Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 Unit 5 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 5 “Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis” Semester 1 Kurikulum Merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni rupa yang merupakan salah satu cabang dari mata pelajaran seni budaya. Ringkasan/rangkuman materi seni rupa yang akan admin sajikan disini ialah untuk jenjang SD khususnya untuk kelas 4 SD kurikulum merdeka.

 


Kita ketahui bahwa saat ini sekolah telah menggunakan kurikulum merdeka sehingga pembelajaran yang akan dipelajari juga merupakan materi yang bersumber dari buku teks pelajaran kurikulum merdeka. Bagi anda yang disekolahnya telah menggunakan kurikulum merdeka namun belum memiliki sarana pembelajaran yang lengkap khususnya dalam hal buku teks pelajaran untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka anda tak perlu kuatir sebab melalui postingan ini admin akan memberikan ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka secara lengkap.

 

Perlu untuk di ketahui bahwa pada mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka materi yang akan dipelajari nantinya yaitu berjumlah 12 Unit yang mana dari ke 12 unit tersebut nantinya akan di pelajari mulai dari semester 1 hingga semester 2. Pada postingan kali ini admin akan mencoba untuk bisa berbagi materi yang telah diringkas untuk mata pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka yang akan di pelajari pada semester 1.

 

Adapun materi yang akan diringkas dan disajikan pada artikel ini yaitu materi seni rupa kelas 4 SD Unit 5 yang berjudul “Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis”. Materi ini nantinya akan dipelajari di semester 1 kelas 4 kurikulum merdeka. Semoga dengan admin kherysuryawan memberikan ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi guru dan siswa dalam memahami jenis materi yang akan di pelajari di Unit 5 ini.

 

Selain ringkasan materi seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka Unit 5 “Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis” yang akan admin bagikan pada artikel ini admin kheryuryawan juga akan memberikan file buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka dengan tujuan agar bisa membantu rekan guru dan siswa yang ingin mengetahui susunan materi pelajaran lengkap pada mata pelajaran seni rupa yang akan dipelajari dikelas 4 kurikulum merdeka.

 

Baiklah untuk anda yang ingin mengetahui dan melihat sajian Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 5 “Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis” pada pembelajaran kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Unit 5 Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis

Pada pembelajaran Unit 5 ini ada beberapa Tujuan Pembelajaran yang ingin di capai diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Siswa mengenal ragam hias dekoratif budaya Nusantara

2. Siswa mengetahui jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara

3. Siswa dapat membuat ragam hias dekoratif secara sederhana

4. Siswa dapat lebih mencintai tradisi lokal khas Indonesia

 

Dalam menyampaikan materi unit pembelajaran ini, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah, lingkungan sekitar dan kemampuan siswa. Model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning) dapat dipilih sebagai alternatif. Model ini menekankan penyatuan (sintesa) pengetahuan lama dan baru, menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam pembelajaran, menekankan aspek penjelajahan dan kreativitas. Berdasarkan hal tersebut, materi pelajaran ini dapat menyertakan seni ragam hias tradisional dari daerah setempat sebagai pembelajaran. Guru menjelaskan materi dengan jelas dan inspiratif untuk membangkitkan daya tarik siswa. Dalam proses berkarya, guru dapat memberikan pengarahan dan pendampingan serta membuat apresiasi dan evaluasi pada akhir pelajaran.

 

Seni dekoratif atau seni ornamen adalah karya seni yang dibuat untuk menghias atau mempercantik sebuah ruangan, lukisan, bangunan dan lain sebagainya. Indonesia memiliki banyak sekali seni dekoratif dengan motif yang sangat kaya. Misalnya, ragam hias pada berbagai kain daerah di dengan aneka motif, demikian pula dengan ukiran dan hiasan pada bangunan, gerabah, dan meubel, taplak meja dan teralis. Mengingat kita adalah negara tropis yang subur, kebanyakan motif berupa flora/tumbuhan.

 

Melalui materi seni dekoratif, para siswa akan diajak mengenal keindahan cita rasa seni dari daerah masing-masing. Kita bisa mengetahuinya dengan bertanya pada ibu kita tentang kain adat, rumah tradisional atau ukiran meubel. Dari ibu kita, kita akan mengetahui dari mana kain itu berasal, apa arti hiasannya serta bagaimana karya tersebut dibuat.

 

Sebagai topik pelajaran seni rupa, kita tidak akan membuat kain dekoratif yang biasanya amat rumit dan sempurna serta membutuhkan keterampilan tinggi. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membuat karya dekoratif secara sederhana di atas kertas dengan motif dari daerah masing-masing. Jangan lupa mencari informasi kepada orang tua kita dan tetua adat, sebab seni dekoratif warisan nenek moyang kita biasanya mengandung nilai sejarah dan makna budaya yang sangat kaya.

 

Berikut ini contoh Hiasan Dekoratif Pada Taplak:


Gambar dekoratif merupakan gambar dengan corak dekor atau hias. Corak dekor ini biasanya berupa tumbuhan, hewan bahkan manusia yang sudah digayakan sehingga tidak lagi mirip dengan bentuk yang sebenarnya.

 

Pengertian ini berasal dari kata dekoratif yang berati menggambar dengan tujuan mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah. Sehingga secara tidak langsung gambar dekoratif juga dapat diartikan sebagai gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan.

 

Secara umum, seni dekoratif memiliki arti sebagai kemampuan dalam membuat tampilan suatu objek menjadi cantik dan indah. Keterampilan ini dapat dilakukan pada objek ruangan, bangunan, dinding, dan lain sebagainya dengan cara melukis, ataupun mengukir benda-benda seperti kayu, batu, logam, tekstil, dll.

 

Berikut ini contoh gambar Hiasan Dekoratif Gemetris :


Ciri-ciri seni dekoratif adalah memiliki sifat kegarisan. berpola dan beritme, warna yang rata dan sempurna dengan tujuan untuk memperbarui kembali dan menarik mata yang melihat, dan dibuat untuk tujuan dasar menghias, mempercantik dan memperindah suatu objek. Adapun fungsinya adalah untuk mempercantik dan memperindah suatu objek seperti ruangan, bangunan atau objek-objek lainnya, menjadikan manusia lebih kreatif lagi untuk membuat tampilan suatu objek menjadi enak dan nyaman dipandang mata, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai cara-cara untuk mendekorasi suatu ruangan, bangunan atau objek-objek lainnya, membantu menyampaikan pesan ataupun memudahkan orang-orang untuk dapat mencerna suatu objek yang telah dibuat, meningkatkan nilai jual suatu objek karena tampilannya yang lebih menarik daripada sebelumnya.

 

Berikut ini contoh gambar objek dasar menggambar taplak meja:


Seni dekoratif memiliki beberapa jenis. Seni dekoratif figurati merupakan jenis seni menghias yang meniru bentuk-bentuk atau figur dari alam. Bentuk[1]bentuk ini dapat berupa manusia dengan ragam jenis dan kegiatannya, binatang dengan berbagai wujudnya, tumbuhan atau tanaman, atau pemandangan-pemandangan alam seperti laut, gunung, bukit, dan lain sebagainya. Pada seni dekoratif terdapat pula jenis hiasan yang menggambarkan tentang realita kehidupan sehari-hari. Namun meski penggambarannya menyerupai bentuk alam serta kehidupan yang nyata, tidak serta merta menjadikan dekorasi figuratif ini meniru secara persis realitas tersebut.

 

Selain itu juga terdapat jenis seni dekoratif geometris. jenis ini berupa bentuk[1]bentuk geometri. Berbeda dengan seni dekoratif figuratif yang mana seni dekorasi jenis ini lebih cenderung tidak terikat pada bentuk-bentuk alam dan realita yang nyata melainkan pada bidang-bidang geometris yang dilipatgandakan hingga membentuk motif dan pola.

 

Berbagai wawasan tersebut perlu diketahui dalam mengenal seni dekoratif. Namun dalam ekperimen atau praktik, guru dapat memberi tugas sederhana, yaitu menggambar motif untuk teralis jendela dan taplak meja di atas kertas. Meski sederhana, namun hal tersebut merupakan wahana untuk mengetahui khazanah kebudayaan Nusantara yang teramat kaya. Dan lebih dari pada itu, mengingat ragam hias dekoratif juga terdapat jenis geometris, juga terdapat hubungan dengan mata peleajaran matematika. Jadi, lewat seni dekoratif kita mengenal tradisi nenek moyang di masa lalu, melalui seni ini pula kita mengenal matematika yang mendukung perkembangan sains di masa depan.

 

Itulah Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 5 “Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis” yang bisa admin sajikan pada artikel ini, dan bagi anda yang membutuhkan buku teks pelajaran seni rupa kelas 4 SD kurikulum merdeka maka silahkan dapatkan filenya di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Seni Rupa Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai Rangkuman/Ringkasan Materi Seni Rupa Kelas 4 SD Unit 5 “Seni Dekoratif : Menggambar Taplak Meja dan Teralis” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka. Semoga apa yang telah admin sajikan dan bagikan pada kesempatan ini bisa membantu para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran seni rupa di kelas 4 SD Kurikulum merdeka.

Sekian dan Selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel