Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 4 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 4 “Membuat Bendera Hias dari Kertas” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Ringkasan/rangkuman materi seni rupa yang akan admin sajikan disini ialah untuk jenjang SD khususnya untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari nantinya yaitu berjumlah 12 Unit yang mana dari ke 12 unit tersebut nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1.

 

Adapun materi yang akan diringkas dan disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa kelas 4 SD Unit 4 yang berjudul “Membuat Bendera Hias dari Kertas”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 kelas 4 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi yang akan di pelajari di Unit 4 ini.

 

Selain ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka Unit 4 “Membuat Bendera Hias dari Kertas” yang akan admin bagikan pada artikel ini admin kheryuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari dikelas 4 kurikulum merdeka.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 4 “Membuat Bendera Hias dari Kertas” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Unit 4 Membuat Bendera Hias dari Kertas

Pada unit 4 ini ada beberapa Tujuan Pembelajaran yang akan di capai yaitu sebagai berikut :

1. Siswa dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasi bendera berdasarkan bentuk dan fungsinya

2. Siswa dapat membangun ide dan rancangan sebuah bendera hias

3. Siswa dapat membuat bendera sebagai gambaran dari suatu hal (jati diri, cita-cita atau suasana hati)

4. Siswa dapat menjelaskan tentang bendera hias ciptaannya

 

Materi pembelajaran unit 4 berupa membuat bendera hias dapat diajarkan dengan model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) yang menekankan penjelajahan gagasan, imajinasi dan eksperimen. Model pembelajaran ini dilakukan dengan menyatukan berbagai unsur pengetahuan (misalnya, seni rupa dengan wawasan budaya mengenai identitas seseorang atau kelompok sosial) yang dimiliki siswa melalui pengalaman, penjelasan guru serta sumber lainnya. Di samping itu, model pembelajaran ini menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam pembelajaran dengan berperan aktif. Selama proses pembelajaran, guru menyampaikan pokok-pokok materi yang telah disediakan, menambah pengetahuan dari berbagai sumber serta menyampaikannya secara inspiratif. Pada akhir pembelajaran, para siswa akan membuat sebuah karya yang diapresiasi bersama-sama serta dievaluasi dan dinilai oleh guru.

 

Bendera merupakan produk seni rupa yang mengandung unsur desain (rancangan), warna, komposisi. Selain unsur seni rupa juga mengandung unsur budaya yaitu sebagai lambang identitas suatu negara atau kelompok, gambaran dari sebuah gagasan dan perasaan pembuatnya.

 

Bendera tersebut dibuat untuk menggambarkan suatu hal dan dihias sedemikian rupa. Misalnya, benderanya berupa huruf-huruf yang membentuk kalimat atau nama dengan diberi hiasan yang mewakili gagasan dan perasaan siswa. Bentuknya pun bisa segi empat, segitiga, bulat, bahkan bisa berbentuk figuratif misal binatang dan manusia.

 

Adapun unsur seni rupa yang diperkenalkan adalah komposisi, warna, rancangan dan ragam hias dekoratif. Komposisi penempatan, tata letak atau pengorganisian berbagai objek visual agar tampil menarik dengan adanya keteraturan, keseimbangan, ritme dan pusat perhatian (focus of interest) dalam sebuah karya seni. Rancangan atau desain (design) adalah perencanaan dalam sebelum objek dibuat agar memiliki fungsi, keindahan dan manfaat bagi manusia. Warna dalam seni rupa adalah pantulan cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Singkatnya, warna adalah pigmen dari sebuah benda. Dalam seni rupa terdapat warna primer yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain merah, biru, dan kuning. Warna primer bisa juga disebut sebagai warna pokok, warna dasar ataupun warna pertama. Kemudian warna sekunder sebagai hasil pencampuran warna-warna primer dengan. Warna sekunder sering disebut sebagai warna kedua. Terakhir adalah warna tersier sebagai campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga. Unsur seni rupa berikutnya adalah ragam hias dekoratif, yaitu hiasan yang berpola seperti batik, relief atau teralis.

 

Berikut ini contoh menghias Bendera :


Dalam pembelajaran siswa diharapkan memahami unsur-unsur seni rupa tadi. Namun dalam eksperimen pembuatan bendera, siswa dapat melakukan seseuai kemapuan masing-masing sejauh menghasilkan sebuah karya yang menarik baik secara artistik maupun argumentatif (ide dan penjelasan dari karya yang dibuat). Bendera yang dibuat dari siswa dapat dilakukan dengan menggunakan kertas warna-warni yang dipotong dan dihias sesuai ide dan keterampilan masing-masing siswa. Secara sederhana, membuat bendera hias dari kertas dapat dilakukan sebagai berikut:

 

1) Siapkan alat kertas warna-warni, lem, gunting, spidol atau pena

2) Gunting sesuai bentuk dan ukuran sesuai rancangan

3) Hias masing-masing bendera

4) Satukan bendera-bendera tadi dengan tali

5) Beri lubang pengait dan dengan melipat bagian atas kertas dengan lem

6) Gantung atau kibarkan benderamu!

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 4 “Membuat Bendera Hias dari Kertas” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 4 “Membuat Bendera Hias dari Kertas” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di kelas 4 SD Kurikulum merdeka.

Sekian dan Selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel