Rangkuman B. Indonesia Kelas 5 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 2 “Buku Jendela Dunia” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 2 yaitu materi yang berjudul Buku Jendela.

 


Di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD telah berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari.

 

Nah melalui kesempatan inilah admin kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 2 semester 1 kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku paket mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD kurikulum merdeka.

 

Tujuan yang diharapkan dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Bab 2 semester 1 yang berjudul “Buku Jendela Dunia” ini yaitu sebagai berikut:

“Bab ini akan mengajarkan kalian untuk menjadi peserta didik yang antusias dan mandiri dalam mempelajari berbagai jenis buku baik fiksi maupun nonfiksi, memupuk kegemaran membaca, mengenal bagian-bagian buku dan proses pembuatannya, hingga belajar menulis cerita sendiri”

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Bab 2 “Buku Jendela Dunia” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab II Buku Jendela Dunia

Identifikasi Unsur Cerita

Setiap cerita yang kita baca memiliki bagian-bagian penting di dalamnya yang membentuk cerita tersebut. Bagian-bagian ini disebut unsur intrinsik cerita.

 

Unsur instrinsik cerita meliputi:

  • Judul cerita
  • Tema
  • Amanat
  • Alur cerita
  • Tokoh dan penokohan
  • latar

 

Berikut ini unsur intrinsik cerita


Majas

Majas adalah gaya bahasa dengan makna kiasan yang dipilih penulis untuk menyampaikan kesan. Majas akan membuat cerita memiliki makna mendalam dan menarik untuk dibaca.

Majas yang akan kita pelajari kali ini adalah: metafora, personifikasi, dan hiperbola.

Majas Metafora

Adalah majas yang menggunakan kata yang mewakili simbol dari makna sebenarnya.

 

Contoh: Rumah itu habis dilalap si jago merah dalam waktu dua jam saja.

(Si jago merah adalah simbol atau kata lain dari api.)

 

Majas Personifikasi

Adalah majas yang menggunakan sifat manusia dalam menggambarkan sebuah benda.

 

Contoh: Radio itu mendendangkan lagu merdu setiap sore hari.

(Radio diumpamakan memiliki sifat seperti manusia yang dapat mendendangkan atau menyanyikan lagu.)

 

Majas Hiperbola

Adalah majas yang menggunakan kata yang bermakna berlebihan untuk menekankan maksud.

 

Contoh: Sesaat setelah peluit lomba dibunyikan, anak itu langsung berlari secepat kilat.

(Berlari secepat kilat (cahaya petir) bermakna berlari sangat cepat seperti kilatan cahaya.)

 

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Kalimat Langsung  adalah Kalimat yang diucapkan langsung oleh pembicara kepada orang yang dituju.

 

Contoh:

1. “Aku bosan,” jawab Kelinci Kecil.

2. “Adi, tunggu!” panggilku.

 

Kalimat Tidak Langsung adalah Kalimat yang mengutarakan kembali isi perkataan pembicara dalam bentuk kalimat berita.

 

Contoh:

1. Kelinci Kecil mengatakan bahwa ia sedang bosan.

2. Aku memanggil Adi agar menungguku.

 


Teks Fiksi dan Nonfiksi

Teks Fiksi adalah Teks yang memuat tentang cerita. Peristiwa yang terjadi dalam teks tersebut adalah hasil imajinasi dari pengarang buku. Teks ini dibuat untuk menghibur pembaca.

 

Jenis-jenis teks fiksi:

Teks fiksi dapat termuat pada buku cerita anak, cerpen, novel, dongeng, komik, puisi.

 

Teks Nonfiksi adalah Teks yang memuat informasi tentang suatu hal. Hal-hal yang terdapat dalam teks tersebut adalah hasil dari penelitian dan pencarian data. Teks ini dibuat untuk menginformasikan pembaca.

 

Jenis-jenis teks fiksi:

Teks nonfiksi dapat termuat pada buku pelajaran, ensiklopedia, dan kamus

 

Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Bab 2 “Buku Jendela Dunia” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & SIswa Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Bab 2 “Buku Jendela Dunia” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel