainya. Sedangkan benda-benda yang dilibatkan adalah berupa bola, pemukul, raket, balon, simpai, gada, pedang, dan sebagainya.

 

1: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola

 

Melempar adalah suatu keterampilan manipulatif yang kompleks di mana satu atau dua tangan digunakan untuk melontarkan suatu objek menjauhi tubuh ke ruang tertentu. Bergantung pada banyak faktor (misalnya ukuran objeknya, ukuran pelempar, dan lain-lain).

 

Menangkap adalah gerakan yang melibatkan penghentian momentum suatu objek dan menambahkan kontrol terhadap objek tersebut dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Tergantung kepada kecepatan, arah, dan jenis serta besarnya benda yang bergerak, dalam gerakan menangkap ini diperlukan koordinasi untuk membuat posisi tubuh yang tepat dalam menyerap dan menyalurkan energi yang dibawa benda/objek bersangkutan.

 

Beberapa macam tangkapan, diantaranya: tangkapan dengan satu tangan, dengan dua tangan, tangkapan atas, tangkapan bawah, dan tangkapan samping.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan lemparan dan menangkap bola lambung

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan lemparan dan menangkap bola mendatar

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan lemparan dan menangkap bola rendah

(4) Aktivitas pembelajaran gerak lemparan bola menggelinding

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat dan dilanjutkan sambil berjalan secara individu

(6) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan maju dan mundur secara berpasangan

(7) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola di tempat dan dilanjutkan dengan gerak maju dan mundur berjalan atau berlari jogging secara berpasangan dengan berbagai lemparan

(8) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar dan menangkap bola berkelompok dengan berbagai lemparan

(9) Aktivitas pembelajaran gerakan melempar/mengoper dan menangkap bola berpasangan di tempat dan dilanjutkan sambil bergerak maju, mundur, dan menyamping

(10) Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola formasi segitiga

(11) Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola formasi berbanjar (passing run)

(12) Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola dari atas kepala tanpa pantulan

(13) Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola pantulan

(14) Aktivitas pembelajaran gerakan mengoper dan menangkap bola formasi lingkaran

 

2: Memahami fakta, konsep, dan prosedur, serta mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola

 

Setelah peserta didik melakukan aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan melempar dan menangkap bola, dilanjutkan dengan mempelajari aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola.

 

Menendang adalah suatu pola keterampilan manipulatif yang menggunakan kaki untuk memukul suatu benda. Tendangan diam (stationary kicking) adalah dasar dari keterampilan menendang lain seperti menendang bola yang sedang bergerak.

 

Secara umum, jenis-jenis tendangan terhadap bola dapat dikelompokkan ke dalam: tendangan kura-kura kaki, yaitu tendangan dengan bagian atas atau punggung kaki, dan tendangan dengan bagian dalam kaki.

 

Menendang/mengoper dan menahan bola merupakan gerakan yang ada dalam permainan sepak bola yang tujuannya untuk memasukkan bola ke dalam gawang atau dapat diartikan juga sebagai teknik menendang/mengoper dan menembak bola ke arah gawang lawan.

 

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran variasi dan kombinasi pola gerak dasar manipulatif seperti gerakan menendang dan menahan bola antara lain sebagai berikut:

(1) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang dan menghentikan bola di tempat dan dilanjutkan dengan gerak maju mundur sambil berjalan, berlari dan menyamping

(2) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang dan menghentikan bola yang dilakukan berkelompok

(3) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang dan menghentikan bola yang dilakukan berempat

(4) Aktivitas pembelajaran gerakan menendang dan menghentikan bola lapangan segi empat

(5) Aktivitas pembelajaran gerakan mengumpan dan menendang bola ke arah sasaran (gawang)


Sekian sajian ringkasan materi PJOK Kelas 4 SD Unit 3 Kurikulum Merdeka yang bisa admin kherysuryawan paparkan pada kesempatan ini.

Bagi anda yang membutuhkan file buku teks pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa PJOK Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan materi pelajaran PJOK kelas 4 SD Unit 3 dengan judul Aktivitas Pola Gerak Dasar Manipulatif” yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, kiranya rangkuman tersebut dapat membantu siswa dan guru yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran di kurikulum merdeka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel