Rangkuman B. Indonesia Kelas 5 Bab 1 Kurikulum Merdeka

Kherysuryawan.id – Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 1 “Aku yang Unik” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum merdeka.

Halo sahabat kherysuryawan, selamat berjumpa kembali di postingan yang akan membahas tentang materi yang nantinya akan dipelajari pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD semester 1 kurikulum merdeka khususnya materi yang ada pada Bab 1 yaitu materi yang berjudul Aku yang Unik.

 


Di dalam buku teks pelajaran kurikulum merdeka khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD telah berisikan materi pelajaran yang nantinya akan dipelajari disekolah. Materi yang di siapkan sangat lengkap dan banyak. Namun untuk lebih memudahkan bagi siswa dalam melakukan pembelajaran maka di perlukan sebuah materi yang telah diringkas dengan tujuan agar dapat lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari.

 

Nah melalui kesempatan inilah admin kherysuryawan akan memberikan sebuah rangkuman/ringkasan materi khususnya untuk materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Bab 1 semester 1 kurikulum merdeka. Rangkuman ini dibuat berdasarkan materi yang ada pada buku paket mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD kurikulum merdeka.

 

Tujuan yang diharapkan dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Bab 1 semester 1 yang berjudul “Aku yang Unik” ini yaitu sebagai berikut:

“Bab ini akan mengajarkan kalian untuk menjadi peserta didik yang percaya diri dalam mengenal karakter unik yang kalian miliki, menghargai karakter unik teman kalian, serta menunjukkan integritas dan berakhlak baik dalam lingkungan belajar dan sosial melalui berbagai kegiatan Bersama”

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat ringkasan/rangkuman materi pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Bab 1 “Aku yang Unik” kurikulum merdeka, maka silahkan lihat sajian materinya di bawah ini :

 

Bab 1 Aku yang Unik

Aktivitas yang akan di lakukan di pembelajaran Bab 1 ini adalah :

  • Menyimak informasi mengenai cara mencari makna kata sifat dari kamus.
  • Membaca teks dan memirsa gambar tentang persamaan dan perbedaan sifat manusia.
  • Berpendapat dalam perbincangan sehari-hari maupun diskusi, tentang sifat dan persahabatan.
  • Menulis teks deskripsi untuk menjelaskan sifat dan karakter sahabat

 

Menulis puisi

Melalui kegiatan menulis puisi akrostik, peserta didik dapat terampil dan terbiasa menulis indah.

 

Apakah akrostik itu? Akrostik adalah puisi yang setiap awal barisnya dibentuk dari rangkaian huruf yang memberi makna atau pesan puisi.

 

Berikut ini contoh puisi

 

Rafi

Ramah dan berani sifatku

Anganku adalah menjadi tentara saat aku dewasa

Futsal adalah olahraga favoritku

Indonesia adalah tanah airku

 

Kata sifat

Kali ini kita akan membahas kata sifat. Selain untuk mendeskripsikan benda, kata sifat biasanya digunakan untuk menggambarkan karakter atau sikap seseorang.

 

Perhatikan kumpulan kata sifat berikut:



Menggunakan Kamus

Apakah kalian pernah membaca kamus? Informasi apa saja yang kalian temukan di dalamnya? Kamus sering digunakan untuk mencari makna kata dan contoh pemakaian kata pada kalimat. Dalam bentuk buku, kata disusun menurut abjad. Zaman sekarang, kamus juga tersedia secara daring. Kita tinggal mengetik ejaan kata dan dalam sekejap kita dapat menemukan penjelasannya.

 

Berikut ini contoh kata sifat dan maknanya serta contoh penulisan kalimat bermakna dengan menggunakan kata sifat tersebut.


Imbuhan

Imbuhan adalah tambahan pada kata dasar yang diletakkan di awal, tengah, atau akhir kata.

Imbuhan yang akan dipelajari kali ini adalah imbuhan dalam bentuk awalan pe-.

Salah satu makna yang terdapat pada imbuhan pe- adalah menyatakan kata sifat.

Berikut ini contohnya :


Perhatikan bahwa imbuhan pe- akan berubah menjadi pem- atau peny- untuk beberapa kata.

 

Makna Kata

Sinonim

Sinonim adalah persamaan makna kata.

Sinonim dari pintar adalah pandai.

Sinonim dari rapi adalah apik.

 

Antonim

Antonim adalah perbedaan makna kata. Kata yang berantonim berarti bermakna berlawanan.

Antonim mahal adalah murah.

Antonim cepat adalah lambat.

 

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang dapat dihubungkan. Tabel di bawah ini menjelaskan jenis hubungan dari kalimat majemuk setara.


Itulah ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Bab 1 “Aku yang Unik” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka.

Bagi anda yang ingin mengetahui materi keseluruhan secara lengkap, maka anda bisa mendapatkannya pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum merdeka, yang akan admin bagikan filenya pada judul di bawah ini :

 

  • Buku Guru & Siswa Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka – (DISINI)

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan bagikan melalui artikel ini, semoga ringkasan/rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 Bab 1 “Aku yang Unik” yang akan dipelajari pada kurikulum merdeka ini dapat membantu para pendidik maupun peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel